Mau Tidur Di Malang, Pilih Hotel Helios atau Jona's Homestay?

Saya memiliki dua rekomendasi untuk menginap di hotel backpacker ini. Kedua hotel ini terkenal dengan kemurahan hati pemilik serta karyawannya, harga yang bersahabat untuk para backpacker serta fasilitas yang membuat para backpacker akan merasa sangat dihargai. Kedua hotel tersebut adalah Hotel Helios dan Jona’s Homestay. Untuk harga, keduanya tidak terpaut jauh. Untuk lokasi, keduanya juga tidak terpaut terlalu jauh, masih berada di sekitar bundaran utama Kota Malang ditambah dengan sedikit berjalan kaki saja. Kedua hotel ini bahkan direkomendasikan dalam Lonely Planet Indonesia. Dalam spanduk yang dipajang, bahkan Hotel Helios menuliskan dengan jelas bahwa mereka direkomendasikan oleh Lonely Planet. Tampaknya rekomendasi oleh Lonely Planet sudah setara dengan medali emas disini. Jelas saja, orang-orang di seluruh dunia membeli buku tersebut dan apabila mereka datang ke Malang akan memilih hotel yang sudah direkomendasikan tersebut.
Saya tiba di Kota Malang dengan kepercayaan diri yang tinggi. Walaupun saya datang pada musim liburan, saya yakin akan mendapatkan tempat karena beberapa hari sebelumnya, ketersediaan kamar selalu tinggi. Jadi, saya merasa tidak wajib untuk booking kamar. Apalagi, sampai ketika saya tiba di Malang, saya masih bingung sebaiknya dimanakah saya menginap, Jona’s atau Helios. Bingung memilih sampai tidak jadi booking.Saya kena batunya. Siang itu, di Arjosari, saya baru menelepon kedua hotel tersebut. Hotel pertama yang saya telepon adalah Jona’s. Dengan sangat menyesal, pengangkat telepon yang ramah tersebut mengatakan bahwa tidak ada kamar pada siang itu. Yang tersisa hanya kamar berukuran besar yang harganya cukup mahal. Tidak masuk budget saya. Padahal, Jona’s Homestay ini memiliki rate :Rp. 60.000 (satu orang, televisi, air panas, kipas angin dan kamar mandi luar)
Rp. 75.000 (dua orang, televisi, air panas, kipas angin dan kamar mandi luar)
Rp. 100.000 (bisa untuk 3 orang dengan fasilitas yang sama)
Jumlah kamar di Jona’s memang terbatas, hanya dua untuk setiap jenisnya. Mungkin ini yang menyebabkan kamar-kamar tersebut selalu terisi penuh. Dalam Lonely Planet, Jona’s Homestay ini dikatakan berarsitektur kolonialisme sehingga saya pikir pasti menarik untuk ditempati dan dijadikan objek berfoto. Sayangnya, saya tidak memperoleh satu kamar pun di Jona’s. Bagi anda yang penasaran, bisa hubungi Ibu Anna yang ramah, Jona’s Homestay, Jalan Sutomo 4, (0341)324678.
Akhirnya, saya menghubungi alternatif pilihan kedua saya. Saya memilih Hotel helios karena hotel ini adalah salah satu hotel yang mendapat rekomendasi cukup tinggi dari Lonely Planet. Hotel Helios ini bahkan memiliki situs sendiri dan dari foto-fotonya, saya bisa mengatakan bahwa saya menyukai hotel ini. Keberuntungan tampaknya tidak menyertai saya. Lagi-lagi tidak ada kamar untuk saya di Helios. Langsunglah kaki saya terasa lemas. Kemana lagi saya harus menjatuhkan pilihan kalau dua hotel ini sudah penuh? Pilihan hotel lainnya terletak cukup jauh dari pusat kota ataupun kalau dekat, harganya tidak masuk dalam anggaran. Untung saja, sang pengangkat telepon, Pak Franky mengatakan bahwa pada siang itu ketersediaan kamar adalah kosong. Namun, selepas pukul 1 siang, mungkin ada kamar kosong di harga Rp. 95.000. “Saya ambil Pak!”, demikian saya katakan tanpa berpikir panjang lagi. Lokasinya yang strategis dekat dengan pusat kota dan foto-foto hotel yang terlihat nyaman dan aman, membuat saya tertarik sekali dengan hotel ini. Hotel Helios memiliki rate :
