Rekomendasi Rute Perjalanan Bali

Ada request dari teman, sobat, sahabat, rekan, kolega, sista (aaaawwwwww) Sdr. Arina Ully Wahyu Utami, untuk membuat rute.Yak! Saya sadari ini kekurangan saya dan saya akan membuat blog ini lebih berguna lagi dengan mengakomodir kebutuhan para pembaca :D. Oleh karena itu, saya persembahkan rute 5 hari 4 malam super dashyat non stop ini (mulai lebay) hahaha...

Hari pertama : kita main yang adem-adem dulu n jauh-jauh dulu yah berhubung waktu sampai tuh biasanya masih sueger...
- Sampai di Bali pagi hari
- langsung tancap gas ke Ubud
- Sebelum ke Ubud, biasanya akan sampai Pasar Sukowati sich. Tapi masak iyah mau belanja belanji sekarang? hehehe...lewat dulu yah.
- Sepanjang perjalanan sampai ke Ubud, anda akan bertemu dengan Desa Batu Bulan, tempat pagelaran tari-tarian Bali digelar. Yang paling terkenal tentu saja Tari Barong dan Tari Kecak. Lalu ada Desa Celuk dan Desa Mas yang terkenal dengan kerajinan peraknya (coba deh liat-liat ke Galuh) dan kerajinan ukir-ukiran. Belanjanya tahan dulu kali yah, secara masih pagi nich.hehehe...
- Sampai di Bali Bird Park. Harga tiketnya memang agak mahal sich, tapi kalau punya dana extra, masuk aja buat ngeliat bahwa Indonesia punya surga burung yang cantik juga loh. Burung-burung seperti Toucan, Macau, Lori, dll. Di sampingnya persis, ada Bali Reptil Park. Sesuai namanya, Bali Reptil Park menyajikan reptil-reptil dalam kandang maupun kurungan. Harga, Bali Bird Park 90K IDR Per Orang (Lokal). Bali Reptil Park 65K IDR Per Orang (Lokal). Kalau misalnya gak rela masuk ksini karena mahal, liat-liat dan foto foto dari depannya ajah. GRATIS!
- Lanjut lagi ke arah utara, maka anda akan bertemu dengan Hutan Monyet. Tertarik? Kalau nggak, lanjut saja...
- Kalau misalnya gak tertarik belanja, mungkin Ubud dan pasarnya gak akan menarik untuk anda. Tapi disini bisa liat berbagai galeri, kerajinan tangan, vila Ubud.
- Di dekat sini ada Goa Gajah, pintu masuknya sih unik dan keren buat foto foto :D
- Istana TampakSiring. Yah, seperti yang kita tahu, Istana Kenegaraan ini tentu gak mungkin bisa dikunjungi setiap saat. Coba deh hubungi sekertariat Istana untuk mengetahui syarat bisa masuk ke Istana ini. (biasanya ada syarat minimal sejumlah orang tertentu). Kalau nggak bisa yah coba deh ke Pemandian Pancuran Tampak Siring, lokasinya gak jauh dari Istana koq.
- Nah inilah dia tujuan ultimate di Bali pada hari ini. Danau Batur dan Gunung Batur. Usahakan sampai di Kubu Penelokan, Kintamani pada siang hari. Jadi, bisa makan siang di restoran buffet Internasional dengan view Gunung dan Danau Batur yang menawan. Kebetulan, pemandangannya spektakuler kalau nggak hujan. Bisa sambil foto-foto dan istirahat. Harga restoran Buffet di sekitar tempat ini berkisar 50K - 65K IDR per Orang. Puas deh makannya. Hati-hati, penjual dagangan di sekitar tempat ini sangat agresif dan memaksa. Tanpa bermaksud jelek, jaga barang-barang bawaan anda. Kalau misalnya memang gak berniat beli, jangan melirik, melihat, apalagi sampai memegang dan menawar harga produk mereka. Anda tidak akan dilepas semudah itu. Lebih baik, katakan tidak terima kasih dan segera berjalan ke mobil tanpa ba bi bu kalau gak berniat belanja.
- Sisa waktu masih panjang. Jalan deh ke arah utara, ke Singaraja. Disini ada Air Terjun Gitgit (masih gak terlalu jauh dari Kintamani). Jalan ke utara lagi ada Pantai Lovina, pantai yang terkenal dengan lumba-lumbanya di pagi hari. Kalau siang atau sore, mungkin anda nggak akan mendapatkan hal serupa.
- Usahakan pulang sebelum jam 3 atau 4 sore karena perjalanan ke selatan ke Legian masih cukup jauh. Sekitar 3-4 jam. Usahakan pulang jam segitu agar bisa makan malam di Legian.

