Seafood Asli Bali di Pantai Jimbaran Malam Hari, Yummy!

Kehidupan malam di Bali tidak berakhir seiring dengan terbenamnya matahari. Selain tempat-tempat wisata alam yang tutup, masih ada pusat hiburan modern seperti mall yang buka hingga malam ataupun club yang buka hingga dini hari. Selain itu, ada hiburan apa lagi donk di Bali?
Makna Jimbaran begitu luas disini. Mulai dari selepas Kuta hingga Bukit Ungasan, layak disebut Jimbaran. Namun, jika orang menyebut Jimbaran, pastinya mengacu pada Pantai Jimbaran yang terletak di bagian Bali yang paling sempit, di daerah Tuban atau sekitar 3-4 KM dari daerah Kuta. Wilayah ini sebenarnya merupakan daerah yang bisa dikatakan agak sepi karena fasilitas yang tidak seramai daerah lainnya. Namun, jika malam tiba, deretan warung-warung seafood akan buka di lokasi ini, menawarkan keramaian malam yang wajib anda nikmati bersama makanan seafood yang superb! Dari lokasi ini, anda akan melihat jelas Bandara Udara Ngurah Rai dan landasannya. Mungkin, selama anda makan, anda akan menyaksikan pesawat terbang lalu lalang melintasi lokasi anda makan berhenti di sisi utara pantai yang terang benderang.
Ketika malam tiba, daerah Pantai Jimbaran ini memang menjadi surganya pencinta kuliner terutama yang berkaitan dengan seafood. bahkan, konon saking ramainya, pernah ada pengunjung yang dibawa oleh pemandu ke daerah Balangan, yang lebih selatan lagi karena di Jimbaran sudah penuh terisi. Pintu masuk ke area ini memang cukup banyak. Sepanjang Jalan Raya Kuta-Jimbaran, anda akan menjumpai beberapa pintu masuk yang akan berakhir di pantai yang telah disulap menjadi warung-warung seafood dengan asap tebal yang menyelimuti daerah sekitar karena hasil pembakaran seafood-seafood tersebut dengan sabut kelapa (Oh yah, kebanyakan masih menggunakan sabut kelapa sebagai bahan baku pembakaran karena untuk mempertahankan rasa dan kualitasnya).
Apabila anda diantar dengan pemandu wisata, biasanya para Bli tersebut punya lokasi langganan sekaligus sebagai rekanan Bli tersebut. Sehingga, jangan kaget apabila anda akan direfer ke lokasi yang merupakan favorit atau rekanan bli tersebut. Hal ini sah-sah saja mengingat sistem komisi travel agent yang juga ada di travel agen besar, bli-bli ini pun menerapkan cara sejenis dengan membawa tamu mereka ke warung seafood rekanan mereka. Namun, anda juga berhak menolak apabila anda tidak menyukai warung yang dimaksud, terutama apabila anda mempunyai warung langganan atau tahu arah mana yang ignin dituju, sebab disini warung sangat banyak sekali untuk satu wilayah. Salah-salah, bisa-bisa anda kebingungan dalam memilih warung karena hampir semuanya sama menyajikan seafood yang sama, dengan kesegaran yang sama pula. Hampir tidak jauh berbeda dalam hal penyajian.
Setelah diantar ke salah satu warung, silahkan anda memilih ikan maupun hasil laut yang dipajang di bak-bak di depan restoran mereka. setelah selesai memilih dan memutuskan untuk diolah, anda bisa duduk di tepi pantai (beberapa tempat menawarkan dekorasi yang menarik seperti bangku lepas pantai dengan sinar lilin temaram, dsb) sambil menunggu makanan matang. Sambil menunggu, anda bisa menikmati air kelapa muda yang segar. Beberapa menu yang dijadikan andalan disini tentu saja adalah kerang-kerangan (kerang roti!), ikan cuwek, cumi dan udang bakar serta tidak ketinggalan cah kangkung atau kangkung hot plate. Yang paling andalan dari Jimbaran adalah bakarannya sebab ya itu tadi, diolah dengan sabut kelapa sehingga rasa bakarannya akan sangat berbeda apabila anda menggunakan alat bakaran lain. Untuk makan porsi beramai-ramai, satu orang bisa kena sekitar Rp. 40.000 - Rp. 100.000 dan ini sangat murah mengingat kualitas produk makanan yang ditawarkan. Pada siang hari, lokasi ini akan tutup. kalaupun ada, mungkin tidak seramai malam hari. Sedikit saran saja, apabila anda makan disini, hendaknya tidak perlu mengenakan baju terbaik anda. Dijamin, anda maupun pakaian anda akan berbau asap sehingga seakan-akan, anda yang baru saja dibakar, bukan seafoodnya. Berhubung lokasinya berada di pantai lengkap dengan pasir-pasirnya, akan lebih bijak pula apabila anda tidak mengenakan pakaian yang membuat susah gerak. Usahakan pakaian yang anda kenakan membuat anda bebas dan nyaman bergerak seperti celana pendek, sendal jepit dan sejenisnya. Usahakan lensa kontak dihindari karena asap yang meliputi wilayah ini akan membuat lensa kontak anda terasa perih.

1 komentar: