Cari Oleh-Oleh di Banjarmasin

Bingung cari oleh-oleh di kota sungai ini? Salah satu tempat oleh-oleh yang saya sangat rekomendasikan adalah pusat oleh-oleh yang berada persis di belakang Hotel Swiss Belhotel Borneo. Toko tersebut berukuran kecil dan sukar terlihat kecuali anda benar-benar mencermati nama tokonya. Saya lupa dengan nama tokonya sehingga tidak saya tuliskan disini. Toko tersebut tidak terlalu ramai. Entah hal ini berkaitan dengan high-season wisata atau memang toko tersebut kurang diminati.
Namun, pengalaman saya memasuki toko tersebut sungguh membuat saya ingin pergi ke toko tersebut apabila saya mendapatkan kesempatan berjalan-jalan ke Banjarmasin lagi. Walaupun kecil, toko tersebut menjual berbagai macam produk kerajinan Kalimantan Selatan, Tengah dan Timur (Ya, ada ukiran Kalimantan Timur yang berwarna warni dan lebih liar dan berani, ukiran Kalimantan Tengah yang berwarna kalem dan cenderung lurus, dan Kalimantan Selatan yang cenderung gelap dan lebih teratur dan berpola) serta dayak pada umumnya. Jujur saja, menurut saya harga produk yang ditawarkan di toko ini cukup murah dan harganya tidak saya prediksi akan semurah itu. Lebih hebatnya lagi, harganya bisa ditawar! Produk yang dijual disini antara lain tameng dayak yang berbentuk panjang heksagon dengan hiasan coretan Dayak Kalimantan Tengah plus kulit kayu, bulu dan gigi sapi. Selain tameng, anda bisa menemukan ukiran kayu ulin yang dijual dengan harga lebih mahal dibanding tameng kayu biasa. Selain itu ada terdapat Kain Sasirangan, batik, kaos-kaos Kalimantan dan Banjarmasin, hiasan dinding dan perahu mainan serta tak lupa yang paling khas dari Kalimantan Selatan adalah kerajinan perhiasannya. Untuk perhiasan yang dijual disini, anda bisa menemukan berbagai logam mulia maupun batu berharga yang dipajang di etalasenya dalam berbagai bentuk yang siap pakai seperti kalung, cincin, gelang dan lain sebagainya.
Sang ibu penjual sendiri sebenarnya cukup ramah dalam menjual produknya namun terlihat agak bersantai dalam menjalankan usahanya. But overall, kunjungan ke toko ini adalah wajib sekali ketika anda berada di Banjarmasin guna membeli produk-produk kesenian Kalimantan Selatan.

2 komentar:

  1. salam kenal..kalo nanti ke banjarmasin lagi main ke tempat kita..

    ReplyDelete
  2. waduh sayang ga ada nama jalannya, lebih susah carinya nih....
    tapi tengkyu info nya

    ReplyDelete