Sisi Lain : Bunga Papan Ucapan A La Nias

Ya ini mungkin cuma asumsi saya saja sich, namun karena bunga papan yang biasa tampak di sekitar tempat tinggal saya adalah papan bunga ucapan dengan bunga-bunga, maka saya jadi bertanya-tanya ketika melihat papan bunga yang lain dari biasanya ini. Papan bunga ucapan di Nias agak berbeda dan cukup menarik mata saya karena cukup mencolok mata dan tidak ada hiasan bunganya sama sekali sehingga saya kembali bertanya-tanya, masih relevankah untuk disebut bunga papan? Hehehe. Saya beberapa kali melihat bunga papan ini (tetap gunakan istilah yang sama saja yach) di tepi jalan, berderet-deret dan kebanyakan digunakan untuk mengungkapkan duka cita, alih-alih suka cita. Ya, beberapa bunga papan yang kebetulan berdiri di tepi jalan raya Gunungsitoli – Teluk Dalam ini memang mengungkapkan duka cita atas meninggalnya seseorang. Uniknya, seperti yang saya katakan tadi, tidak ada unsur bunga sama sekali yang digunakan di papan ini. semua ucapan dan hiasan tampaknya menggunakan material busa dan kertas krep yang dibentuk menjadi deretan kata-kata dan tulisan. Pemilihan materialnya sendiri cukup sederhana menurut saya, namun justru menjadikan bunga papan ini sangat mencolok dalam segi warna karena kertas krep dan busa memiliki warna yang mencolok dan menyala. Hmm...saya jadi bertanya-tanya, apakah di Nias tidak ada dataran tinggi sehingga menanam bunga potong agak sulit dilakukan? Tentu, dengan transportasi yang semakin baik seharusnya lalu lintas dari daratan Sumatera menuju Nias semakin mudah untuk dilakukan. Apakah nilai ekonomisnya belum tercapai kalau nekad membawa bunga dari daratan Sumatera? Atau karena kebiasaan dan adat sajakah? Atau justru ternyata Nias memiliki perkebunan bunga potong? Atau ada alasan lain? Bagaimana pendapat teman-teman?

1 komentar:

  1. Saya suka posting Anda. Begitu manis, begitu cantik, begitu lucu! Saya suka Gifting bunga juga. itu super menyenangkan dan kejutan yang indah untuk penerima.


    Board Flowers (=^.^=)
    Hadiah ulang tahun (^ _ ^)

    ReplyDelete