Jakarta - Cikampek Yang Lurus

Adalah sebuah jalan tol yang sangat terkenal di sebelah timur Jakarta, yang menghubungkan Jakarta dengan Cikampek. Jalan tol ini sedemikian terkenalnya pada era pertengahan 90-an karena banyaknya kecelakaan yang terjadi di jalan tol ini sehingga masyarakat umum menganggap bahwa jalan tol ini tergolong angker.

Jalan Tol Jakarta Cikampek yang kita bicarakan disini membentang sejauh kurang lebih 50-60 kilometer dan melewati berbagai daerah di Jawa Barat, mulai dari Cawang, Pondok Gede, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek. Selain menuju Cikampek sebagai tujuan akhirnya, jalan tol ini juga menghubungkan beberapa kota mulai dari Cirebon, Bandung (Via Cipularang), Tegal, Tasik, Garut, dan Jawa Tengah. Keistimewaan jalan tol ini adalah jalannya yang hampir selalu lurus sepanjang jalan mulai dari Jakarta hingga Cikampek serta lebar jalurnya yang cukup bervariasi, mulai dari 2 hingga 3 jalur. Selain itu, banyak rest area yang cukup menarik dan modern yang dapat dimanfaatkan sepanjang area ini apabila anda menyimak dengan jelas semua perjalanan, mulai dari kilometer 19, 39, 52 dan 57. Sisanya adalah rest area kecil yang cukup berguna juga dalam situasi darurat walau tidak sebagus dan serapih rest area yang tadi saya sebutkan tadi.

Rest area pertama yang menonjolkan kualitas dan lifestyle pertama kali dibangun di kilometer 19 Jalan Tol Jakarta Cikampek, tepatnya di daerah Bekasi Barat. Di rest area KM 19 ini selain terdapat Gas Station by Pertamina, terdapat pula Starbucks Coffee, Mc Donald, Dunkin Donuts, Pizza Hut, Pujasera dan Alfamart. Kelihatannya bukan seperti rest area, tapi suatu tempat untuk hang out yach? hehehe

Apabila Bekasi masih terlalu dekat dengan Jakarta, silahkan lanjut ke rest area berikutnya di Cikarang yang sudah mulai berbukit-bukit, tepatnya di KM 39. Hampir serupa seperti KM 19, rest area ini memiliki tempat parkir yang luas, McD, KFC, Dunkin, Pujasera dan dua buah Alfamart. Selain itu banyak sekali café-café kecil di lokasi ini dimana anda dapat menikmati al fresco dining di sini. Memang, antara 19 dan 39 tidak terdapat Rest Area yang cukup cozy walaupun masih terdapat beberapa tempat perhentian yang ala kadarnya. Pemandangan indah yang dapat anda temui untuk daerah ini adalah perbukitan kecil-kecil yang mengapit di sisi kanan dan kiri jalan tol plus beberapa bangunan industri serta sawah.

Next destination is Karawang, dekat dengan Rengas Dengklok. Apakah nama tersebut mengingatkan anda akan sesuatu? yang jelas, lokasi perumusan naskah proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik berada disini. Sayangnya, rest area 52 waktu itu sedang ditutup. Kemungkinan besar sedang ada perbaikan atau sesuatu, sehingga kita melaju lagi ke rest area terakhir di jalan Tol Jakarta Cikampek, berlokasi masih di Karawang, dekat dengan Kota Bukit Indah, Cikampek maupun exit Sadang, atau di Kilometer 57. Yang jelas, struktur daerah ini sudah sungguh berbeda dengan rest area sebelumnya karena makin menjauh dari wilayah Jakarta. Hutan dan persawahan serta bukit makin mendominasi wajah wilayah ini. Di rest area ini, selain terdapat gas station pada umumnya, terdapat K Circle Mart, Alfamart, KFC, Solaria, dan beberapa rumah makan pada umumnya. Selain itu, salah satu yang menarik disini adalah adanya sebuah Masjid untuk peribadatan umat Muslim yang bernama Al-Taubah. Dekorasi dari masjid tersebut, plus hiasan arsitekturnya sungguh indah, pantaslah kalau masjid ini menjadi icon dari KM57 rest Area. Pada saat kunjungan, di lokasi ini sedang berlangsung pemotongan hewan qurban sehubungan dengan Hari raya Idul Adha yang berlangsung tepat di hari saya mengunjungi rest area ini. Gas station di rest area ini bahkan diklaim sebagai rest area terbaik dan terakurat dari segi kualitas dan kuantitas se-Indonesia.

Apapun pilihannya, silahkan pilih rest area yang cocok dengan pilihan anda selama perjalanan anda menuju Cikampek dari Jakarta ataupun menuju Bandung. Tidak perlu berhenti di setiap rest area sepetri yang saya lakukan, namun pilihlah rest area yang sesuai dengan kebutuhan anda. Apabila anda nekad, maka Jakarta Cikampek yang umumnya dapat ditempuh selama kurang lebih satu jam dengan kecepatan biasa, maka akan molor menjadi 2,5 jam karena harus mereview semua rest area arah Cikampek tadi.

3 komentar:

  1. ...and i quote "Pada saat kunjungan, di lokasi ini sedang berlangsung pemotongan hewan qurban sehubungan dengan Hari raya Idul Fitri yang berlangsung tepat di hari saya mengunjungi rest area ini. Gas station di rest area ini bahkan diklaim sebagai rest area terbaik dan terakurat dari segi kualitas dan kuantitas se-Indonesia"

    pemotongan hewan qurban dilakukan pada Hari raya Idul Adha

    ReplyDelete
  2. Waks...maap maap...

    makasih yah Reza

    maapkan juga karena salah ketik antara Idul Fitri dan Idul Adha...

    pelajaran penting nich : check n recheck lagi spelling dan ejaan sebelum posting. maap yach sekali lagi n thanks banged buat koreksiannya...^^

    ReplyDelete
  3. lesson learned boss, keep on travelling ya...nice blog btw

    ReplyDelete