Sisi Lain : Vespa Di Becak Motor Siborongborong

Sekali lagi, saya akan menulis tentang becak motor yang beroperasi di wilayah Sumatera Utara. Walaupun tidak terlalu saya perhatikan, namun hampir di setiap daerah umumnya memiliki becak motor dengan gaya dan ciri khas-nya masing-masing. Uniknya, untuk wilayah yang berbatasan pun, becak motornya bisa jadi berbeda atau bahkan sangat berbeda. Kondisi ini saya dapatan di rute Dolok Sanggul – Siborongborong – Tarutung. Walaupun ketiga kota ini bertetangga, bahkan antara Dolok Sanggul dan Siborongborong yang hanya terpisahkan oleh jarak setengah jam, namun becak motor yang dimiliki masing-masing kota berbeda.
Secara umum, motor yang digunakan oleh becak motor di banyak kota adalah motor besar. Motor besar yang dimaksud disini biasanya adalah Honda Win yang suaranya menderu-deru dan agak berisik kalau lewat. Hihihi. Nah, di Siborongborong, becak motornya ternyata menggunakan Vespa! Ya, keunikan dari Kota Siborongborong adalah becak motor yang menggunakan motor Vespa sebagai penariknya di sebelah kanan. Untuk ruang penumpangnya, bentuknya juga cukup unik karena berbentuk hampir menyerupai kapsul, agak berbeda dengan Dolok Sanggul yang agak demokratis (baca : terbuka), atau bahkan Pangururan yang sangat liberal (baca : terbuka banget. Hahaha). Sayangnya, empat kali melintasi kota ini, empat kali pula saya selalu menggunakan angkutan publik. Saya nggak menyempatkan diri untuk turun dan mencicipi sejumput Siborongborong. Jadi, saya juga tidak memiliki kesempatan untuk naik becak motor-nya sama sekali. Penumpangnya sih mungkin nggak merasakan perbedaan kali yach? Kan, yang berbeda hanya di motor supirnya. Penumpangnya sih cuma duduk. Hihihihi.

0 komentar:

Post a Comment