ASUS VivoBook Ultra A412DA : The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook


Masalah pelik traveller kekinian : banyaknya peralatan tempur yang harus dibawa.

Dahulu, membawa gadget saat travelling adalah suatu kemewahan. Beda dengan sekarang, membawa gadget sudah menjadi suatu keharusan. Iya donks, siapa sich yang nggak mau tetap terhubung selama bepergian sekalipun ke wilayah terpencil? Kebutuhan untuk tetap bekerja secara remote, terhubung dengan semua media sosial, sambil mengupload semua aktifitas liburan -biar judulnya tetap eksis- niscaya adalah sebuah kewajiban!

Masalahnya, peralatan tempur travelling yang harus dibawa menjadi semakin banyak. Belum lagi kepala charger untuk masing-masing gadget. Dalam sekali perjalanan, saya bisa membawa notebook, kamera DSLR (+lensa)/mirrorless, action camera, dan handphone (biasanya ngga cuma 1). Jadi, kebayang donk kalau peralatan elektronik sudah memakan tempat yang cukup banyak (+berat) di bagasi/ransel. Di antara semuanya, notebook termasuk yang memakan paling banyak ruang dan berat. Jadi, kalau ada pilihan untuk menukar notebook dengan opsi yang lebih enteng, masak iya sich, sebagai traveller yang bolak balik keluar bandara, terminal, stasiun dan pelabuhan, nggak mau?

Doa para traveller sekalian terjawab dengan kehadiran Asus VivoBook Ultra A412DA! Saya menjerit kesenangan saat tahu notebook canggih dan enteng ini sudah beredar. Fitur-fiturnya tentu akan membuat teman-teman berpikir dua kali saat memasukkan laptop lama ke ransel teman-teman. Yuk, coba kita bedah fitur unggulannya.

Pilihan warna Asus VivoBook Ultra A412DA

1.       Prosesor

Asus VivoBook Ultra A412DA ini sudah menggunakan prosesor AMD Ryzen 3000 series, baik Ryzen 3 3200U ataupun Ryzen 5 3500U. Versi lainnya adalah Ryzen 7 3700U. Prosesor jenis ini menawarkan performa yang lebih baik untuk multitasking, hemat daya dan tentunya kemampuan untuk ‘menangani’ aplikasi yang ‘rakus’ sumber daya seperti video editor (wajib banget buat blogger atau vlogger masa kini!) dan game. Beraktifitas, buka aplikasi pastinya menjadi sangat cepat dan halus.

2.       Memory

Memory bawaan VivoBook Ultra A412DA yang sudah 4GB DDR4 2400Mhz, sebenarnya sudah cukup untuk main game-game berat atau mengedit video. Tapi buat kamu yang tidak pernah merasa puas dan mau memaksimalkan kemampuan notebook super ini, ada satu slot SO-DIMM tambahan untuk ekspansi memory hingga 12 GB!

3.       Ukuran Layar


Ini kegalauan terbesar bagi traveller abad 21! Sebenarnya, saya nggak suka dengan notebook ukuran 14” karena pastinya terlalu bulky. Akan tetapi notebook 12” yang lebih ramah di ukuran, menurut saya terlalu kecil (maklum, jari tangan saya bantet semua. Ehehe~). 
Kegalauan ini dijawab oleh Asus dengan VivoBook Ultra A412DA yang memiliki ukuran layar 14” dengan Full HD Display, namun memiliki bezel yang sangat tipis, hanya 5.7 mm saja sehingga rasio layar dengan ukuran laptop mencapai 87%! Dari luar, VivoBook Ultra A412DA ini tampak seperti laptop berukuran 13.3”. Saat ditutup pun, ketebalannya hanya 1.99 cm saja. Solusi yang sangat cerdas dan pas banget dengan taglinenya “The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook”.

