Gereja Masehi Injili di Timor Jemaat Kota Kupang

Jenis Gereja ini yang mungkin tidak akan ditemui di daerah lain di Indonesia. Namanya saja Gereja Masehi Injili di Timor. Kayaknya memang khas dan 'endemik' Pulau Timor. Saya belum sempat icip-icip Sumba, Flores, atau Bahkan Rote dan Sabu, tapi sekali lagi dari namanya, tampaknya memang tidak ada gereja jenis ini di luar pulau. Gereja Masehi Injili di Timor yang berikutnya disebut GMIT, ternyata banyak sekali di Pulau Timor ini. Di Kota Kupang saja ada beberapa buah dengan masing-masing memiliki jemaatnya sendiri. Ya, GMIT ini memang gereja Protestan. Jenis gereja lain yang ada selain GMIT hanyalah Bethany (belum ketemu yang jenis lainnya).
Konon, menurut informasi, GMIT Jemaat Kota Kupang ini adalah Gereja tertua yang ada di Kupang. GMIT ini dibangun sekitar tahun 1700-an. Dindingnya bukan dari batu bata namun dari batu-batuan sehingga pernah ada usaha untuk merobohkan bangunan ini namun gagal karena keras sekali. Alhasil, bangunan bersejarah ini masih kokoh berdiri hingga saat ini dan ditambah beranda baru di area depan (tampaknya dibangun sekitar tahun 1887?). GMIT ini berdiri di Jalan Soekarno, Jalan di depan Teluk Kupang Barat yang memang dahulunya adalah Kota Kupang di awal-awal masa berdirinya. Sudah jelas, banyak bangunan unik dan jadul di seputar jalan ini. Mungkin dari jalan inilah Kupang memperoleh sebutan itu : Kota Masa Lalu.
GMIT ini memiliki beberapa keunikan. Yang tampak jelas adalah adanya suatu benda (tadinya saya kira rudal sisa perang dunia II, hehe..) bulat panjang bercat putih yang digantung di bagian luar gereja. Belakangan saya baru tahu ternyata itu adalah lonceng gereja. Di depan lonceng dengan bentuk unik ini terdapat sebuah makam pendeta yang tidak diketahui namanya. Bangunannya sendiri memang bernuansa jadul dan di belakang gereja terdapat sebuah pohon dengan lahan sempit berbentuk bulat. Unik juga. Hari dimana saya mengunjunginya adalah hari senin dan tampaknya tidak ada kegiatan apapun di gereja ini. Ada salah seorang bapak yang duduk di beranda bagian depan gereja dan tersenyum mempersilahkan saya berkeliling. Di sisi utara gereja tampaknya adalah sebuah taman kanak-kanak. Oh yah, alamat gereja ini di Jalan Soekarno Nomor 23, telp (0380) 21457

1 komentar: