Pantai Sindhu a.k.a Pantai Bonsai Café di Selatan Sanur

Sebenarnya nama ini kayaknya merupakan penamaan lokal untuk pihak tertentu yang mengelola bagian dari Pantai Sanur. Yap, Pantai Bonsai Café atau Pantai Sindhu sebenarnya masih merupakan bagian dari Pantai Sanur di bagian timur Bali. Dengan jarak sekitar 15 menit waktu tempuh dengan kendaraan shuttle dari Hotel, berkunjung ke Pantai Shindu cukup mengasyikkan juga. Buat anda yang tidak menginap di Sanur Plaza Hotel, mungkin kunjungan ke pantai ini tidak akan pernah terpikirkan. Begitu juga dengan saya.
Namun, berhubung saya menginap di Sanur Plaza Hotel, dan ada fasilitas shuttle bus gratis dari Hotel menuju Suite Hotel, Hardy's Shop dan Pantai Bonsai, maka iseng-iseng buat mengisi waktu, pilihan ke Pantai ini pun dibuat.
Dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dan masih merupakan bagian dari Sanur, Pantai Sindhu ternyata menawarkan sejumlah kelebihan diantaranya berupa kondisi pantai yang tenang, unik dan akomodasi yang memadai. Sebagai contoh, pada beberapa bagian pantai, terdapat batu batu besar bulat yang memenuhi pantai sehingga memebntuk semacam tanggul sebelum kita dapat mencapai pantai yang sebenarnya. Terdapat pula semacam gazebo di dekat pantai sehingga kita bisa berfoto-foto (tentunya) dan menikmati santap malam disini (mungkin bukan malam, tapi pagi atau siang kali yach?!). Beberapa bagian pantai cukup landai dan dipenuhi oleh perahu-perahu nelayan yang cantik dan berwarna-warni, sesuatu yang agak sulit ditemukan apabila kita berkunjung ke Kuta. Kelebihan lainnya, pantai ini sangat sepi mengingat kunjungan wisatawan sudah dapat dipastikan tersedot ke Pantai Kuta.
Lapar atau capek? jangan kuatir, jejeran hotel dan resort seperti salah satunya Bonsai café dan SAnur Plaza Suite terletak di tepi pantai ini (dilengkapi dengan bangku bangku pantai untuk berjemur pula!). Yap, sepanjang menyusuri pinggiran pantai, saya menemukan sejumalh restoran, baik yang berkesan mahal ataupun yang tampaknya dikhususkan untuk backpacker dengan tarif yang murah meriah.
Berjalan lebih ke arah utara, maka sekarang saatnya untuk memanjakan mata dengan jualan khas pasar. Ada Pasar Sindhu di bagian utara pantai ini. Berkorelasi dengan sepinya pantai, pasar ini juga sepi. Beberapa ning cenderung duduk-duduk di depan kiosnya dan tidak terlihat terlalu agresif juga dalam menawarakn dagangannya. Hal ini sangat berbeda apabila anda pernah berjumpa dengan pedagang dari Legian atau Sukawati. Namun, kehidupan masih bergerak di pasar oantai ini, sejumlah wisatawan dengan keluarganya masih setia dengan pantai Sindhu yang tenang dan syahdu.
Penasaran dengan pantai yang namanya tidak terlalu terkenal ini? coba deh jalan sekian kilometer ke arah bawah dari Jalan Raya Bypass Ngurah Rai dari Sanur. Selang berapa jauh, nanti anda akan bertemu pintu masuk Bonsai café. Nah, sebelum masuk ke Bonsai Café ini anda akan disuguhi dengan berpot-pot pohon bonsai. Sempetkan foto-foto disini. Nah, setelah selsai berfoto dan memasuki sebuah restoran, Pantai SIndhu sudah terbentang di depan anda.

1 komentar:

  1. wihh..keren juga nih postingan.
    bisa jd referensi bagi yg mo ke bali.

    ReplyDelete