Shift A Day Through Jakarta Bogor

Libur satu hari dan ingin membersihkan paru paru anda dari udara kotor? Wah, Jakarta gudang segalanya kalau begitu. Anda bisa melakukan banyak sekali hal mulai dari pergi ke mall atau tempat edu-wisata seperti akuarium atau kebun binatang. Intinya, Jakarta punya segudang lokasi yang dapat anda kunjungi guna menghabiskan waktu liburan anda. Permasalahannya, apabila anda bosan dengan yang itu-itu saja di jakarta, mengapa tidak mencoba sesuatu yang berbeda?

Saya sendiri lebih memilih untuk merefresh kembali udara di paru-paru saya yang kotor karena polusi dengan udara segar pegunungan guna merivitalisasi hidup. Jadi, bukan hanya situ saja yang perlu direvitalisasi, namun juga kualitas hidup seseorang.

Bogor menjadi tempat utama pilihan saya di kala hari libur itu dengan asumsi bahwa kota terdekat Jakarta yakni Bekasi dan Tangerang sudah memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Jakarta. Saya meyakini bahwa di hari itu, Bogor adalah tempat yang pas untuk menghabiskan hari plus mengosongkan udara kotor paru-paru.

Naik bus? Hmm...tentu saja Bogor saat ini bukan pilihan yang teramat sulit untuk dijangkau. Dengan bus dari berbagai terminal di Jakarta, anda dapat mencapai Baranangsiang dalam kurun waktu satu hingga dua jam saja plus ongkos terjangkau (satu jam dari Lebak Bulus). Dengan kereta, anda dapat mencapai stasiun Taman Topi dari Kota selama kurang lebih dua jam perjalanan, tetap dengan harga terjangkau. Ide lain? Tol jagorawi terlalu biasa untuk dilewati. Mau yang menantang? Gunakan kendaraan sederhana atau bahkan motor untuk menempuh jalan raya kota Bogor guna mendapatkan pengalaman yang menarik!

Mengapa saya sedikit dapat dikatakan kurang waras dengan ide ini? Motor yang saya gunakan hari itu adalah motor bebek dengan tekanan angin pada ban yang pas dan bensin penuh. Pada kondisi optimal sekalipun, dua jam perjalanan dari Jakarta menuju Bogor akan mempuat bokong anda pegal karena terlalu lama duduk di jok motor yang tidak bersahabat. Tapi, sesuatu yang menantang memang seru untuk dilakukan.

Berbeda dengan karakteristik jalan tol. Jalan raya menuju kota Bogor sungguh menarik karena ditinggali oleh penduduk dengan karakteristik yang unik. Transisi antara betawi area depok menuju sunda. Anda dapat merasakan interaksi yang lebih kuat daripada sekadar menempuh perjalanan mulus melalui kereta, bus ataupun tol.

Sebagai informasi, Bogor dapat ditempuh dari Jakarta melalui dua jalan raya utama yakni yang pertama lintas timur (Kramat Jati – Pasar Rebo – Cimanggis – Cisalak – Depok – Cibinong – Bogor) atau lintas barat (Lebak Bulus – Cirendeu – Pondok Cabe – Sawangan – Parung – Jampang – Kemang – Cimanggu – Bogor). Banyak faktor penentu mengapa anda memilih jalan yang satu dan teman anda memilih jalan satunya. Silahkan pilih sesuai dengan keinginan anda. Yang jelas, dari arah manapun, jalan lintas Jakarta – Bogor ini masih asri dan hijau. Sehingga, apabila anda memutuskan untuk bersantai dan tidak ngebut, maka sembari berjalan, anda dapat menikmati kesegaran udara di hijaunya jalan trans-Bogor ini. Yang perlu diperhatikan adalah titik titik kepadatan di kedua belah ruas jalan. Jalan lintas barat memiliki pusat kepadatan di daerah Sawangan dan pusat kota Parung (tidak direkomendasikan melewati Ciputat karena hampir dipastikan anda akan beroleh kemacetan di pasar Ciputat) dan lintas timur memiliki pusat kepadatan di Kramat Jati Pasar Induk dan di Pasar Cibinong.

Selamat menikmati perjalanan hijau dari Jakarta menuju Bogor. Memang, sedikit melelahkan karena anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih dua jam. Namun, berhubung yang anda lintasi adalah jalan raya, maka banyak sekali lokasi menarik yang dapat anda singgahi sebelum anda sampai tujuan, Bogor.


3 komentar:

  1. wah.. sungguh blog yang sangat bermanfaat bagi nusa dan bangsa!!!
    wekekekekek..
    LOMCEEEEEEEEEEEee... bahas juga dunk kuliner nya.. hohoho..

    gue baru pertama kali nya baca blog lo..rasanya akan gue teruskan ke halaman lainnya.. BAGUS!! TINGKATKAN PRESTASI MU NAK!!

    ReplyDelete
  2. bagoeshhhhhhhh...hihihihi

    kembangkan juga membaca prestasimu dan membaca blogku ya nak....

    sebarkan ke khalayak ramai yg membutuhkan yak...hihihihi

    soal kuliner...tenang aja...kesampaian koQ....

    ReplyDelete
  3. gimana caranya ke kramat jati atau lebak bulus? huhuhu..
    perjalanannya itu lewatin jalanan gede atau kecil ? berliku2 gaa?
    wekekeke..
    kapan ke bogor lagi naik motor? :D

    ReplyDelete