Hari Kedua : Masih Mau lanjut yang adem-adem?
- Tancap gas ke Bedugul via Denpasar. Jalan-jalan kelilingan di Kota Denpasar ajah. Cari makanan Bali (sayangnya, makanan Bali kebanyakan berbahan baku babi seperti dendeng dan Babi Guling sehingga rawan dan haram bagi rekan-rekan yang muslim).
- Nanti akan lewat Mengwi. Di Mengwi ini ada Pura Taman Ayun. Boleh dilihat-lihat dan foto-foto. Di dekat sini ada Mandala Wisata Mengwi. Bisa foto foto di danau juga walaupun gak terlalu adem suhunya.
- Berhenti dulu di Pasar Candi Kuning buat merasakan tamparan angin segar menyapa wajah anda. Lihat tanaman, buah-buahan, dan kegiatan masyarakat disini. Siap-siap menggigil kedinginan karena tempat ini super dingin! asik buat jadi tempat resort dan peristirahatan.
- Akhirnya, sampai juga di Danau Bedugul. Buka kaca jendela lebar-lebar. Danau Bedugul ini sangat indah karena ada taman, danau yang berkabut dan Pura Ulun Danu yang rapih terawat. Habiskan waktu siang anda dengan berjalan-jalan di lokasi sini. Foto di Danau ini serasa kayak foto-foto postcard yang dijual di toko deh. Ada Cafe Ulun Danu juga untuk lokasi makan siang.
- Kembali ke arah barat daya pulau, kita menuju Alas Kedaton, tempat monyet-monyet. Selalu hati-hati karena dikabarkan monyet di Alas Kedaton sudah semakin nakal dari tahun ke tahun. Lepaskan perhiasan dan benda-benda mengkilat yang dapat menarik perhatian. Kacamata? Lupakan saja. Intinya, jangan mengenakan sesuatu kalau anda gak yakin bisa menjaganya dengan baik. Kamera dililit dengan tangan kuat-kuat jadi monyet tidak bisa mencurinya.
- Persinggahan terakhir adalah Tanah Lot. Keuntungan sampai di Tanah Lot adalah menikmati dua objek sekaligus dan juga menikmati matahari terbenam di sisi barat yang indah. Kalau anda beruntung, anda bahkan bisa berjalan ke pura tanpa kebasahan. Objek wisata yang ada disini adalah Pura Batu Bolong (batunya unik! Jangan lupa difoto!) dan Pura Tanah Lot itu sendiri yang super duper tersohor. Habiskan siang dengan melihat-lihat barang belanjaan dan sore dengan menikmati air kelapa muda di balkon pinggir pantai.

Hari Ketiga : Menuju Selatan yang Panas
- Yak! Kita berkunjung ke arah Tuban dan Bali Selatan. Sebelum itu, pas lewat di Kuta, mampir dahulu lah di Joger. Disini, barang-barang kerajinan Bali yang unik dan khas bisa didapat. Ayo, borong! Simpan kamera anda, di beberapa sudut Joger, dilarang untuk berfoto karena alasan tertentu. Tapi di depan Joger, please foto-foto sambil menikmati cuci mata melihat-lihat barang-barang unik dari Joger.
- Mau main olahraga air? Coba deh ke Benoa dan Nusa Dua. Kalau males basah-basahan, bisa berjalan-jalan aja koq di pinggir pantai. Olahraga air yang ada disini antara lain parasailing, banana boat, jetski, flying manta hingga kunjungan ke Pulau Penyu, tempat konservasi penyu. Disana bisa foto sama rangkong jinak, kura-kura dan penyu, ular dan beberapa binatang lain.
- Lanjut ke Garuda Wishnu Kencana, Taman Budaya Bali yang menawarkan pemandangan unik dan spektakuler serta 'nyeni'. Disini, ada patung besar Garuda dan Wishnu yang sampai sekarang belum jadi. Cukup Panas, jadi siap-siapkanlah sunblock dan topi. Foto-foto diantara batu cadas yang terpotong akan memberikan kesan unik. Di GWK ini, sering dijadikan tempat perhelatan festival/event dashyat.
- Lanjut ke sisi selatan Bali di uluwatu. Pura sendi Bali ini memang berbeda dengan pura-pura lainnya. Lokasinya menawan di ujung tebing cadas tinggi. Nikmati laut selatan Bali dari ketinggian sambil menyaksikan ombak yang menerpa cadas di kejauhan di bawah sana. Hati-hati dengan barang bawaan anda juga, karena pura ini dilindungi oleh monyet-monyet. Jangan lupa, pakai pakaian yang pantas (kalau bisa menutup betis) karena pura adalah tempat suci.
- Penutup, coba deh sempatkan ke Pantai Kuta Baru atau yang dikenal dengan nama Pantai Pecatu. Belum kenal juga nama itu? Bagaimana kalau sebutannya Dreamland? mungkin kenal yah. Pantai ini dahulu pernah terkenal karena topless-nya turis-turis yang berjemur. Namun, sekarang fenomena itu sudah tidak ada lagi. Pantai ini dikelilingi batu cadas karang sehingga agak berbeda dengan pantai di bagian lain Bali.
- Sempatkan lewat Jimbaran untuk makan malam. Asik loh makan di pinggir pantai sambil mengunyah seafood dan melihat pesawat terbang lepas landang dan datang. Harga makanan disini agak uppriced, tapi worth koq sama suasana yang terbangun.

