Bukan Orang Jakarta Kalau Belum Ke Sea World Ancol

Jangan salah. Walaupun terletak di Jakarta, belum banyak warga Jakarta sendiri yang sudah pernah berkunjung ke Sea World. Hal ini sama saja dengan kunjungan ke Monumen Nasional atau Museum Nasional. Tidak banyak warga Jakarta yang sudah pernah menginjakkan kakinya di tempat ini walaupun berstatus warga Jakarta bahkan hingga puluhan tahun lamanya. Jadi, kalau ada kesempatan, daripada berkunjung ke mall, mall dan mall lagi, ada baiknya anda menambah khasanah pengetahuan anda dengan kehidupan bawah laut yang mengagumkan di Seaworld.
Terletak di dalam kompleks Taman Impian Jaya Ancol atau yang sekarang sudah menjadi Ancol Bay City, masuk ke dalam kompleks ini memang diharuskan membayar retribusi masuk sebesar Rp. 12.000 per orang dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda dua (Rp. 12.000 untuk Kendaraan roda empat). Asyiknya, dengan membayar retribusi tiket masuk ini, selain kita turut mendanai pembangunan proyek-proyek di Ancol, kita juga sudah mendapat kemudahan free parking dimana-mana (terakhri, saya mencoba free parking di Sea World), kalau anda mau kasih persenan ke petugas disana, ya silahkan saja.

Anyway, Sea World letaknya cukup jauh dari pintu masuk utama Ancol yang berdekatan dengan hailai dan Gunung Sahari. Sea World terletak di Parkir Timur, sebelah Gelanggang Samudera. Apabila anda meneruskan jalan lagi semakin ke arah timur, anda akan menjumpai Kuburan Ancol (Ancol Evereld) dan Bende Ancol. So, tetap di jalur utama dan bertanyalah pada petugas atau siapaun yang bekerja atau tampaknya tahu dengan kondisi Ancol. Maaf saja, petunjuk jalan di Taman Impian Jaya Ancol kurang informatif sehingga pengunjung dapat dengan mudah tersasar disini.
Harga tiket masuk seharga Rp. 40.000. Di depan gedung Sea World terdapat patung air mancur kuda laut. Masuk Sea World, anda akan dihadapkan pada lima jenis area yakni penitipan barang, loket, pintu masuk, toko SeaWorld dan Restoran (Tamani Café, Sate Khas Senayan, dll). Dahulu masih ada promosi BNI sebesar 50% untuk semua jenis kartu kreditnya. Untuk berhemat, anda boleh gunakan promo ini sebelum masuk Sea World. Yang menyenangkan, selama anda dicap dengan lambang SeaWorld, anda bebas keluar masuk area sesuka hati anda. Bebas!
Masuk ke dalam SeaWorld, anda akan disuguhi dengan suasana gelap dan remang-remang. Di beberapa sudut diletakkan akuarium besar yang berisi ikan sesuai dengan kategorinya, mulai dari ikan di sekitar perairan kita, ikan-ikan hias, ikan laut dalam (awetan), Arapaima, Sapi Laut (Dugong), Piranha, Hiu, Naga Laut, Morray Eel, Ubur-Ubur (kosong), dan banyak lagi. Atraksi utama SeaWorld tentu saja lorong akuarium yang berisi ikan-ikan laut yang eksotis dan tentunya, Pari Manta yang sangat besar. Inilah panggung terbesar untuk aksi SeaWorld ini. Selain terdapat lorong dimana kita bisa berjalan di dalamnya sambil melihat-lihat, kita juga bisa mendapati kolam buaya, hiu kecil, kura-kura, penyu dan pari kecil. Fasilitas di SeaWorld termasuk perpustakaan yang dilengkapi dengan Wi-Fi.
bosan? Pasti lama-lama anda akan bosan mengingat atraksinya seperti tu-itu saja. Tapi jangan kuatir, setiap jamnya, akan diputar pertunjukkan pemberian makan bagi ikan-ikan di akuarium tertentu, misalnya di Piranha, Hiu, Arapaima, dan akuarium raksasa. Bagi anda yang lapar, sekali lagi saya ingatkan bahwa anda bisa saja keluar untuk makan di restoran yang tersedia dan masuk lagi guna menikmati suasana bawah laut kembali.
Kunjungan ke SeaWorld memang sungguh menyenangkan, namun memang anda tidak perlu terlalu sering-sering juga mengunjunginya karena pasti anda akan didera rasa bosan. Berkunjunglah dalam rentang waktu yang lebih lama agar anda kembali refresh dengan pesona bawah laut yang memikat. Sea World Indonesia, tempat belajar, tempat kita gembira…..


0 komentar:

Post a Comment