Demi Kepuasan Lahir Batin : Cwi Mie Malang Gloria

Coba ada pertanyaan ini, “Makanan apa yang paling terkenal dari Malang?”. Tanyakan ke sepuluh orang teman anda, mungkin dari 10 orang tersebut yang bisa jawab hanya beberapa. Kebanyakan pasti jawabannya adalah apel. Tapi, apel kan buah toh? Malang terkenal karena buah apel dan bukan makanan olahannya. Kalau mereka 'agak-agak' maksa, paling jawabannya keripik apel. Ya sudahlah, makanan ini kurang terkenal atau kurang terasosiasikan dengan Malang, memang bukan salah siapa-siapa juga. Namun, untuk anda yang pernah melewati sekali atau dua kali tempat makan ini di kota lain, pasti ngeh. Cwie Mie adalah salah satu produk makanan yang aslinya memang dari Malang. Lihat saja dimana-mana, Cwie Mie Malang menjadi satu kesatuan tagline di rumah makan yang menjual Cwie Mie. Yuk, kita lihat, Cwie Mie ini seperti apa.Cwie mie sebenernya adalah mie biasa. Disebut Cwie Mie, karena mie yang biasa tersebut dicampur dengan saus tomat yang luar biasa banyaknya sehingga berwarna merah. Rasanya berkisar antara gurih, asin, manis dan asam segar. Mirip sama pangsit yang dikasih saos banyak? Kayaknya agak lain dech. Cwie Mie ini kebanyakan disajikan kering, walaupun terkadang ada tambahan kuah yang menyertai. Cwie Mie ini biasanya disajikan bersama dengan pangsit goreng dan lauk tambahan (opsional) berupa goreng-gorengan mulai dari udang goreng, pempek goreng atau bakso goreng.
Cwie Mie banyak tersebar di Kota Malang. Beragam merek menyertai jenis mie ini. Mulai dari yang sangat terkenal hingga usaha kaki lima di pinggir jalan, Cwie Mie mudah ditemukan di mana pun. Nah, salah satu restoran Cwie Mie yang cukup terkenal adalah Cwie Mie Gloria. Salah satu outletnya ada di Olympic Garden Mall. Lumayan, sambil jalan-jalan ke mall, sambil menikmati Cwie Mie khas Malang.
Cwie Mie ini terletak di lantai 2 Mall Olympic Garden. Walaupun restorannya tidak terlalu besar, namun ia memiliki area balkon yang langsung menghadap Stasion Gajayana. Anda boleh pilih, mau makan di dalam atau di luar. Terkadang, restoran bagian dalam ramai luar biasa sehingga anda terpaksa mendapatkan tempat di luar. Sebenernya ini bukan apa-apa, justru terkadang menarik memandangai Malang malam hari sambil melihat aktifitas di Stdion Gajayana plus memakan Cwie Mie. Sayangnya, Malang pada malam hari berudara cukup dingin. Saya agak menyesal tidak membawa jaket atau baju hangat ketika terpaksa makan di area balkon. Untung, dinginnya masih bisa ditolerir walaupun saya pasti akan lebih bersyukur kalau membawa jaket hangat.
Cwie Mie Gloria ini berlambang panda memakan mie. Interior ruangannya cukup manis dan minimalis walaupun banyak bangku plastik mendominasi. Beberapa jenis menu yang saya coba adalah Cwie Mie kering dengan lauk udang goreng dan pempek goreng. Saya Cuma bisa bilang : semua menunya enak dan layak coba. Pilihan menunya memang tidak terlalu banyak dan beragam, namun kalau anda bingung, coba dech tanya sama pramusajinya yang ramah-ramah (sayangnya, product knowledgenya agak kurang), mana menu favorit di restoran ini. Saya mengambil rekomendasi mereka dan saya bersyukur karena menurutinya. Menunya enak, lezat, porsinya pas, memuaskan dan yang paling penting, harganya ramah di kantong! Walaupun berada di mall namun keseluruhan harga produk restoran ini murah. Harga makanan berkisar antara Rp. 12.000 ke atas dengan tidak ada yang mencapai RP. 20.000. Rasanya, kalau anda berperut melar, anda bisa coba hampir semua menu disini dengan masih menyisakan uang di dompet anda. Saya sendiri, makan satu porsi saja sudah cukup kenyang (dan puas tentunya). Soal minuman, beberapa minuman ada yang cukup outstanding untuk dijadikan pilihan. Es Leci, Es Pelangi dan Es Gloria bisa dijadikan pilihan. Sama seperti makanan, menu minumannya unik dan menantang untuk dicoba. Kalau anda nggak yakin, lagi-lagi coba tanyakan pada pramusaji yang melayani. Menurut saya, hampir semuanya eksperimental dan layak banget untuk dicoba.
Kalau saya kembali lagi ke Kota Malang, bisa dipastikan Cwie Mie menjadi pilihan saya.

7 komentar:

  1. Lomarrrrrrr.......!!!!!
    lo bikin gw ngiler....
    ampun menggoda semua tuh kuliner...
    kok gw pas ke malang, gak kayak lo yg jelajahnya ampe kulinernya juga...
    gw mah kotanya doang, ama alam sekitarnya..

    ReplyDelete
  2. hihihihi....gue pilih foto foto yang akan gue tampilkan tuh yang bikin semua pembaca bakalan ngiler....apalagi gue tau banged lo demen Mie ayam....hihihi
    enak banged Loch Nas....yakin nggak mau cobain Cwie Mie Gloria ini? :D *jadi laper*

    ReplyDelete
  3. yup,, gw suka bgt ama mie ayam...
    kemaren aja gw nyobain mie ayam nya bakmi Buncit cabang banjarmasin...

    ReplyDelete
  4. hyakakakaka....jadi laper...hihihi
    Bakmi Buncit tuh dari Warung Buncit Jakarta Selatan? jauh banged sampe ke banjarmasin...:)

    ReplyDelete
  5. ternyata disono namanya masih Cwi Mie Malang toch....hehehehe....

    ReplyDelete
  6. heuheuheu....emang kalau sudah berubah, namanya menjadi apa? :D

    ReplyDelete