4.       Ringan

Saya sempat khawatir bahwa notebook berukuran 14” pasti memiliki berat minimal 2-2.5 Kg. Namun, lagi-lagi saya dibuat terkezut karena Asus VivoBook A412DA memiliki berat hanya 1.5Kg sahaja! Lebih ringan dan lebih banyak ruang untuk barang-barang lainnya di ransel! Bisa donk, beli oleh-oleh lebih banyak? :D

5.       Storage

Untuk penyimpanan data, VivoBook Ultra A412DA sudah dibekali dengan dua jenis storage, yakni SSD hingga 512 GB untuk operating system dan Harddisk hingga 1 TB untuk penyimpanan file foto, lagu, dan video teman-teman. Ada keuntungannya lho operating system diletakkan di SSD dan tidak bersatu di satu harddisk. Dijamin, waktu respon dan load time untuk aplikasi dan OSnya pasti akan lebih tinggi. Dan untuk harddisk 1TB, say goodbye now to harddisk eksternal! Pindahin data travellingnya nanti aja pas sudah di rumah, nggak perlu repot-repot bawa-bawa harddisk eksternal. Ringkas! Cus!

6.       Windows 10 Asli Pre-Installed

Ini salah satu yang bikin tenang! Selain VivoBook Ultra A412DA sudah ter-install Windows 10 original yang pastinya bebas crash, lebih stabil dan resmi, teman-teman tidak perlu menyiapkan budget ekstra untuk membeli OS. Tinggal dibeli, power on dan gunakan! Lupakan deh aplikasi-aplikasi bajakan. Windows-nya saja sudah original, pakai aplikasi lainnya yang original juga donks!

7.       Sensor Fingerprint dan Windows Hello

Tampilan Windows Hello

Untuk keamanan, sensor fingerprint (lokasinya di ujung kanan atas touchpad) merupakan keunggulan dari Asus VivoBook Ultra A412DA. Berpadu dengan Windows Hello, akses login menjadi semakin ringkas dan mudah, dan tentunya tetap aman.

8.       Keyboard dan TouchPad


Sama seperti layar, keyboard laptop ukuran 14” adalah yang paling pas buat saya. Selain ukurannya pas dengan jari-jari saya yang berukuran ‘ekstra’, Asus VivoBook Ultra A412DA ini dilengkapi dengan backlight yang sangat membantu banget buat bekerja di tempat yang minim cahaya. Bagian keyboard pun dibuat agak miring dengan sudut 2° sehingga lebih ergonomis dan menghindarkan keletihan posisi tangan saat mengetik atau bekerja dalam waktu lama.
Selain itu, ada kejutan lain dari Transparent Silver version VivoBook Ultra A412DA ini. Touchpad-nya bisa diganti dengan NumberPad dengan tap pada special touchpad icon. Fix yach, VivoBook Ultra A412DA bukan cuma ramah buat para traveler. Anak accounting pasti langsung ngiler melihat fitur ini. Yuk, ngomong ke boss buat upgrade laptop baru, VivoBook Ultra A412DA! ;)

9.       Konektivitas

Notebook yang baik menurut hitungan zaman now, adalah notebook yang konektivitasnya lengkap. Ini bisa ditemukan pada Asus VivoBook Ultra A412DA. Mulai dari yang standard seperti USB 2.0 dan 3.1, MicroSD slot, COMBO audio jack, HDMI port, hingga yang paling kekinian : USB 3.1 type C. Nggak lupa Wi-Fi 5 dan Bluetooth® 4.2 sudah dibenamkan dalam VivoBook Ultra A412DA, membuat konektivitas semakin mudah. Cihuy!

10.   Daya tahan baterai

Saat travelling jauh tanpa colokan listrik pun tidak khawatir!

Buat para fans colokan listrik, kekhawatiran akan baterai habis lumayan bisa teratasi nich. Daya tahan baterai VivoBook Ultra A412DA bisa mencapai satu hari penuh untuk kegiatan sehari-hari. Dengan pengisian listrik 49 menit saja, daya yang terisi bisa mencapai 60% dari kapasitas baterai. Ngga ada issue lagi yach kehabisan daya saat travelling. Tinggal cari colokan, tunggu sedikit, baterai sudah terisi lebih dari setengah.
Asus sendiri sudah menerapkan teknologi yang mencegah terjadinya over-charging, sehingga memperpanjang usia penggunaan baterai 3x lipat dari masa pakai baterai di notebook pada umumnya.

