Sekilas Sumatera Barat

Ranah Minang, begitu masyarakat Indonesia menyebutnya. Siapa sich yang nggak kenal dengan Sumatera Barat (Sumbar)? Hampir semua orang Indonesia tahu akan Sumatera Barat. Mau coba bukti? Perhatikan deh, sampai pelosok-pelosok wilayah Indonesia pun anda akan menemukan Restoran Masakan Padang. Makanan Padang itu sendiri sangat khas dengan cabai, pedas, gulai dan santannya. Ya, jangan-jangan inilah salah satu jenis kuliner yang paling populer tersebar di seluruh Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, dari Nemberala sampai Miangas. Walaupun tidak selalu berasal dari Padang, namun masakan ini sudah terkenal dengan nama Masakan Padang, bukan dengan nama kota lainnya di Sumbar. Intinya, segala sesuatu yang menggunakan santan, bergulai, dimasak balado, dan ada jeroannya pastilah langsung dinamakan Masakan Padang. (bukannya Masakan Bukittinggi, Masakan Payakumbuh, Masakan Solok atau Masakan Agam, dst)
Terletak di tengah-tengah pulau Sumatera, Ranah Minang (tentunya karena penduduknya sebagian besar bersuku Minang) memang cantik. Wilayah yang terletak di ‘punggung’ Bukit Barisan ini sangat tersohor akan kecantikan alam dan destinasi wisatanya. Ranah Minang masuk dalam sepuluh besar destinasi wisata utama di Indonesia. Dikaruniai dengan deretan gunung berapi, danau kawah, bukit dan tanah yang tidak rata, Urang Minang boleh berbangga karena dengan kontur alam yang sedemikianlah mereka dapat menyambut tamu-tamu dari luar untuk berkunjung ke ranah mereka. Pasti, dijamin kita yang bakunjuang kesini bakalan berdecak kagum tiada henti di setiap titik sudut wilayah ini. Menakjubkan dan bener-bener liburan sejati!
Beribukota di Padang, wilayah ini menawarkan berbagi pesona bentangan alam yang tiada duanya di Indonesia. Mau lihat lembah, air terjun, danau, pantai, gunung berapi, bukit, hutan dan kekayaan budaya dalam satu hari? Anda harus berkunjung ke Ranah Minang! Semua kekayaan bentang alam itu memang tersedia disini dan hampir bisa dicapai dalam waktu satu hari perjalanan saja. Mau lihat pantai, silahkan ke pantai barat Sumatera. Kalau mau liat perbukitan dan gunung, mainlah ke dataran tinggi di jantung wilayah ini. Nggak susah mau cari objek wisata di tempat ini. Seakan-akan, hampir semua tempat adalah objek wisata. Yang asik di tempat ini memang pemandangan alamnya yang tentu akan menyegarkan jiwa kita setelah penat dengan segala keruwetan hidup. Yuk, rencanakan perjalanan anda ke wilayah ini. Hampir semua maskapai punyai jadwal penerbangan atau pelayaran untuk sampai di tempat ini loch. Cobain juga donk masakan Padang di tempat aslinya. Rasakan bedanya.

5 komentar:

  1. sumatra barat adalah salah satu perpaduan yg sangat menjual dan menggoda...
    kuliner, alam nya yg cantik, sejarah islam dan perdagangan sumatra yg sempat berpusat di sumbar, budaya minang nya, rumah gadang nya, serta cerita rakyat semacam Siti Nurbaya dll..semua nya menarik untuk dijelajahi...
    gak salah kalo Sumbar menjadi salah satu daerah yg banyak didatangin pelancong..

    ReplyDelete
  2. aku org Padang lhooo....

    udh pernah ke Padang, kan?!

    aku yg tinggal di padang aja ga puas klw hanya ngunjungin sekali tempat2 rekreasi...

    salam kenal ya....
    ^_^

    ReplyDelete
  3. @Ferdi : iyah...sudah ke Padang dan emang indah bener. Rancak bana! masih banyak spot yg belum aku lihat...hehehehe salam kenal yach

    @Eros : Thanks banged yah buat supportnya. Yup, walaupun ga sesuai (ngarepnya kan netbook...hehehehe)tapi aku sudah bersyukur bisa menang dan mendapat hadiah flashdisk 8GB :) pasti, ini akan menjadi cambuk terusan bagiku untuk terus berkarya dan nulis terus :)

    salam kenal yach

    ReplyDelete
  4. wuichhh..semakin mantab aja uslsan lo bro..n semaklin jalan2 nich kayaknya...bikin ngiri...
    gwa juga dari padang....aslinya

    ReplyDelete
  5. hehehe....makasih yaaaa...:D
    sama sama....blog awak juga keren....sampai ke Kalimantan...saya mau banged bisa keliling Kalimantan tuh...:D

    Tambuo Ciek! ^^

    ReplyDelete