Rp. 55.000 (kamar mandi luar, dua orang)
Rp. 95.000 (kamar mandi dalam, shower air panas, sarapan pagi nasi goreng untuk dua orang)
Rp. 115.000 (kipas angin, kamar mandi dalam, shower air panas, sarapan, dua orang)
Rp. 125.000 (AC, kamar mandi dalam, shower air panas, sarapan, dua orang)
Rp. 150.000 (AC, televisi, kamar mandi dalam, shower air panas, sarapan, dua orang)
Satu hal yang bisa saya simpulkan seketika saya tiba di Arjosari, kedua hotel ini (dan hotel-hotel lain yang saya telepon) memiliki staff dengan sifat yang ramah. Mereka dengan senang hati membagi informasi berupa harga kamar bahkan hingga angkot yang dapat membawa saya menuju hotel mereka. Mereka dengan senang hati menjelaskan bahwa saya harus naik AT (Arjosari Tidar) untuk sampai pusat kota walaupun saya belum tentu menginap di hotel mereka. Saya senang dengan keramahan ini.
Akhirnya, saya naik angkot AT (Arjosari Tidar) dari terminal Arjosari menuju pusat kota Malang. Memang, setelah melewati berbagai ruas jalan, berlama-lama di terminal (nggak apa-apa dech, kan kamarnya baru tersedia selepas pukul 1 siang) akhirnya saya sampai juga di Hotel Helios. Hotel ini terletak di dekat belokan jalan yang agak teduh dan tidak terlalu ramai. Di depan hotel tersebut ada serombongan orang yang baru saja tampaknya melakukan check out. Artinya kamar saya sudah siap donk? Hehehe…
Begitu saya masuk, saya disambut oleh seorang bapak berkumis tebal yang berkesan galak. Tapi, begitu melihat saya, mata itu langsung tersenyum ramah dan dengan sopan beliau menunjukkan kamar seharga Rp. 95.000 yang akan saya tempati. Berhubung para tamu baru saja check out, maka kamar tersebut perlu sedikit dibersihkan. Tidak apa-apa, saya menunggu di café kecil di bagian bawah hotel sambil menonton televisi. Memang, bangunan Hotel Helios tampaknya adalah sebuah rumah yang disulap menjadi hotel dengan banyak kamar. Bangunannya sendiri tidak tampak terlalu tua atau berkesan kolonialis, namun jelas terlihat bahwa bangunan ini mewakili arsitektur jaman yang telah lewat.
Menariknya, kamarnya ternyata bersih dan rapih. Bahkan, saya tidak menemukan adanya tanda pelapukan apalagi jamur di dinding. Kamarnya benar-benar bersih dan nyaman. Segera saya katakan setuju dan saya melakukan proses pembayaran terlebih dahulu. KTP saya disimpan di front office untuk proses registrasi (jangan lupa ambil KTP anda selepas check out yach). Kamar yang saya terima adalah kamar dengan twin bed. Kamar itu memiliki kamar mandi dalam(lengkap dengan shower air panas), toilet, wastafel dan cermin, meja rias, lemari kecil, exhaust fan, dan lampu tidur. Untuk kamar seharga Rp. 95.000, ini adalah penawaran yang sangat baik. Apalagi, besok ada jatah sarapan pagi berupa nasi goreng pula. Murah dan hemat. Di sisi tempat tidur saya ada sejenis bantalan yang tampaknya berguna untuk mencegah kaki atau bagian saya menendang dinding yang putih. Jadi, mencegah saya mengotori dinding, saya kalau tidur pasti menendang bagian bantalan tersebut.
