Ayo Berolahraga Air di Nusa Dua dan Tanjung Benoa!

Disebut-sebut sebagai lokasi paling "pas" untuk olahraga air di Bali, Tanjung Benoa sekaligus Nusa Dua sangat tersohor untuk urusan ini. Terletak di Bali bagian selatan, wilayah Tuban, dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam dari Kuta, pesona tempat ini bagaikan magnet yang menarik para wisatawan. Sepanjang perjalanan menuju ujung Benoa, mata anda akan dimanjakan oleh daerah pesisir Bali Selatan yang dipenuhi dengan tanaman bakau dan pantai serta jalan yang agak berbukit-bukit (naik turun). Nama Nusa Dua sendiri tampaknya sangat lekat sekali dengan Tanjung Benoa sehingga penyebutannya selalu Tanjung Benoa dan Nusa Dua. Kedua wilayah ini merujuk pada dua lokasi yang berbeda. Ketika di daerah Tuban, Kuta Selatan, anda akan dihadapkan pada percabangan jalan di Jimbaran yang menuju Uluwatu (arah kanan) atau Benoa (arah kiri). Nah, ketika anda menyusuri jalan raya tersebut yang dipenuhi [pohon bakau, anda akan bertemu dengan Nusa Dua terlebih dahulu, baru berakhir di Tanjung Benoa, suatu bagian dari Bali Selatan yang mencuat ke dalam ke arah Pulau Bali besar.
Di jalan yang tidak terlalu lebar ini (hanya dimuati oleh dua buah mobil arah berseberangan), anda akan menemukan berbagai hotel mewah dan lokasi olahraga air. Silahkan pilih. Untuk harga, kebanyakan dari mereka memang tidak mematok rentang harga yang terlalu terlampau jauh. Akan tetapi, akan lebih bagus apabila anda memiliki kemampuan untuk menawar paket olahraga air yang ditawarkan atau justru malah berkesan jual mahal agar mereka mau menurunkan harganya sehingga anda senang, mereka pun senang karena ada yang menggunakan jasanya. Paket olahrga air yang ditawarkan disini cukup beragam, mulai dari yang standard seperti banana boat, parasailing, speed boat, snorkeling, hingga yang agak aneh dan baru seperti misalnya flying manta (saya belum pernah mencobanya!). Untuk harga, sebenarnya semua berada pada kisaran harga normal namun tetap bisa ditawar hingga maksimal setengahnya (ini dengan usaha yang sangat keras sekali!). Untuk olahraga yang umum yang banyak diminati seperti banana boat atau parasailing, anda bisa saja mendapatkan harga murah apalagi jika anda datang dalam kelompok. Namun, untuk yang agak aneh seperti flying manta yang tadi disebutkan, agak susah untuk mendapatkan harga murah sehubungan dengan jarangnya olahraga tersebut dan peminat yang belum terlalu banyak. Sedikit saran, apabila tidak tertarik, maka anda bisa berkata dengan sopan bahwa anda tidak menginginkan olahraga air kepada Bli yang menawarkan. Tidak usah bertanya tentang harga apabila anda tidak berniat berolahraga sebab mereka akan merayu anda sampai dapat apabila anda terlihat tertarik dengan penawaran mereka (anda baru datang sekalipun akan langsung ditawari oleh mereka!). Jangan kuatir, biasanya selama anda melakukan olahraga, apalagi untuk anda yang tergolong baru, pemandu sudah biasa untuk menerangkan berbagai aturan agar anda tetap selamat selama proses melakukan kegiatan ini. Bagi anda yang tidak bisa Bahasa Indonesia? Jangan kuatir! Pemandu tersebut bisa berbagai macam bahasa (Ia sempat menggunakan bahasa mandarin Taiwan kepada saya sebelum saya menjelaskan bahwa saya adalah warga Negara Indonesia!).
Untuk anda yang tidak berniat berbasah-basah ria namun tetap berniat menikmati Tanjung Benoa, ada kegiatan yang dapat dilakukan selain duduk-duduk saja dan menutupi kaki dengan pasir (sambil ditawari oleh Bli yang canggih merayu). Ada kegiatan naik glassbottom boat menuju Pulau Penyu (sebenarnya, ini merupakan wilayah lain di Benoa yang masih satu daratan namun lebih mudah dicapai dengan perahu). Paket perjalanan ini akan lebih seru apabila dilakukan beramai-ramai (dan lebih murah tentunya!). Perjalanan menuju Pulau Penyu akan berlangsung sekitar 15-20 menit. Ketika berjalan, di tengah laut perahu akan berhenti untuk melihat ke dasar kaca guna mempertunjukkan kekayaan biota laut. Sayangnya, entah laut yang memang keruh atau Tanjung Benoa yang sudah rusak sehingga saya hanya melihat beberapa terumbu karang dengan warna yang kurang menarik (coklat dan hijau) plus ikan-ikan garis yang berseliweran kesana kemari (anda dapat roti bulukan gratis untuk dibagi-bagi kepada ikan-ikan tersebut). Kegiatan tersebut tidak berlangsung lama karena anda harus segera menuju Pulau Penyu. So, sudahkah anda memutuskan mau ngapain di Tanjung Benoa?

0 komentar:

Post a Comment