South Sulawesi In Handicraft

Salah satu pusat penjualan handicraft / barang kerajinan tangan khas Sulawesi Selatan, Emas, dan makanan khas serta penganan adalah di Somba Opu. Wilayah yang sering dikategorikan sebagai kantongnya chinese Makassar ini memang merupakan sentra perdagangan terpenting di wilayah Makassar dan sekitarnya. Jalan Somba Opu ini pun telah diresmikan menjadi pusat perbelanjaan (sayangnya, gapura besar yang menyambut setiap tamu yang masuk telah tampak rusak dan beberapa hurufnya hilang).

Beberapa jenis komoditi utama yang dijual disini memang produk umum Sulawesi dan secara khusus Sulawesi Selatan. Mulai dari ujung gerbang hingga ujung jalan satunya lagi, anda akan banyak menyaksikan toko-toko yang berjualan produk komoditi ini. Seperti salah satu contohnya di gerbang awal terdapat salah satu toko cendera mata yang dikelola oleh warga keturunan chinese dan menjual berbagai produk pendukung pariwisata seperti kerajinan kayu (baju perang Bugis, Perahu Pinisi miniatur, boneka miniatur pakaian adat Sulawesi Selatan, aneka pecah belah, hiasan dinding, kain songket, miniatur manusia, pahatan kayu dengan bentuk hewan seperti anoa, tapir, babi rusa, komodo, biawak, peralatan perang Bugis, miniatur Tongkonan, rumah khas Tana Toraja), peta pariwisata periplus, kerajinan emas dan perak (gelang, cincin, kalung, berbagai aksesori), produk oleh-oleh (gantungan kunci a la Ujung Pandang, Papan Nama, Gantungan pintu, hiasan tas), dan benda awetan seperti Kupu-Kupu dan banyak jenis serangga awetan yang tampaknya memiliki sentra pembuatan utama di Bantimurung, Maros. Cantik sekali kupu-kupu yang diawetkan dalam pigura kaca atau kumbang tanduk dalam amber tiruan.

Semakin masuk ke dalam Somba Opu, anda akan semakin berjumpa dengan deretan toko mas, restoran khas chinese, dan yang lebih menarik adalah makanan serta penganan khas SUlawesi Selatan. tentu saja, yang khas dari Sulawesi Selatan adalah kacang jagonya. kacang yang sering sekali disebut dengan kacang telur atau kacang matahari di Bali ini memang khasnya SUlawesi Selatan. dengan simbol ayam jago, kacang ini menawarkan berbagai varian rasa, mulai dari yang pedas, manis hingga asin. Jenis produk lainnya yang dapat ditermukan disini ialah kopi Makassar. Namun, penghasil kopi terbesar di daerah ini, bukanlah Makassar, melainkan Malino. Malino disini, selain dikenal sebagai daerah penghasil kopi dan teh, daerah ini juga dikenal sebagai daerah pariwisata pegunungan dan perkebunan. Produk lainnya ialah sirup markisa khas SulSel. Dijual dalam berbagai jenis kemasan, mulai dari kemasan beling hingga plastik. pesaing terbesar propinsi ini dalam menghasilkan markisa mungkin hanya ditandingi oleh Sumatera Utara.

Produk lainnya yang mungkin menarik untuk anda bawa pulang adalah produk makanan seperti manisan, dodol, dan beberapa jenis makanan lainnya. Sementara itu, untuk anda yang menggemari kerajinan tangan, kemasan kopi dan teh dapat menjadi alternatif oleh oleh yang menarik tentunya! anda dapat membeli kemasan yang unik beserta isinya sudah dipack di dalamnya ataupun membeli secara terpisah baik kemasan maupun isinya untuk anda isi sendiri. Selain itu, di lokasi sejenis supermarket ini, anda dapat membeli kaos atau baju bertuliskan Makassar, Ujung Pandang, Tana Toraja atau lain sebagainya.

Di depan toko toko tersebut pada umumnya sejumlah mobil berbaris rapi diparkir. Banyak sekali yang menjual berbagai penganan hangat seperti serabi, kue pepe, bahkan hingga buah langsat (sejenis duku). Hati-hati ketika berhadapan dengan pengemis ataupun tukang parkit. Tanpa bermaksud menakut-nakuti, daerah Makssar adalah salah satu kantung penderita kusta di Indonesia. Walaupun sudah banyak yang sembuh, namun kita tidak bisa menduga apakah orang yang kita hadapi tersebut telah benar-benar semubuh dari kuta atu tidak. Seringkali, ketika kita memberikan uang ataupun membayar parkir, kita melakukan kontak fisik ringan baik dengan pengemis ataupun tukang parkir tersebut.

6 komentar:

  1. Mantap Lomar! hehe entar klo gw balik elo jd guidenya aja heheh

    ReplyDelete
  2. wkwkwkwkw...

    silahkan.....ga usah dibayar ga papa...tapi gue dibayarin kemana2 yach..heuheuheu

    ReplyDelete
  3. Lom...keren lo udah jalan2 keliling indonesia...hahahahaha...udah ke makassar blum??? gw mg dpn ke makassar...tau tmp2 yg oke?? btw, kapan lo pergi2nya??? klo kita ketemu lagi crita2 ya...hehehehe


    Lele^^

    ReplyDelete
  4. udah tapi waktu itu dalam rangka kawinan sodara, jadi ga puas....hikx....anyway le, lo dalam rangka apa ke makassar? kerja atau jalan? asik yach bisa jalan2. udah lama nich ga jalan2 hehehehe....

    gue perginya februari 2007 udah setaun lalu hehehe...yang oke di sana cuma pantai losari, pantai akkarena, somba opu street...hmmm sama bantimurung (tapi lokasinya agak jauh dari makassar)...

    ati2 di jalan dan enjoy ur trip yach Le......hehehe

    ReplyDelete