Penyu a.k.a Kura-Kura Pantai Kartini Jepara Yang Ikonik!


Walaupun bentuknya penyu, namun hewan ini tetap saja disebut sebagai kura-kura. Tulisan kura-kura tersebar di berbagai penjuru papan arah yang ada di Pantai Kartini ini. Ya, patung kura-kura ini memang menjadi semacam icon bagi Pantai Kartini dan Kota Jepara. Kalau anda menyebrang dari Karimunjawa ke Jepara, dengan melihat patung kura-kura ini, artinya anda sudah hampir tiba di Jepara. Patung kura-kura ini sangat mengagumkan, besar dan dibuat dengan serius. Saya tidak menemukan kecacatan berarti ketika mengamati patung kura-kura ini. patung ini sungguh hidup dan tidak seperti kura-kura mainan. Saya sangat kagum sekali akan kekreatifan tangan-tangan pembuatnya yang bisa menghasilkan karya seindah ini. Bahkan hingga gurat-gurat di bagian leher kura-kura pun, mereka membuatnya dengan sangat detail. Luar biasa!


Posisi kura-kura ini sebenarnya memang agak aneh karena menghadap ke arah daratan, bukan lautan. Jadi, kura-kura ini diceritakan sedang bergerak menuju ke daratan dari lautan, bukan sebaliknya. Hm...bukankah kura-kura (a.k.a penyu di foto ini) adalah makhluk lautan? Ya sudahlah yah, nggak penting juga sich. Hehehe. Di bagian bawah kura-kura, terdapat ruangan cukup besar yang diberi pintu kaca namun sayangnya kosong. Menurut Mas Rochim, di ruangan tersebut dulunya terdapat aneka permainan anak-anak yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Entah kurang berashil atau bagaimana, yang jelas perlahan usaha tersebut bangkrut dan tidak dilanjutkan lagi. Semua permainan tersebut dilepas dan dikeluarkan dari area di bawah kura-kura tersebut. Kura-kura ini, selain sebagai ikon Pantai Kartini dan Kota Jepara, juga pernah menghebohkan penduduk di kawasan ini, Jawa Tengah, atau bahkan Indonesia. Konon, saat itu, seorang peramal kawakan (saat ini sudah menjadi almarhumah) yang ahli meramal masa depan artis dan membaca peruntungan di tahun yang akan datang meramalkan bahwa Kura-Kura ini akan menangis. Artinya, akan ada badai dan kemudian gelombang pasang tidal (tsunami) yang terjadi di wilayah ini. Wilayah ini akan tersapu dan hancur. Memang betul tidak lama kemudian, hujan pun turun dengan lebatnya. Belum pernah terjadi hujan seperti itu. Hujan bak dicurahkan dari langit dan laut pun pasang tinggi sekali. Air sudah mulai menggenang dan melebihi tinggi dari dinding pantai yang ada. Warga setempat, yang tidak menginginkan hal tersebut terjadi kemudian mengadakan doa bersama di ruangan bawah kura-kura ini. Mereka mengadakan dia untuk meminta keselamatan dan perlindungan. Nyatanya, doa mereka terkabulkan. Pasang tinggi yang terjadi tersebut kembali reda dan huajn pun berhenti. Anehnya, setelah hujan berhenti dan pasang kembali surut, posisi kepala kura-kura tersebut bergeser. Kepala kura-kura tersebut meliuk ke arah kiri. Padahal, dahulunya kepala tersebut menghadap lurus ke depan. Koq bisa yach?
Yach, terlepas dari benar atau tidaknya cerita kura-kura ini (mungkin ada pengunjung yang sempat menyambangi Pantai Kartini sekian tahun lalu dan bisa memastikan bahwa kepala kura-kura ini tidak bengkok?), kura-kura ini tetap layak untuk dikunjungi. Sebagai ikon, anda bahkan wajib berfoto bersama dengan kura-kura ini. Buat saya, biarkanlah cerita tersebut apa adanya. Kalau memang nyata, ya artinya memang semua itu terjadi karena kebesaran tangan Tuhan. Namun kalau memang isapan jempol sekalipun, biarlah semua ini menjadi legeda rakyat yang menarik di kalangan masyarakat Kartini dan Jepara. Karena keindahan dan orisinalitas bentuknya, saya sangat mewajibkan anda mengunjungi dan melihat patung kura-kura ini. Sekalian, anda bisa memastikan bahwa sejatinya hewan ini adalah penyu, bukan kura-kura. Lihat kakinya! Hehehe.

5 komentar:

  1. ngomong2 kalau akses ke tempat situ sulit gak ya?

    ReplyDelete
  2. Pantai Kartini ini? Nggak susah koq. Jaraknya juga nggak jauh-jauh amat dari Kota Jepara :) Waktu itu sich saya naik ojek. Kalau kesini, bisa naek becak juga koq :D

    ReplyDelete
  3. hmmm, lantas kenapa disebut kura-kura ya? apakah itu salah kaprah yang terlanjur menjadi kebiasaan ya?

    ReplyDelete
  4. ketok'e sich ngono toh yah Mas....hehehe..

    asal bentuknya bertempurung, berkaki empat, hewan reptil, semuanya disebut kura-kura...hahaha...

    ReplyDelete
  5. Kami tantang para semua yang suka bermain judi online
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    secara gratis.
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    PIN BB : D61E3506
    Whatsapp : +85598249684
    L ine : Sinidomino
    dewa poker

    ReplyDelete