11.   Suara

Sistem audio di VivoBook Ultra A412DA dan notebook Asus pada umumnya bernama Asus Sonic Master. Nggak cuma mata dan konektivitas saja yang dimanjakan oleh Asus. Namun, urusan peraudio-duniawian pun diurusi. Kombinasi hardware, software dan penataan audionya membuat suara yang keluar dari speaker besar-nya ini menjadi halus dan bass-nya empuk. Fitur wajib banget buat yang kerja sambil mendengarkan koleksi mp3 favorit atau streaming.

12.   Harga

Tadinya saya sempat sudah takut VivoBook Ultra A412DA ini menjadi laptop dewa yang tidak terjangkau. Namun, dengan segudang fitur menawan yang dimilikinya, VivoBook Ultra A412DA ini ternyata tidak bikin kantong teman-teman bolong lho. Harga yang ditawarkan super-value dan sebanding dengan fitur-fitur yang dimilikinya. Harga VivoBook Ultra A412DA ini mulai dari Rp 6 juta-an saja. Masih ada lebih duit-nya buat beli segelas kopi khan? Aman banget kalau mau pamer VivoBook Ultra A412DA baru ini sambil ngopi-ngopi di kedai kopi kekinian. Dijamin makin heitz!

13.   Warna

Mungkin ini fitur yang paling tidak terlalu dipusingkan oleh kebanyakan pengguna. Namun, buat saya, identitas sangatlah penting. Dan kebetulan, saya naksir berat sama Coral Crush-nya, membuat penampilan saya pastinya akan terlihat semakin bold. Pilihan warna lainnya adalah Transparent Silver yang klasik, Slate Grey yang terlihat elegan, atau Peacock Blue yang futuristis. Pilih yang teman-teman suka agar penampilan teman-teman semakin catchy bersama VivoBook Ultra A412DA ini. Sekali lagi, pas banget khan dengan tagline-nya “The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook”.

Dengan segala fitur yang dimilikinya, masak sih teman-teman nggak tergiur untuk segera meminang VivoBook Ultra A412DA ini? Ini kandidat terbaik untuk menggantikan notebook lama saya yang lebih jadul dan lebih berat. Travelling, bagi saya, pastinya akan menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan dengan ditemani VivoBook Ultra A412DA ini. Produktivitas? Dijamin karena prosesornya kencang, memori besar, baterai kuat, penyimpanan luas, dan konektivitas banyak, ngeblog, ngevlog, editing, nulis artikel atau bahkan kutak katik spreadsheet menjadi lebih menyenangkan.


14.   Kesehatan Mata

Nggak cuma bikin notebook yang powerful, tapi Asus concern banget sama kesehatan mata penggunanya. Asus VivoBook Ultra A412DA dan jejeran VivoBook lainnya sudah diperlengkapi dengan Eye Care Filter yang berfungsi untuk menurunkan tingkat pancaran blue light yang konon dipercaya membuat mata lelah apabila digunakan dalam waktu lama, dan menggangu ritme circadian kita yang berpengaruh pada pola tidur. Dengan Eye Care Mode, pancaran blue light dari layar notebook Asus VivoBook terreduksi sehingga lebih aman untuk kesehatan dan kualitas penglihatan mata kita.

Spesifikasi lengkapnya buat yang demen sama technical things, saya jabarkan di bawah ini. Cekidot!


Search no more, ini pilihan terbaik buat teman-teman, termasuk saya, apalagi yang anaknya doyan travelling, ngopi-ngopi, sambil kerja dimana saja, ringan dan powerful serta peduli sama kesehatan mata. Pokoknya kekinian banget dech! Cari dimana lagi?

Kalau saya sich, sudah pasti memilih The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook, Asus VivoBook Ultra A412DA saja! #ColorfulWithVivoBook

Warna Coral Crush-nya bold banget yha~ Seksi abis! #kodekeras



8 komentar:

  1. di marketplace starting dari 6.3an nih :)

    ReplyDelete
  2. Untuk keluar negeri bisa? Kena periksa gak kak?

    ReplyDelete
  3. Untuk edit video bagus ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusssss. akuh sajah mau pakai ini buat edit video dan ngevlog.ihiyyy

      Delete
  4. Traveling makin asik ya kalau ditemani laptop ASUS ini. Apalagi laptop ini memiliki banyak fitur unggulan. Keren banget ya. Salam kenal juga ya, Kak.

    ReplyDelete