Mirota Batik Di Sudut Malioboro

Salah satu toko yang menurut saya sangat ethnic dan unik di Yogyakarta dan somehow saya merasakan ini merupakan salah satu landmark Yogya adalah Mirota Batik. Terletak di Malioboro, tepat sebelum penyebrangan menuju Benteng Vredeburg, toko ini menjual berbagai hal yang berbau Yogya atau lebih tepatnya kebudayaan jawa. Toko yang teramat unik ini menjual berbagai produk seperti produk kerajinan tangan yang sangat-sangat unik, sebut saja produk standard seperti kain batik, caping, hiasan bambu, patung loro blonyo, wayang-wayangan, kipas anyaman, jamu-jamuan, produk makanan hingga barang-barang unik seperti nasi aking instant, jamu dalam kendi mungil yang lucu, keris pusaka, orang membuat batik dengan canting dan malam, andong, seperangkat gong dan gamelan, boneka pasukan pengawal keraton, hingga barang-barang elektronik antik yang masih bisa difungsikan seperti radio tua, mesin ketik, kipas angin, dan sebagainya.

Toko yang terdiri atas 2 lantai ini sangatlah menarik. hampir semua barangnya -even anda tidak menyukai produk yang berbau ethnik- akan mudah untuk disukai, dan bahkan berpindah tangan...upss...bukan dicuri tapi dibelanjai.hehe...

di tengah ruangan ada tempat duduk, untuk melihat orang membuat batik. kemudian apabila anda membawa kamera, anda pasti akan ketagihan untuk berfoto disini karena semuanya yang anda lihat adalah antik dan unik. Harga barang yang menurut saya dan rekan saya cukup reasonable dan murah membuat toko ini tampak sangat tidak kehilangan daya tariknya. para pengunjung berjalan keluar masuk hilir mudik masuk ke dalam toko. harganya pun sudah harga toko sehingga memang tidak bisa ditawar lagi. Jadi, sekiranya anda mengira bahwa harganya cukup murah, silahkan dibawa ke kasir-kasir yang ramah khas Yogya dan membayar produk tersebut.

Walaupun di beberapa tempat ada tulisan yang berbau copet, tulisan tersebut bukan bertujuan membuat anda takut atau over protektif, namun lebih ditujukkan pada copet yang tidak bisa diterima di dalam toko ini. secara umum, anda akan bisa sangat leluasa untuk berbelanja sambil cucui mata melihat benda kerajinan jawa yang antik. sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata selama anda berada di Yogya. Jangan takut tersesat, di depan toko tersedia tumpukan peta kota Yogyakarta yang dapat anda bawa pulang sebagai panduan mengunjungi kota maenawan ini. Selamat datang di Mirota!

0 komentar:

Post a Comment