Bingung Di Terminal Kudus

Terminal Kota Kudus bukanlah terminal besar. Terminal besar di wilayah timur laut Jawa Tengah tetap berada di Semarang yang merupakan terminal sentral yang menghubungkan kota-kota besar di Pulau Jawa. Terminal Kota Kudus hanya menghubungkan kota-kota yang berada di perlintasan pantura saja, misalnya Demak, Purwodadi, Blora, Jepara, Tuban, Bojonegoro, Semarang, hingga Surabaya. Oleh karena itu, saat saya harus ke Solo dari Kudus, saya mengalami kesulitan. Saya pikir, Yogyakarta yang seharusnya lebih besar daripada Solo akan memberi saya kemudahan akses. Ternyata tidak. Beberapa orang memang sempat mengatakan ada bus Kudus – Yogyakarta yang tersedia di Terminal Kudus. Sayangnya, saya tidak menemukan satu pun bus Kudus – Yogyakarta, apalagi Kudus – Solo. Siang sudah merambat dan waktu terus berjalan. Saya harus mengejar waktu agar tiba di Solo sebelum gelap. Tidak bisa menunggu lebih lama lagi, akhirnya saya memilih salah satu bus jurusan Semarang yang ada. Terminal bus Kudus memang sepi, rasanya tidak banyak kendaraan yang berhenti untuk mengangkut penumpang di tempat ini.
Saya mendapatkan bus jurusan Semarang non AC. Sempat saya berkata kepada para kenek yang banyak menghadang penumpang di tempat ini, bahwa saya menunggu yang AC saja dengan asumsi bus akan bergerak lebih cepat. Namun mereka dengan cepat berkata bahwa tidak ada bus AC, hanya tinggal ini saja. Ya sudah dech, daripada nunggu lama lagi nggak jelas, mendingan pilih apa saja yang ada. Saya sudah pengen buru-buru kembali ke Semarang dan bertukar bus ke Solo. Perjalanan yang tadinya terasa panjang, ternyata menjadi lebih cepat sekembalinya dari Kudus ke Semarang. Walau bus sempat berhenti di Terminal Kota Demak, namun saya merasa saya tiba di Semarang jauh lebih cepat dari perkiraan saya. Hanya dalam waktu 1 jam, saya sudah tiba di Kota Semarang, Terminal Terboyo dengan membayar Rp. 15.000 saja.

2 komentar:

  1. Assalaamu `alaikum warahmatullah . saya dari malaysia ingin ziarah semarang , demak, kudus, seterusnya ke pondok gontor di ponorogo dan akhirnya ke pesantren persis bangil pada 30 oktober hingga 6 november 2012.

    Dari Kuala Lumpur , mungkin turun di Semarang atau Jogja. Bagaimanakah yang paling bagus ittinary nya. cadangan saya:

    1. Jogja ke semarang , ada direct bis ke? kalau ada terminal nya di mana dan berapa ongkosnya? ada kereta ke dari jogja ke semarang?
    2. Semarang Demak dan Kudus naik bis ke?
    3. Dari Kudus ke Ponorogo ada bis ke?
    4. Bagaimana kalau dari Kudus ke Solo, kemudian dari Solo ke pondok Gontor di Ponorogo dan dari ponorogo ke persis bangil? Mana yang paling bagus rutenya.

    Sekian makasih. wassalaamu`alaikum warahmatullah

    ReplyDelete
  2. 1. KL - Semarang/Yogyakarta sudah ada. bus Semarang menuju Yogya pun sudah ada, naik dari Terminal Terboyo. kereta Semarang - Yogya sekarang lagi gak ada.
    2. menuju Demak dan Kudus, bisa naik bus dari Terboyo, Semarang
    3. kalau Kudus ke Ponorogo rasanya sih nggak ada. adanya mungkin ke kota besar dulu atau coba turun ke arah Pacitan/Trenggalek/Ngawi/Madiun. mungkin ada bus lanjut ke Ponorogo disana
    4. Kudus - Solo rasanya sih ngga ada, ataupun ada tapi susah carinya. harus cari ke Semarang dulu. Solo - Ponorogo sih nggak susah. Ponorogo ke Bangil yang mungkin agak susah, harus ke kota besar dulu atau mungkin malah balik ke Surabaya. dari Surabaya baru ke Pasuruan, Bangil.

    Semoga membantu :)

    ReplyDelete