Pesona Kuliner Vintage di Ragusa

Ragusa di Italia? ga sepenuhnya salah sich... Tapi Ragusa yang ini adanya di Veteran 1, Juanda. Mendompleng nama tempat di Italia, tampaknya Ragusa ini memang memiliki sejarah panjang yang berhubungan dengan eropa sana. Semenjak tahun 1932, begitu diklaimnya. Para pendiri tempat ini juga tampaknya adalah orang-orang holland dahulu yang pernah bertugas di Indonesia pada jaman penjajahan. Walaupun sekarang sudah diakuisisi, bahasa kerennya, sehingga kepemilikannya beralih menjadi lokal, namun Ragusa yang satu ini tetap ciamik, tetap vintage dan terus memperhatikan sejarah masa lalunya.

Adalah Es Krim Italia Ragusa yang terletak di Veteran 1, bersebelahan dengan Mie Menteng dan Dapur Baba. Sesuai namanya, tempat makan ini hanya menyediakan es krim saja. Harga es krimnya bervariasi, mulai dari yang termurah 10.000 rupiah hingga 20.000 ke atas untuk es krim kelas premium (Spaghetti Ice Cream, etc). Tentunya, selain es krim, tempat makan vintage ini juga menyediakan minuman yang cukup populer seperti adalah kelapa dalam sirup melon yang sungguh enak dan segar. Mulai dari rasa standard seperti Vanilla, Strawberry hingga Mocca atau yang sedikit nyeleneh dan berkelas premium seperti Nougat, dan Rum Raisin semua tersedia disini.

Hidangan lain yang dapat dipesan adalah sate ayam, mie juhi maupun otak-otak yang menjajakan dagangannya di depan Es Krim Ragusa ini. Jangan khawatir, banyak orang sudah melakukannya. sembari memesan es krim, mereka memesan makanan dari luar untuk dibawa masuk dan dimakan bersama hidangan es krim tersebut.

Interior bangunannya sendiri memang tergolong vintage. dinding yang bersemen serta dicat shiny, dibuat menjadi model ulir. Foto-foto keikutsertaan Ragusa dalam Pasar Gambir, suasana di dalam ruangan, foto foto pendiri serta foto anekan jenis hidangan es krim di tempat ini memenuhi dinding.

Kalau anda pernah berkunjung ke Medan, anda pasti akan segera merasakan aura yang sama seperti Tempat Es Krim Tip Top. Pesona Es Krim Vintage memang tersebar banyak di negeri ini. Teman saya yang asal Solo pernah menginformasikan bahwa di Semarang dan Surabaya, terdapat tempat serupa untuk es krim vintage seperti ini. Hm...jadi ingin mencoba pesona kuliner es krim jadul di berbagai tempat di Indonesia.

Hal lain yang tampak jadul adalah benda benda elektronik di dalam tempat tersebut. salah satu benda elektronik yang sangat eye catchy adalah mesin cash register yang sangat old fashioned. Bayangkan, tampilan angkanya seperti speedometer pada motor, namun dengan warna putih dan background hitam khas old-fashioned. Sayangnya, tempat meletakkan uang di bawahnya sudah berubah menjadi modern dan disana terdapat juga TV berwarna LG 21 inch di atas pintu masuk. Yah, memang, nostalgia vintage tidak terlepas dari dukungan produk masa kini.

0 komentar:

Post a Comment