Kembali Ke Juanda

Ternyata…Juanda jauh banget! Dari pertama kedatangan, saya memang tidak menempuh jarak Kota Surabaya langsung dari Juanda. Dari Juanda, saya langsung bertolak ke Malang. Dari Malang, saya menggunakan kereta api untuk sampai pada Stasiun Gubeng. Jadi saya nggak tahu persis berapa jauhnya jarak pusat kota menuju Juanda. Dan, yah…ternyata jauh! Rasanya ada dech jarak 20 KM ditempuh demi mencapai Bandara Internasional Juanda dari pusat kota.
Pilihannya sebenernya ada dua, naik damri atau taksi. Damri menuju bandara sebenarnya bisa ditunggu di depan Hotel Olympic karena bus tersebut melintas di Jalan Urip Soemohardjo. Tapi, mengingat barang bawaan saya yang cukup banyak, rasa-rasanya pilihan damri akan merepotkan saya sendiri. Tambahan lagi, hari sudah malam dan waktu check in sudah agak mepet. Oleh karena itu, saya memilih taksi. Jarak cukup jauh harus ditempuh oleh taksi tersebut. Rasa-rasanya gak nyampe-nyampe. Apalagi supir taksinya mulai ngomongin tentang taksi di Jakarta yang lebih ‘buas’ dibanding taksi di Surabaya. Perampokan supir kepada penumpang atau sebaliknya bisa terjadi dimana saja. Supir taksi itu mengatakan bahwa Surabaya aman. Tidak ada hal-hal semacam perampokan taksi seperti yang terjadi di Jakarta (beliau mengatakan ini karena sebelumnya telah bertanya, kemana saya akan terbang pulang). Aduh Pak, tolong yach, nggak ada topik lain yang lebih melegakan hati untuk diomongin di dalam taksi yach? Mana taksinya melintasi jalan tol lingkar luar Surabaya yang entah kenapa, koq sepi banget yach? Jalan tol layang dua arah tersebut hampir kosong di dua sisinya. Rasanya saya nggak melihat adanya kendaraan lain yang melintas di kedua ruas tersebut. Hanya taksi yang saya tumpangi saja yang melintas. Saya sudah berpandang-pandangan dengan mata panik kepada teman saya. Apakah taksi yang saya naiki taksi yang ‘baik-baik saja’?
Bandara Juanda sebenarnya sudah terletak di luar perbatasan Kota Surabaya, tepatnya di wilayah Sidoarjo. Inilah mengapa jarak tempuh dari pusat kota menuju bandara cukup lama. Kalau anda hanya punya waktu sedikit untuk mencapai bandara sebaiknya tidak berkompromi untuk urusan satu ini. Naiklah taksi yang akan langsung mengantar anda ke tujuan. Tarif taksi yang saya naiki sekitar Rp. 95.000 untuk sekali perjalanan dari Surabaya menuju bandara. Alangkah lebih baiknya kalau anda menyediakan waktu panjang sehingga anda bisa dengan tenang menaiki damri tanpa terburu-buru

19 komentar:

  1. Helo Lomar! Info kamu tentang Jawa Timur amat menarik!

    Saya ingin menggunakan keretapi dari Malang ke Juanda. Di statiun manakah harus saya berhenti yang paling berdekatan pada Juanda?

    ReplyDelete
  2. Helo Alex! Terima kasih sudah mau mampir.

    Kereta Malang Express yang saya naiki tidak berhenti di banyak stasiun. Harusnya, kamu sebaiknya berhenti di Stasiun Wonokromo (satu stasiun sebelum Gubeng). Ini titik terdekat dekat Bandara Juanda (walau tidak terlalu dekat). Mungkin ada beberapa stasiun kecil lainnya yang saya tidak tahu namun dapat digunakan sebagai titik terdekat menuju Bandara Juanda. Mohon maaf atas keterbatasan informasinya :)

    ReplyDelete
  3. Hi...
    kami juga mau ke Surabaya awal April ini, bila dari bandara Surabaya kota wisata yg terdekat kota apa saja?....karena tempat menginap kami justru di tengah Surabaya belakang terminak panakan atau apa gitu....

