Pesan Kebenaran Di Tengah Hutan Sitahuis

“Jangan Sombong…!!! Segalanya akan berakhir. Jangan berbuat jahat agar anak dan keluargamu tidak menderita. Perbuatlah yang terbaik dan berdoalah Tuhan pasti menolongmu. BERTOBATLAH…!!! Masih ada waktu”. Dari keremangan dan rimbunnya hutan, tiba-tiba saya dikejutkan oleh sebuah tulisan besar yang terletak di tepian belokan jalan ruas Tarutung-Sibolga. Tulisan ini dapat anda temui sebelum Batu Lubang apabila anda berasal dari Tarutung. Buat saya, ini sangat aneh karena di tengah-tengah hutan yang bersahaja, ada tulisan besar yang terbuat dari semen dan bukan itu saja! Tulisan ini diwarnai dan diberi corak timbul beserta hiasan, dan gambar warna-warni yang membuatnya sedemikian mencolok. Pertama, saya sempat berpikir apakah di lokasi belokan ini sering terjadi kecelakaan? Sehingga tulisan tersebut dibuat untuk memperingati dan agar setiap pelintas berhati-hati? Namun, saya telaah lagi lebih dalam maksudnya. Saya kira, maknanya lebih dari sekedar kecelakaan atau berhati-hati di ruas ini. Gambar orang yang sedang berdoa di sebelah tulisan (berdoa ala Nasrani di kiri dan berdoa ala Muslim di kanan) mengisyaratkan bahwa selain makna yang berkaitan dengan keagamaan, tulisan tersebut juga mengajak pembacanya untuk selalu berada di jalan kebenaran. Jangan berbuat jahat dan bertobatlah selagi sempat, tampaknya menjadi inti dari makna tulisan tersebut. Tulisan yang bagus, sebenarnya! Entah apakah di lokasi yang bersangkutan direncanakan untuk dibangun objek wisata iman, atau memang tulisan tersebut bermaksud mengajak saja, saya tidak tahu. Sayangnya, pelintas yang melewati tulisan ini terbatas, tidak banyak seperti di kota besar. Mungkinkah tulisan serupa dipasang di tempat yang ramai pelintas agar lebih banyak lagi yang membacanya?

0 komentar:

Post a Comment