Tugu Sonbay Di Jalan Urip Sumohardjo, Kupang

Ada tugu yang tepat terletak di tengah-tengah kota Kupang. Tugu ini berada di perlintasan jalan teramai karena menghubungkan banyak daerah di Kupang. Tugu ini bernama Tugu Sonbay. Bentuk tugu ini adalah seseorang dengan pakaian adat Timor menunggang kuda dengan kuda yang mengangkat kedua kaki depannya. Dalam berbagai informasi dunia, kalau patungnya seperti ini, artinya orang tersebut tewas dalam peperangan.
Sonbay itu siapa yach?
menurut informasi yang dicari-cari di belantara Internet (maklum, sejarah di luar Pulau Jawa agak sukar dicari sehubungan dengan propaganda Orde Baru selama 32 tahun), Sonbay adalah seorang Raja yang berkuasa di daerah Mutis (Gunung Mutis, Gunung tertinggi di Timor Barat). Sonbay adalah raja terkuat di Timor Barat (mungkin juga terbesar) dan pengaruhnya juga tampak pada raja-raja kecil di wilayah tersebut. Raja Sonbay adalah raja yang kejam karena sering mengadakan persembahan pesta hasil panen dengan korban rakyatnya sendiri. Raja Sonbay juga sering sekali meminta persembahan gadis-gadis mua belia yang cantik. Walaupun demikian, Raja Sonbay ini turut serta dalam perjuangan membersihkan Tanah Timor dari bangsa penjajah. Saya nggak terlalu yakin apakah Sonbay yang saya ceritakan ini adalah orang yang sama mengingat nama Sonbay sebenarnya cukup banyak dan sangat endemik Timor. Patung Sonbay sendiri terkadang ditulis sebagai Sonbai. Dalam beberapa literatur, bahkan Sonbai ini merajuk ke Sobe Sonbai III atau Sait Mis Nisnoni yang berkuasa di Gunung Fatuleu (beda sekali kan antara Mutis dan Fatuleu). Beberapa literatur lainnya menyebutkan lokasi kerajaan ini di kaki Gunung Miomaffo. Halo, Gunung Miomaffo di TTU, Gunung Mutis di TTS, dan Gunung Fatuleu di Kab. Kupang. (beberapa dari cerita bahkan merefer asal muasal Raja Sonbai ini dari daerah Belu).
Yah, terlepas dari kebenaran cerita yang ada di jagad internet, Coba deh kunjungi patung ini. Bagian pedestal patung berupa kubus dengan ukir-ukiran logam di sisinya. Wujud paling jelas dari ukiran tersebut adalah sebuah parang besar, manusia-manusia yang bergelimpangan di dalamnya. Tentu, ini jadi membuat saya bertanya-tanya lagi. Apakah ini untuk melawan penjajah Belanda atau rakyat yang disembelih? Pedestal besar tersebut bergambar bintang segi lima warna kuning di sisi depannya. Ada semacam plakat kecil bahwa patung tersebut diresmikan pada tahun 1976 oleh Bapak Gubernur yang saat itu memimpin NTT. Pedestal lebih kecil di bagian bawahnya berukir Ikat Timor.
Terletak di Jalan Urip Sumoehardjo, tepat di depan Gereja Katedral Kristus Raja Kupang, tugu ini mudah dicapai dari banyak tempat (rasanya hampir semua angkot memutari lokasi ini), mulai dari lampu 10, 7, 2 dan 6.

10 komentar:

  1. wah pkbr bro??
    masih seputaran kupang yah??keren postingannya.jd banyak taw ttg kupang nih.baru denger nih raja sonbay.maklum sejarah saya rada mentok.

    ReplyDelete
  2. kalau mau nulis teliti dulu asal-usul yang benar. Menulis itu penting, tapi jangan asal-asalan....
    "Untuk segala sesuatu yang tidak bisa diungkapkan sebaiknya anda diam...." L. Wittgenstein

    Jangan mempermalukan diri, kedangkalan pengetahuan dan Indonesia pada umumnya dengan tulisan anda yang sempit dan manipulatif

    ReplyDelete
  3. terima kasih buat saran yang sangat membangun ini kepada Bapak Anonymous. Dengan rendah hati saya memohon maaf apabila tulisan saya salah. Alangkah lebih baiknya lagi apabila ada solusi berupa informasi yang benar sehingga semua pembaca bisa mengetahui mana yang benar.

    ReplyDelete
  4. kalau cerita asal usulnya yang benar'biar semua orang paham' ini main langsung di kepalanya' kakainya ga ada, coba saya minta sejarah timor di abad ke 09 aja, kerajaan pertama kali, raja dan kaisar di pulau timor..... sapa ? terimah kasih.