Saya sempat beberapa kali melihat kamar Rp. 55.000 yang memiliki kamar mandi luar. Ternyata, fasilitas yang didapat cukup jauh berbeda dengan kaamr Rp. 95.000. Kamar yang lebih murah seakan-akan berasal dari jaman yang berbeda dengan kamar yang saya tempati. Ranjangnya sendiri terbuat dari besi sehingga memperkuat kesan penjara dan hotel jaman dahulu. Sementara itu, tempat tidur saya sudah bisa dikatakan spring bed nyaman dan empuk. Dinding kamar yang lebih murah pun tidak putih seperti kamar yang saya tempati, lebih merupakan susunan tegel. Di sisi depan kamar saya, ada sebuah bangunan yang sedang sibuk dikerjakan oleh para buruh. Bangunan tersebut rencananya akan dibuat untuk kamar-kamar tambahan di hotel ini. Aktifitas mereka tidak menganggu kegiatan tidur saya sama sekali. Mereka tidak terlalu berisik dalam bertukang.
Beberapa kali saya menjumpai tamu lain di hotel ini yang ternyata kebanyakan adalah tamu warga negara asing. Tampaknya, efek Lonely Planet merekomendasikan hotel ini sungguh sangat kuat. Mayoritas pengunjung hotel ini tampak dengan jelas adalah warga negara asing. Bagian tengah hotel berupa taman dengan banyak ditempatkan sangkar-sangkar burung yang bisa bicara seperti beo misalnya. Kalau anda ngga ada kerjaan, muter atau foto-foto di taman seru juga walaupun saya sangsi karena banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di Malang. Di café kecil di tempat saya menunggu di bawah tadi, ada daftar harga menu makanan yang dijual di Hotel Helios. Makanannya tidak terlalu mahal walaupun saya belum mencoba sama sekali untuk makan di hotel ini. Bubur, nasi goreng, mie goreong hanya seharga Rp. 7.000 saja. Untuk nasi ayam bumbu rujak, nasi kare kampoeng, nasi rawon hanya Rp. 10.500 saja sementara nasi krengsengan Hawai dan nasi campur goyang lidah berada di harga Rp. 12.500. murah banget yah?
Front Office Hotel Helios berfungsi juga sebagai pusat penerangan Kota Malang dan tour keliling Jawa Timur. Mereka menyediakan paket-paket tour untuk keliling Jawa Timur (terutama Bromo) dan Kota Malang khusunya. Saya sering kali merepotkan bapak-bapak yang ada disini dengan kerap bertanya jam buka, jam tutup atau akses jalan menuju suatu tempat baik dengan berjalan kaki atau naik becak dan angkot. Informasi yang diberikan cukup baik. Mereka mengetahui seluk beluk Kota Malang dengan baik dan bisa menjelaskan kembali kepasa kami dengan mudah. Hotel Helios ini memang terletak di dekat Monumen Tugu Kota Malang sehingga akses ke dan menuju hotel ini sangat mudah. Saya banyak menghabiskan waktu dengan berjalan kaki selama berada di hotel ini. Dari Monumen Tugu, hotel bahkan bisa ditempuh dalam 10 menit berjalan kaki (atau 5 menit berjalan cepat). Hotel Helios adalah hotel yang sangat saya rekomendasikan untuk anda kalau kebetulan anda berkunjung ke Malang. Tidak usah pilih kamar ber AC buat anda penggila AC karena pada dini hari, saya menggigil di tempat tidur padahal saya sudah berselimut! Dinginnya Malang di pagi hari adalah sesuatu yang saya akan selalu rindukan. AC atau kipas angin menjadi tidak terlalu berguna disini. Buat anda yang kebetulan lupa membawa amenities peralatan mandi, hotel ini menyediakan handuk dan sabun. Harga Rp. 95.000 tersebut benar-benar berdaya guna dengan baik sekali. Untuk anda yang butuh informasi lebih lanjut, hubungi Hotel Helios Malang, Jalan Pattimura 37, (0341)362741. atau kunjungi website mereka di www.hotelhelios-malang.com. Hotel Helios dengan tagline The Lovely Hotel Atmosphere Backpackers Home, siap menyambut anda.