Hari Keempat : Yuk main air dan malas-malasan!
- Dari Legian, jalan kaki lah anda ke Pantai Kuta. Tidak terlalu jauh koq. Justru masih pagi, sempatkan untuk main air di seputaran Pantai Kuta.Nikmatilah saat-saat malas anda disini.
- Setelah hari mulai panas, baru deh jalan di sekeliling Kuta, ada monumen Legian dan Hotel Hard Rock Bali yang unik juga untuk difoto-foto. Walaupun secara teori, ini adalah sebuah hotel, namun tampaknya hotel ini telah menjadi semacam simbol dan landmark Kuta. Tak sah rasanya ke Kuta kalau nggak berfoto di depan papan surfing Hard Rock.
- Kalau panas banged, maen deh ke Kuta Square atau Bali Discovery Mall. Standrard seperti square atau mall biasa, namun anda bisa coba beberapa makanan disini. Kalau Discovery mall, ada semacam teater yang langsung terhubung dengan pantai. Mall dengan konsep yang unik.
- Bisa juga menghabiskan waktu di Waterbom Bali di depan Discovery Mall. Seru juga maen air disini. Harganya 130K per orang bisa sepuasnya!
- Menghabiskan sore dengan berjalan-jalan ke Pantai yang lebih tenang di Bali, yang nggak terlalu berisik seperti di Kuta. Bisa coba di sisi barat seperti Seminyak atau di sisi timur seperti Sindhu atau Sanur. Pantai Sanur lebih kalem suasananya karena memang mayoritas tamu yang ke Sanur dari kalangan keluarga. Asiknya pula, di sisi pinggir Sanur banyak café dan ada Pasar Sindhu di tepi Pantai Sindhu yang penjualnya gak begitu memaksa menjual.

Hari Kelima : Yuk Belanja Oleh-Oleh
- Saatnya berburu, sehabis makan pagi, arahkan kendaraan ke Guwang, Pasar Sukowati lama. Siapkan deh urat anda dan teknik melobi sehingga anda bisa mendapatkan harga yang diinginkan untuk produk-produk mereka. Pinter dan sabar cari adalah kuncinya. Anda bisa dapatkan barang bagus dengan harga miring disini. Mulai dari Lukisan, Kerajinan tangan, oleh-oleh souvenir, pakaian, dan peralatan lainnya.
- Kalau masih ingin jalan-jalan, sempetin deh ke Pura Besakih di sisi Timur Bali, di kaki Gunung Agung, gunung tertinggi di Bali.
- Jangan lupa belanja oleh-oleh makanan juga. Di dekat Desa Celuk, banyak deretan toko-toko souvenir dan makanan yang menjual kacang Bali, dan makanan lain yang khas Bali. Jangan lupa diborong yak.
- Ingat! Hari ini adalah hari check out. Jangan sampai ada barang yang ketinggalan. Siapkan 1 jam sebelum sampai di Bandara

5 komentar:

  1. Ya ammmppppyyyuuunnnn Lomtje, makasih banyak ya... aku bener2 terharu :)

    ReplyDelete
  2. Ingat berkunjung ke Tanah Lot ya...


    http://www.tanahlot.net

    ReplyDelete
  3. siap!!!! Tanah Lot is a must! walaupun too crowded dengan turis dan pedagang, tapi buat gue Tanah Lot tetap "Bali yang sebenar-benarnya" :D

    mungkin suatu hari gue bisa kesana tanpa airnya pasang. Jadi bisa nyebrang deh :)

    ReplyDelete
  4. siip tutorialnya. jadi pengen ke Bali lagi neeh :D

    ReplyDelete
  5. ayooo....kita jelajahi Indonesia...jangan cuma Bali aja loch...Bali boleh lah jadi starting pointnya :D
    hehehe

    terima kasih sudah berkunjung :)

    ReplyDelete