    ReplyDelete
  5. Halo Mr. Anonim :)

    Boleh. Silahkan membantu sharing cerita sejarah Timor pada abad ke 09 agar bisa dikenal luas dan bahkan dikenal di seluruh Indonesia :)

    ReplyDelete
  6. kerajaan amanatun sudah adadah dahulu kala tp keturunan rajanya bukan dari jaman penjajahan’ sedangkan pulau timor ini sudah ada berjuta tahun yang lalau dan kita lihat sejarah nasional di sunda kecil’ diabad ke 3 kerajaan di pulau timor sudah ada itu di jaman prasejarah bukan di jaman penjajahan. mau tau timor sebenarnya kalau saya cerita kerajaan timor sejarah indonesia di rubah : kerajaan sriwijaya muncul di abad ke tujuh, majapahit di abad ke 12, timor di abad ke 3. jadi kerajaan timor yang sesungguhnya………..:Moyang kerajaan timor datang dari india belang (madagaskar) suda ber juta-juta tahun yang lalu, mereka datang di pulau timor perahunya bersandar di tempat yang bernama fatu kopan/bahtera nuh yang sekarang di kenal niki-niki dan mereka mendiami di tempat bernama tunbestua/niki-niki sampai abad ke 8/9 mereka berpindah ke kupang ada dua tempat yang pertama kantor bupati kupang dan yang ke 2 gunung taibenu’ dan mreka berpindah dari tunbestus/niki-niki mereka mengangkat nubatonis menjadi raja di tempat itu dan menjaga kerajaan itu. dan sesampainya di kupang lalu berpindah ke amarasi oekabi/oebaki dan mendirikan kerajaan timor terakir di hutan larangan amarasi sampai sekarang ini tempatnya bernama kopan taimetan. dan sebelum mereka berpindah ke amarasi di abad ke 12 dan 13 mereka mengangkat taibenu menjadi raja di tempat itu agar dapat menjaganya peninggalan kerajaan timor.
    kasar kerajaan timor dan 2 orang raja yang pertama kali di west timor :
    kaesar kerajaan timor namanya KOPAN TAIMETAN’ dia mempunyai 2 orang raja yang bernama Usif Natun (amanatun) ke 2 Usif Nuban (amanuban). dan Usif natun adalan raja bagian barat pulau timor dan raja amanuban bagian timur pulau timor, dan raja amanatun ini adalah raja yang terkelan paling jahat dan ilmunya sangat tinggi dan perhiasannya terbuat dari emas, dan kalau raja amanuban ini raja yang suka merangkul (baeik) dan 1 kaisar dan 2 raja ini lah yang sebenarnya.
    Masa penjajahan belanda……..
    kerajaan timor yang pertama kali menentang kerajaan belanda keturunan kaisar timor yang bernama Kaisar Nepke/amarasi dia lah panglima perang ke 3 dari kerajaan timor, maka dari itu belanda membentuk kerajaan2 keci di pulau timor agar menghilangkan keturunan kaisar timor sehingga pengikut kaesar timor di bantai belanda habis-habisan di penjara imigran kupang sekarang ini (jembatan selam) sehingga yang melindungi kaisar timor ini dari belanda denga memutarbalikan fakta dari seorang tamukung amarasi yang bernama ELISA NUBATONIS/TAINNESU’ sehingga belanda tak lagi mencari kaisar timor dengan sebutan KETURUNAN KEO’kalau di jaman belanda sebut keo di bantai ! ternyata masih tertinggal 1 orang yang ber nama RUBEN KEO/RAISTANIS/NEPARASI. jadi di tahun 1719 kaisar TIMOTIUS KEO/TANIS/TAINNEPA keturunan ke 4 dari kaesar timor menyerahkan tongkat kerajaannya ke raja amarasi ke 2 KORO.
    Sisilah keturunan KAISAR KOPAN TAIMETAN1. KAISAR KOPAN TAIMETAN2. KEO3. NEPKEO/AMARASI (makanya amarasi jadi namanya)4. TIMOTIUS KEO/TANIS/TAINNEPA5. RUBEN KEO/RAISTANIS/NEPARASI6. SIMON PETRUS KEO
    Daerah kekuasaan kerajaan timor sampai madagaskar
    Jadi anda mau tau kerajaan majapahit dan sriwijaya itu sapa ?…………….Dengan konsep yang saya kasih ini kamu telusuri, karna kaesar KOPAN TAIMETAN INI luas…………!!!

    ReplyDelete
  7. KING OF WEST TIMOR ABAD KE III
    kerajaan amanatun sudah adalah' dahulu kala tp keturunan rajanya bukan dari jaman penjajahan’ sedangkan pulau timor ini sudah ada berjuta tahun yang lalau dan kita lihat sejarah nasional di sunda kecil’ diabad ke 3 kerajaan di pulau timor sudah ada itu di jaman prasejarah bukan di jaman penjajahan. mau tau timor sebenarnya kalau saya cerita kerajaan timor sejarah indonesia di rubah : kerajaan sriwijaya muncul di abad ke tujuh, majapahit di abad ke 12, timor di abad ke 3. jadi kerajaan timor yang sesungguhnya………..:Moyang kerajaan timor datang dari india belangkang (madagaskar) sudah ber juta-juta tahun yang lalu, mereka datang di pulau timor perahunya bersandar di tempat yang bernama fatu kopan/bahtera nuh yang sekarang di kenal niki-niki dan mereka mendiami di tempat bernama tunbestua/niki-niki sampai abad ke 8/9 mereka berpindah ke kupang ada dua tempat yang pertama kantor bupati kupang dan yang ke 2 gunung taibenu’ dan mreka berpindah dari tunbestua/niki-niki mereka mengangkat nubatonis menjadi raja di tempat itu dan menjaga kerajaan itu. dan sesampainya di kupang lalu berpindah ke amarasi oekabiti/oebaki dan mendirikan kerajaan timor terakir di hutan larangan amarasi sampai sekarang ini tempatnya bernama kopan taimetan. dan sebelum mereka berpindah ke amarasi di abad ke 12 dan 13 mereka mengangkat taibenu menjadi raja di tempat itu agar dapat menjaganya peninggalan kerajaan timor.
    kaisar kerajaan timor dan 2 orang raja yang pertama kali di west timor :
    kaesar kerajaan timor namanya KOPAN TAIMETAN’ dia mempunyai 2 orang raja yang bernama Usif Natun (amanatun) ke 2 Usif Nuban (amanuban). dan Usif natun adalan raja bagian barat pulau timor dan raja amanuban bagian timur pulau timor, dan raja amanatun ini adalah raja yang terkenal paling jahat dan ilmunya sangat tinggi dan perhiasannya terbuat dari emas, dan kalau raja amanuban ini raja yang suka merangkul (baeik) dan 1 kaisar dan 2 raja ini lah yang sebenarnya.
    Masa penjajahan belanda……..
    kerajaan timor yang pertama kali menentang kerajaan belanda keturunan kaisar timor yang bernama Kaisar Nepkeo/amarasi dia lah panglima perang ke 3 dari kerajaan timor, maka dari itu belanda membentuk kerajaan2 kecil di pulau timor agar menghilangkan keturunan kaisar timor sehingga pengikut kaisar timor di bantai belanda habis-habisan di penjara imigran kupang sekarang ini (jembatan selam) sehingga yang melindungi kaisar timor ini dari belanda dengan memutarbalikan fakta dari seorang tamukung amarasi yang bernama ELISA NUBATONIS/TAINNESU’ sehingga belanda tak lagi mencari kaisar timor dengan sebutan KETURUNAN KEO’kalau di jaman belanda sebut keo di bantai ! ternyata masih tertinggal 1 orang yang ber nama RUBEN KEO/RAISTANIS/NEPARASI. jadi di tahun 1719 kaisar TIMOTIUS KEO/TANIS/TAINNEPA keturunan ke 4 dari kaesar timor menyerahkan tongkat kerajaannya ke raja amarasi ke 2 KORO.
    Sisilah keturunan KAISAR KOPAN TAIMETAN1. KAISAR KOPAN TAIMETAN 2. KAISAR KEO 3. KAISAR NEPKEO/AMARASI (makanya amarasi jadi namanya) 4. KAISAR TIMOTIUS KEO/TANIS/TAINNEPA 5. RUBEN KEO/RAISTANIS/NEPARASI 6. SIMON PETRUS KEO
    Daerah kekuasaan kerajaan timor sampai madagaskar
    Jadi anda mau tau kerajaan majapahit dan sriwijaya itu sapa ?…………….Dengan konsep yang saya kasih ini kamu telusuri, karna kaesar KOPAN TAIMETAN INI luas…………!!!

    ReplyDelete
  8. Saya sendiri pernah tinggal 2 tahun di Kupang daan sekolah saya dekat dengan patung Sonbay, untuk mencari literatur tentang siapakag Sonbay itu juga sulit, sebaiknya Pemprov NTT mengeluarkan literatur/tulisan tentang Sonbay yang merupakan (kalau saya tidak salah) pehlawan daerah. Tks

    ReplyDelete
  9. wow..it's very interesting to know that

    because my Grandma name Veronica Sonbay

    ReplyDelete
  10. I want to know more tetang Kerajan Sonbay

    ReplyDelete