Uniknya Bahasa Nias

Ingin tau uniknya bahasa Nias? Bahasa Nias adalah salah satu bahasa yang masih aktif digunakan terutama oleh penuturnya yang berasal dari Pulau Nias. Terus terang, waktu kunjungan saya yang sangat sempit membuat saya tidak bisa mempelajari sedikit struktur kebahasaan bahasa Nias ini. Bahkan kata-kata sederhana seperti saya, kamu, mereka, dan kata kerja sederhana pun tidak saya ketahui. Namun, dalam perjalanan menuju Kota Teluk Dalam, saya menjumpai papan petunjuk ini yang tentunya digunakan untuk menginformasikan penduduk asli Nias, yang mungkin saja tidak terlalu fasih berbahasa Indonesia. Dari papan ini, saya menebak bahwa “La Fazökhi” kurang lebih artinya “Dilarang Masuk”. Namun saya nggak mengerti kata-kata yang tertulis di atasnya. Ada yang mengerti Bahasa Nias Selatan, barangkali?

2 komentar:

  1. Dear Lomar Dasika,

    Tks sudah menginformasikan Nias dan khususnya Nias Selatan di situs ini. Saya baru membacanya.

    Walau sudah telat, tapi saya ingin memberikan sedikit informasi terkait bahasa Nias, khususnya bahasa Nias Selatan seperti tertulis di papan informasi di area proyek jembatan itu.

    Kebetulan saya asli dari Nias Selatan, tepatnya dari Desa Bawömataluo (Diulas di topik berbeda di situs ini).

    Kata-kata dalam papan informasi itu "Böi Latörö Soroso Ha'a - Lafazökhi". Kalau di-Indonesia-kan, tulisan itu tepatnya berbunyi: "Jangan Lewat Jembatan Ini, Sedang Dikerjakan". Jadi, kata "Lafazökhi" seperti yang redaksi coba tebak itu, arti sebenarnya, "sedang dikerjakan."

    Btw, kalau mau baca-baca informasi soal Nias dan Nias Selatan, silakan mampir di situs kami: www.niasonline.net. Kalau ada pertanyaan, silakan email ke: eniasonline@gmail.com.

    salam,


    Ya'ahowu.........

    ReplyDelete