27 komentar:

  1. Oke deh kakak... Kayaknya boljug tu hotelnya...murmer lg...Ntar kapan2 kl ke malang,nginap disana deh...tp jgn2 Harganya sdh naik lg kyk bendesa. Sdh capek2 muter2 tarifnya naik Hehe...(advanture.wordpress.com dong...)

    ReplyDelete
  2. boljug banged donk...highly recommended deh...:D

    berhubung dingin, ga usah pake ac kali yach :D

    iya nih, kecewa sama Bendesa...koq jadi naik gt yah... :(

    ReplyDelete
  3. Iya tuh,nyari bendesa tuh Akyu sampe 3x muter legian loh,tahu dong perjuangannya muter jalan sekecil legian yg padat pake mobil...busyet dah...tulisannya kecil n nyempil gak keliatan , en 5x bertanya pd gak ada yg tahu, Akhirnya ada yg tahu...Begitu disamperin...penampakannya oke sih,tanya rate...waaakk???? Ohmy.... Nooo... Sampe suamiku bilang...bun,yg bener dong kl nanyain rekomendasinya....hiks... Tp gpp lah, hikmahnya tlp dl sblm dtg hehehe...(advanture.wordpress.com nih)

    ReplyDelete
  4. oowww...lagi padet2nya yak? hihihi...maap yah Bu...jadi menyesatkn harga dan inponya....

    yup...kayaknya perlu reconfirm ulang soal harga sebelum go show...:D

    ReplyDelete
  5. lain kali untuk tarif penginapan mungkin perlu nelpon dulu ya
    aku tau bendesa dari lomar juga. waktu nelpon klu ga salah harganya udah 250ribu ya

    ReplyDelete
  6. hmmm...aku baru cek Bendesa ini yach...kayaknya 250rb itu buat yang berAC yach? hehehe....
    kalau yang kipas aja sih, 130-150rb.murmer sich.hihihi...
    mungkin karena inflasi sempet naik kali yach.

    yup, setuju banged, mungkin informasi disini gak terlalu update kalau yang sudah cukup lama, jadi perlu direconfirm ulang dech kayaknya. :D

    maaf atas ketidaknyamanan ini yach :D

    ReplyDelete
  7. sip! nuwun bro..
    kadang nelpon duluan juga ada gunanya loh. eg. jadi tau kalo nginep di bendesa, bisa dijemput di bandara. free. sayangnya ga berlaku untuk rute sebaliknya

    ReplyDelete
  8. eh...iya tuh...hehehe...aku sempet dijemput untuk nginep di bendesa...hehehe...lumayan...:D

    eh, Cie ada facebook? :D

    ReplyDelete
  9. sori bro. si facebook baru bulan kemarin aku tamatin riwayatnya. tapi jujur. rasanya: lega :)
    merdeka!
    hehe..

    ReplyDelete
  10. hohoho.....gapapa kalau itu bisa memberikan kelegaan :D

    Merdeka juga! :)

    ReplyDelete
  11. wah bgs sekali infonya.. kebetulan lagi mau ke malang nyari hotel murah thx a lot om tak copi buat guide di jalan :)

    ReplyDelete
  12. silahkeun.....senang rasanya bisa berbagi info :)
    semoga bermanfaat dan salam kenal yah :)

    ReplyDelete
  13. die Volle Geschmacklosigkeit cialis rezeptfrei cialis generika kaufen [url=http//t7-isis.org]levitra online[/url]

    ReplyDelete
  14. секс сегодня ночью
    секс слова
    бесплатное порно видео 100
    sex style
    порно фото учителя

    ReplyDelete
  15. waktu check-in di helios pagi. malamnya baru ketauan suara exhaust-nya ngeri. jadi buat temen2 yl, check dulu suara exhaust sblm confirmed kamar. kedua, check kunci kamar apkh mudah ditarik keluar dari slot-nya. selebihnya ok, bersih, room boy yg helpful. terutama air panas, mantabb...