    ReplyDelete
  4. Halo!

    Manukan barangkali? Terminal di Surabaya yang cukup besar tuh ada Oso Wilangon dan Purabaya (Bungurasih) yang sudah di wilayah Sidoarjo. Terminal dalam kotanya antara lain Manukan, Bratang, Joyoboyo.

    Kalau dari Manukan, mungkin enaknya ke Lamongan dan Gresik kali yach? ada Wisata Bahari Lamongan trus pantai2 di Gresik sama Pantai Kenjeran, ngeliat Suramadu :D
    kalau ke selatan, mainlah ke Sidoarjo atau lanjut ke Tretes, Pasuruan dan Trawas, Mojokerto. Kalau punya waktu lebih, sambangilah Lawang, Malang, Kota Malang dan Batu :)

    Selamat jalan-jalan di Jawa Timur yach :D

    ReplyDelete
  5. klu mau ke stasiun wonokromo dari juanda enaknya naik apa mas?klu taksi kira2 berapa ya tarifnya?

    ReplyDelete
  6. Dear Mr. Anonim.

    saya belum pernah naik angkutan langsung dari Juanda ke Wonokromo. Jadi maaf, saya nggak bisa memberitahukan informasi ini. Mungkin teman-teman yang lain bisa memberitahukan? terima kasih :)

    ReplyDelete
  7. klo dari juanda mau ke wbl yg murah naik apa ya?klo pke taksi kira2 brpa tarif nya?mkch

    ReplyDelete
  8. WBL=Wisata Bahari Lamongan yach? Hmm...saya belum pernah kesana. mungkin teman-teman ada yang bisa membantu? arahnya utara Surabaya yah...

    ReplyDelete
  9. wih, bagus bgt info nya..
    ayah saya rencana dari bali ke surabaya naik bus..
    terus dari surabaya ke medan naik pesawat langsung tanpa transit ( air asia )..
    denger info km ini menarik bgt.. jd tau jarak dari surabaya ke bandara juanda jauh bgt..
    weleh weleh.. hehehe thanks infonya..

    ReplyDelete
  10. Halo Muly :)

    Jarak dari Surabaya Kota yah maksudnya. Juanda sih terletak di perbatasan antara kota dengan Sidoarjo. Makanya, lumayan jauh jaraknya.

    Makasih kembali sudah datang :)

    ReplyDelete
  11. hallo bro...
    mau tanya nih...???
    klo saya dari jogja pake KA, saya harus Tarun di stasiun mana ya,..?? yg terdeket untuk menuju ke bandara JUANDA... makasih :)

    ReplyDelete
  12. Halo Bro,

    Wonokromo sich harusnya. ADa beberapa stasiun lain seperti Waru, Gedangan, Sepanjang, atau Kemendung. Tapi saya nggak yakin KA akan berhenti di stasiun-stasiun tersebut :)

    Terima kasih kembali atas kedatangannya :)

    ReplyDelete
  13. Hi.....
    saya memang ada rencana mau ke surabaya dari jogja pakai kereta api ekskutif yang tentunya tujuan stasiun gubeng apakah nanti akan berhenti di stasiun wonokromo?

    ReplyDelete
  14. Wonokromo sih stasiun lumayan besar yah. harusnya sih berhenti. tapi sebaiknya tanya lebih lanjut ke jenis keretanya, apakah mereka akan berhenti atau ngga kali yah... kalau ke Surabaya dari yogya artinya naik Bima bukan?

    ReplyDelete
  15. hello..
    jogja-surabaya bisa naik sancaka, lebih murah dari bima. ada eksekutif dan bisnis juga
    sancaka berhenti di wonokromo. bisa liat di
    http://www.kereta-api.co.id/

    ReplyDelete
  16. makasih Cie buat infonya ^^

    ReplyDelete
  17. Bank Lomar,kl mau naek kreta eksekutif ke Jember,dr bndara Juanda sebaiknya k stasiun Gubeng atau Sidoarjo?Lebih dkt mana?Dr info yg sy trima,daerah situ slalu macet maka sy brncana naek ojek k stasiun.Kl naek ojek kira2 bth wktu brp lama?

    ReplyDelete