Milah Milih Sarana Transportasi Di Ranah Minang

Atas nama “penghematan waktu”, kenyamanan dan kepraktisan, apabila anda dan teman-teman berniat menyambangi Ranah Minang dalam beberapa hari, terlebih akan menginap di sejumlah tempat berbeda, adalah sangat bijaksana apabila anda memilih menyewa kendaraan di Ranah Minang. Tentu, hal ini sudah jamak dan umum dilakukan karena anda dapat dengan mudah menemukan operator persewaan kendaraan yang dapat melayani anda disini. Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan kendaraan apa yang harus anda naiki berikutnya dan terhindar dari resiko terlalu lama di jalan. Karena, apabila menggunakan kendaraan pribadi, maka jarak yang anda tempuh adalah jarak dari kota satu ke kota berikutnya atau objek wisata satu ke objek wisata berikutnya. Tanpa ada jeda diantara dua titik atau pun resiko tersesat. Apabila anda pergi sendiri dan bergerak layaknya petualang, mungkin ide ini akan anda tolak mentah-mentah. Selain kurang terasa petualangannya, menyewa kendaraan bagi anda seorang diri bukanlah hal yang bijak. Hal ini dikaitkan atas nama budget dan anggaran. Saya yakin, pengeluaran anda akan membengkak jauh apabila anda nekad melakukan ini. Apabila anda berangkat sendiri, silahkan gunakan angkot dan bus antar kota yang menghubungkan kota-kota di Sumatera Barat. Beberapa kota di Sumatera Barat terhubung dengan kereta api seperti Sawah Lunto, Padang, Padang Panjang, Solok, Sinjunjung, Bukittinggi, Payakumbuh dan Padang Pariaman. Memang tidak terlalu praktis dibanding menyewa kendaraan untuk anda sendiri. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan membawa barang terlalu banyak yang pastinya akan membebani punggung anda nantinya. Jangan sampai bukannya berjalan dan menikmati keindahan alam namun anda malah beristirahat terlalu lama karena kecapekan dan bermaksud meluruskan punggung anda. Siapa yang mau?
Kendaraan di Ranah Minang kebanyakan berpusat di Padang sebagai ibukota propinsi. Kendaraan paling kecil yang dapat ditemukan disini adalah Xenia dan Avanza. Tampaknya tidak ada kendaraan yang lebih kecil dari 1.300 cc seperti city car yang dipergunakan disini. Ini wajar, mengingat bentang utama Sumatera Barat adalah perbukitan dan pegunungan. Begitu anda keluar dari Kota Padang, anda langsung disambut oleh lereng perbukitan curam yang tentunya menuntut kecekatan dan keterampilan supir yang membawa kendaraan. Supir saya sampai mematikan semua perangkat di dalam mobil, termasuk air conditioner dan radio agar mobil bisa menanjak di lereng. Kami semua sampai menahan nafas dan diam saking membiarkan sang supir berkonsentrasi pada tanjakan miring yang dilaluinya.
Kendaraan di Sumatera Barat kebanyakan disewa untuk 12 jam penuh (logikanya, adalah tidak mungkin bagi sang supir untuk berkendara 24 jam terus menerus karena alasan kesehatan sang supir dan keamanan penumpang. Bisakah anda membayangkan sang supir tidak tidur selama 24 jam dan kehilangan konsentrasi di tengah jalan?Terlalu menakutkan untuk dibayangkan yach?). Supir bisa ikut kemana saja tujuan anda (bahkan hingga luar propinsi) asal mendapat lokasi penginapan yang bisa digunakan untuknya beristirahat (terpisah dari biaya kendaraan, umumnya). Tarif untuk persewaan perhari berkisar antara Rp. 300.000 ke atas untuk kendaraan yang paling bawah seperti Xenia atau Avanza. Di atas itu, tersedia Innova, Grand Livina, Kijang, APV, dan Pregio. Untuk makan siang dan makan malam, umumnya di luar biasa sewa kendaraan. Pilihannya kembali kepada kita, memberikan uang makan kepada sang supir atau sekaligus mengajak sang supir makan bersama. Jadi, umumnya harga yang kita bayarkan adalah harga sewa kendaraan per hari ditambah dengan seorang supir sekaligus sebagai guide. Biaya bahan bakar kendaraan umumnya pun berada di luar biaya sewa kendaraan. Sebagai gambaran, satu liter premium seharga Rp. 4.500 dan kapasitas tangki kendaraan rata-rata di atas 35 liter saat pengisian penuh. Dalam satu hari perjalanan, tangki tersebut bisa dipakai hampir habis. Jadi katakanlah satu hari pengisian untuk pemakaian satu hari saja. Mengenai lokasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU), jangan kuatir. Di Sumatera Barat, lokasi SPBU cukup mudah ditemukan bahkan hingga daerah pelosok sekalipun. Anda tidak akan mengalami kesulitan berarti saat ingin mengisi bahan bakar kendaraan. Untuk uang makan, perkiraan sekali makan adalah sekitar Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000. Jadi, untuk makan siang dan makan malam, anda harus mengeluarkan pengeluaran ekstra sebesar Rp. 30.000 hingga Rp. 40.000 per hari. Makan pagi tidak diikutsertakan ke dalam kewajiban anda karena umumnya di hotel telah tersedia sarapan pagi atau jika kebetulan anda menginap di Padang, supir anda tidak perlu diberi biaya akomodasi/penginapan sehingga mereka bisa sarapan pagi di rumah masing-masing. Untuk biaya penginapan, apabila anda kebetulan bermalam di luar Kota Padang, anda cukup menambah biaya sekitar Rp. 50.000 hingga Rp. 75.000 per malam untuk penginapan termurah di kota/objek wisata tersebut. Apabila anda memiliki pengetahuan akan tempat penginapan yang lebih murah, anda bisa atur reservasinya. Tentu, ini bertujuan untuk mengehmat total pengeluaran anda.
Berikut adalah beberapa operator jasa persewaan kendaraan di Sumatera Barat :
• Uda Dodi (0852.6341.4288)
o APV / Xenia + Supir Rp. 350.000 / hari
o Makan siang dan makan malam beserta penginapan Rp. 50.000 tidak termasuk dalam tarif sewa kendaraan
• Padang Rent Car – Handi (0811.668.389)
o Avanza + Supir Rp. 300.000 / hari
o Makan siang dan makan malam beserta penginapan Rp. 50.000 tidak termasuk dalam tarif sewa kendaraan
• Pelangi Holiday – Rusdi (0811.660.140)
o Sukar / tidak bisa dihubungi
• Sutan Rajo Bendang (0812.670.1413 – 0751.784.1413)
o Grand Livina ( 7 orang ) + Supir Rp. 350.000 / hari
o Cukup irit bahan bakar, 1:16
o Makan siang dan makan malam beserta penginapan Rp. 50.000 tidak termasuk dalam tarif sewa kendaraan
• Keumala Holiday – David (0751.785.5145 – 0751.445.774 – 0812.671.9730)
o Avanza + Supir + Bahan Bakar + Penginapan Rp. 450.000 / hari
o Makan siang dan makan malam tidak termasuk dalam tarif sewa kendaraan
• Total Car Rental – Hengky (0811.218.494)
o APV + Supir Rp. 350.000 / hari
o Makan siang dan makan malam beserta penginapan Rp. 75.000 tidak termasuk dalam tarif sewa kendaraan
• Dhilla Auto Rental – Yenny (0751.785.9550)
o Avanza + Supir Rp. 300.000 / hari
o Innova + Supir Rp. 350.000 / hari
o Makan siang dan makan malam beserta penginapan Rp. 60.000 tidak termasuk dalam tarif sewa kendaraan
Apabila anda sangat puas akan pelayanan sang supir, tip sangat diterima dengan tangan terbuka. Apabila anda tidak puas, itu lain soal, namun apabila anda puas, silahkan berikan tip kepada sang supir yang telah mewujudkan rencana liburan anda menjadi begitu indah selama beberapa hari ini. Sedikit tip cukup untuk penghargaan bagi jasanya.
Untuk pembayaran, rata-rata operator menginginkan pembayaran hari pertama sebagai tanda jadi booking kendaraan. Pelunasan pembayaran bisa anda tangguhkan pada hari terakhir anda menggunakan jasa kendaraan tersebut. Disini, anda dituntut untuk bersikap tegas. Ada beberapa supir yang ‘nakal’ dengan meminta uang lelah atau uang rokok atau uang bensin pada saat awal-awal perjalanan. Anda diharap berbicara kepada pemilik jasa persewaan kendaraan akan hak dan kewajiban anda. Apabila anda hanya mendapatkan hak berupa supir dan kendaraan saja, artinya sang supir tidak berhak meminta uang lebih di luar biaya bensin, makanan dan penginapan. Anda berhak tahu setiap sen uang yang anda keluarkan. Jangan sampai anda ‘dikerjain’ oleh supir yang ‘nakal’ yang meminta anda mengeluarkan uang lebih untuk sesuatu yang tidak ada dalam perjanjian awal anda dengan operator pemilik jasa persewaan. Saran saya, apabila ada supir nakal yang meminta sesuatu yang tidak ada dalam perjanjian awal anda dengan pemilik kendaraan, segera tolak dengan tegas. Tip adalah urusan belakangan dan baru kita bayar apabila kita memang puas dengan pelayanan yang diberikan. Hal untuk memberi tip sepenuhnya berada pada tangan kita. Apabila anda puas, silahkan memberikan tip. Apabila anda tidak puas, kebebasan ada pada anda.

0 komentar:

Post a Comment