Persiapan Sebelum Ke Ranah Minang : Iklim, Aturan, Makanan, Interaksi dan Tips

Cuaca dan Iklim
Terletak hampir di khatulistiwa, Sumatera Barat beriklim tropis cenderung panas. Padang, ibukota Sumatera Barat adalah kota yang sangat panas berhubung lokasinya di tepi pantai. Kontur permukaan Sumatera Barat memang berbukit dan bergunung-gunung. Ada wilayah yang terletak di tepi pantai, ada pula tempat yang terletak di lereng gunung. Ketinggian wilayahnya berkisar dari 0 m dpl hingga 2912 dpl (Gunung Ophir, Pasaman Barat). Ini berarti, suhu di Sumatera Barat bisa sangat panas karena terletak di tepi pantai, bisa juga sangat dingin dengan ketinggian hampir mencapai 3000 meter dpl. Ini artinya, anda harus jaga diri dan waspada terhadap perubahan suhu yang sangat ekstrem. Tujuan wisata di Sumatera Barat sangat bervariasi, mulai dari kota-kota yang panas hingga kota-kota yang sejuk. Anda diharap agar selalu sehat pada berbagai kondisi ini. Jangan sampai anda tidak dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan suhu udara yang mengakibatkan anda jatuh sakit dan tidak dapat menikmati liburan dengan semestinya. Nyesel banget kan? Jadi, sangat penting untuk anda agar tetap mengkonsumsi vitamin selama perjalanan (terutama buat yang badannya lemah) kemudian jaga agar konsumsi makanan seimbang tetap dipertahankan. Kondisi paling umum saat travelling adalah sembelit dan susah buang air besar. Ini diakibatkan terutama oleh panas dalam atau tubuh sedang dalam proses adaptasi. Terlebih, makanan di Sumatera Barat kebanyakan berupa gulai dan santan. Dijamin, kondisi ini tidak akan menguntungkan bagi perut. Bisa jadi anda mengalami sembelit atau justru malah diare. Males kan kalau kemana-mana bawa sampah atau setiap sejengkal perjalanan, anda meminta pada supir untuk dicarikan toilet terdekat?
Suhu udara bisa menjadi sangat dingin terutama di saat malam hari atau hujan deras. Jaket yang baik digunakan saat panas maupun dingin sangat berguna sekali disini. Payung lipat kecil bisa menjadi pilihan namun hindarilah jaket terlalu tebal apalagi jas hujan. Percaya dech, ini semua hanya akan menghambat perjalanan anda.
Bawalah baju secukupnya dan berbahan tipis serta mampu menyerap keringat dengan baik. Untuk baju yang agak tebal mungkin bisa dibawa satu atau dua saja (mengingat bahwa kalau dingin kan orang jadi jarang keringatan, ya ngga?). Saya sendiri lebih nyaman mengenakan celana pendek sepanjang perjalanan agar tidak terlalu ribet dalam beraktifitas. Untuk para perempuan, sebaiknya perhatikan jenis celana yang akan digunakan. Mengingat Sumatera Barat memiliki nilai-nilai keagamaan yang masih dijunjung tinggi walaupun sudah cukup modern, sebaiknya anda membawa celana yang menutupi lutut. Celana 7/8 atau 3/4 disarankan. Bagi yang mau berenang (mengingat sebagian besar bentang alam yang kita kunjungi bernuansa air –danau, pantai-), ada baiknya membawa pakaian renang sendiri termasuk dengan kacamata renangnya yang bisa sangat berguna di Sikuai, misalnya.

Aturan LokalTentang Hotel-hotel di Sumatera Barat, mulai dari Padang hingga daerah pedalaman, sesuai dengan perkataan sebelumnya, masih menjunjung tinggi nilai-nilai adat. Sehingga, apabila anda berdua berbeda jenis kelamin dan tidak memiliki ikatan pernikahan, maka jangan harap bisa tidur berdua dalam satu kamar walaupun dengan alasan untuk menghemat budget dan pengeluaran. Di beberapa tempat bahkan mensyaratkan anda untuk membawa surat nikah. Merepotkan? Ya, sedikit. Namun, sayangnya aturan ini tidak berlaku pada para turis (terutama bule). Tampak jelas mereka bebas melenggang check in dengan pasangannya yang saya sangat yakin bukan pasangan aslinya. Saya juga menemukan ada keluarga besar yang terdiri atas belasan orang berkelamin campuran, boleh menginap dalam satu pondok besar. Entah, apakah masing-masing dari mereka membawa surat nikah atau tidak. Saya sendiri, apabila sudah menikah pun mungkin tidak akan repot-repot membawa surat nikah atau fotokopinya sekalipun. Apabila anda berada dalam anggaran yang terbatas dan kelompok anda terdiri atas jenis kelamin campuran, maka pilihlah kamar dengan harga termurah.