    ReplyDelete
  16. hohoho...saya sudah dua kali check in disini. untungnya nggak ketemu suara exhaust yang mengerikan itu^^...hehehe...sekedar info juga, Helios lagi renov nich skrg. kamar yang 55rb itu lagi ga ada, lagi dibongkar semua :D mudah2an jadi lebih baik yach :D

    ReplyDelete
  17. Dear Cokak, thanks untuk infonya loch :D

    ReplyDelete
  18. saya buka website helios,kok gak ada harga kamar 95rb?paling murah 140rb..

    ReplyDelete
  19. Hmm...coba telepon Hotelnya dech. Kayaknya, beberapa bulan ini, Helios baru aja selesai renovasi. Mungkin harga kamarnya turut naik seturut dengan renovasi tersebut :)

    ReplyDelete
  20. persaratanx ap saja pak

    ReplyDelete
  21. blognya sangat informatif banget n membantu sekali...

    ReplyDelete
  22. Maaf saya sudah coba hub ke 2 hotel diatas...
    saya coba meminta info2 tentang harga kamar dan ternyata harganya ga sesuai dengan yang di tulis diatas resepsionisnya juga ga terlalu ramah

    ReplyDelete
  23. aman gak tuh hotel dri grebekan?

    ReplyDelete
  24. widi.sondakh@gmail.comMarch 25, 2013 at 3:43 PM

    juni or juli 2013, aku mau coba ... rencana mau ke malang...

    ReplyDelete
  25. salam kenal! wih enaknya keliling indonesia :) yup jonas homestay recommen banget, murah, pegaweinya ramah2 kok.. baru oktober kmrn sya kesana..

    ReplyDelete
  26. Produk dijamin asli ori dan dapatkan harga promo
    Natalia Shop : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor.
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS: 0857-1721-2287 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://fw.to/cC28ZHC
    BlackBerry>Samsung>Nokia>Apple>Acer>Dell>Nikon>DLL

    SAMSUNG
    Asli Buatan Korea

    Ready Stock !
    Samsung L9100 Galaxy S2 - Black
    Rp. 1.000.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 8.9, 16GB - Pure Whit
    Rp. 1.600.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 7.7 Super AMOLED Plus
    Rp.1.500,000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Note N7000 - Black
    Rp. 1.700.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
    Rp. 1.000.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
    Rp.1.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus
    Rp. 1.000.000.

    Ready Stock !
    P7100 Galaxy Tab 10.132GB
    Rp. 1.850.000,-

    Ready Stock
    Samsung Galaxy Y i509 CDMA - Pure White
    Rp. 550.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 7" plus ALL WHITE
    Rp.1.000.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Pocket GT-S5300 - Black
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy W i8150 - Soft Black
    Rp.800.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Ace GT S5830 - Onyx Bl
    Rp.750.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Chat GT-C3222W Wifi – Dual GSM - Noble Black
    Rp.400.000,-

    BLACKBERRY
    Asli Buatan Canada

    Ready Stock !
    BlackBerry 9380 Orlando - Black
    Rp.900.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 8520 Gemini
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
    Rp.800.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Curve 9320
    Rp.700.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold 9900 Dakota
    Rp.1.500.000,

    Ready Stock !
    Blackberry Torch 9800
    Rp.1.200.000,

    Ready Stock !
    Blackberry bellagio 9790
    Rp.1.100.000

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 9220 Davis
    Rp.650.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Torch 2 9810 Jennings
    Rp. 1.350.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 9360 Apollo
    Rp.950.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Monza 9860
    Rp.1.400.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Keppler 9300 Curve 3G
    Rp.700.000,-

    ReplyDelete
  27. Bermanfaat Sejkali Brow Infonya

    ReplyDelete