MakananSelama anda berada di S
umatera Barat, siap-siaplah untuk terbosan-bosan memakan masakan Padang. Pokoknya, segala sesuatu di tempat ini akan terlihat berbalado, berlado hijau, bergulai dan bersantan. Saya sendiri sudah mengalaminya ketika harus makan masakan sejenis untuk yang kesekian kalinya. Saya tidak anti masakan padang. Bukan saya anti masakan ini namun patut menjadi perhatian bahwa anda akan mengalami hal yang saya alami apabila dalam beberapa hari anda dicekoki makanan yang sama. Walaupun demikian, makanan di Sumatera Barat sebenarnya cukup bervariasi. Andalah yang harus pintar-pintar mengeksplorasi makanan di tempat ini. Jangan sampai karena anda kurang kreatif dalam mencari sehingga selama beberapa hari berturut-turut anda mengkonsumsi masakan Padang. Hati-hati kolesterol anda, bung! Tentukan beberapa restoran Padang atau masakan Minang yang ingin anda coba selama beberapa hari di Sumatera Barat. Sisanya, pilihlah sesuatu yang benar-benar lain namun tetap autentik khas kebudayaan Minang. Caranya tidak susah. Saya yakin anda hidup dalam lingkaran pertemanan yang lebar. Orang Minang walaupun hanya satu pastilah ada yang menjadi teman anda. Nah, dari merekalah rekomendasi makanan enak bisa tercetus.

Komunikasi
Untuk hal komunikasi, tampaknya anda tidak perlu takut terputus dari duni
a luar sementara anda berada di da
lam wilayah Sumatera Barat. Hampir semua wilayah bahkan hingga pedalaman telah tertutup oleh jaringan provider telekomunikasi terkemuka. Hingga ke dasar lembah sekalipun, anda tetap bisa mendapatkan sinyal handphone. Tidak ada alasan sama sekali bagi anda untuk mengganti-ganti kartu sim card anda ketika sampai di wilayah tertentu dan mengganti lagi ke sim card asal ketika sinyal sudah kembali didapat. Sebagai informasi, Sumatera Barat terbagi menjadi tiga kode prefix area telepon, 0751, 0752, dan 0759.
0751 untuk wilayah Padang, Pariaman, Solok, Pesisir hingga ke selatan.
0752 untuk Bukittinggi, Tanah Datar, Payakumbuh, hingga Agam dan Pasaman.
Sementara itu, 0759 hanya dipergunakan di Kepulauan Mentawai.
Untuk anda yang wajib mendaftar dengan prefix dan nomor baru sesampainya di kota tujuan, harap anda selalu melakukannya agar anda tidak terputus hubungan dari kerabat anda.

Interaksi Dengan Warga Lokal
Orang Minang adalah salah satu suku yang paling lihai berdagang, mungkin tidak diragukan lagi kualitasnya hingga ke seluruh Indonesia. Rumah makan Padang yang bertebaran di penjuru nusantara menjadi bukti tersebut. Namun, ini berarti anda juga harus wasp
ada terhadap kemampuan mereka ‘berdagang’. Kalau tidak hati-hati, malah mungkin anda harus membayar lebih daripada seharusnya. Bukan bermaksud negatif namun memang begitulah aturan dagang. Untung besar lebih baik. Ya toh? Tanpa maksud menyinggung etnis tertentu, uang bukan masalah bagi anda yang memang memiliki anggaran berlebih untuk perjalanan ini. Namun, bagi anda yang berada dalam anggaran yang cekak dan ketat, saya sangat yakin setiap sen sangatlah berharga dan diperhitungkan. Setiap akan melakukan transaksi apapun, selalu berhitung dengan teliti dan bicarakanlah hak dan kewajiban anda sebagai pembeli disini. Tentukan pilihan anda secermat mungkin dan jangan pernah merubah pilihan lagi setelah anda mendapat harga yang disepakati. Perubahan akan pilihan anda mungkin saja bisa menjadi celah bagi mereka untuk mengorek uang lebih dalam dari kocek anda. Bicarakan dengan jelas apa yang akan anda bayar dan apa yang akan anda dapat. Jangan biarkan mereka bicara dengan nada berkumur-kumur atau tidak jelas. Tanyakan dengan jelas dan detail setiap inci transaksi. Kalau perlu, untuk transaksi berukuran besar, selalu gunakan tanda terima atau kwitansi pembayaran. Pintar menawar adalah kunci anda bisa bertahan disini. Beda yach antara memeras dan pintar berdagang. Memeras tidaklah benar dalam segi apapun. Pintar berdagang adalah kemampuan untuk menciptakan setiap celah dan peluang menjadi daya untuk mendapatkan keuntungan lebih. Tentu, pintar berdagang dibarengi dengan kecerdikan otak dan logika yang baik. Logika yang baik membuat anda dapat menerim
a celah transaksi tersebut sebagai kesalahan anda. Saya sendiri mengalaminya dan membuat saya cukup waspada untuk mempertahankan agar anggaran saya tidak melenceng dan membengkak dari rencana.
Orang Minang sendiri sangatlah ramah. Mereka dapat dengan mudah bercerita tentang apa saja dan bangga akan tempat tinggal mereka yang memang bernobatkan lokasi yang aman di seantero Sumatera. Mereka mudah sekali memberikan informasi. Apabila anda bertanya, tampaknya tidak segan-segan mereka akan memberikan informasi kepada anda, mulai dari lokasi makanan, tempat penginapan, arah jalan, hingga tujuan yang ingin anda capai. Kerukunan hidup antara etnis dan ras disini sangat terjaga. Orang non etnis Minang di Sumatera Barat pun fasih berbahasa Minang sebagai bahasa keseharian mereka. Jarang atau bahkan tidak ada saya temui perlakuan diskriminasi disini. Saya berjalan kaki mengelilingi kota bahkan dengan berjalan kaki. Sungguh nyaman dan aman. Anda bisa pegang kata-kata saya akan tingkat keamanan yang tinggi di Ranah Minang ini. Saya sudah membuktikannya sendiri.

0 komentar:

Post a Comment