Selamat Datang Di Pantai Losari

Ini dia Pantai paling terkenal se-Sulawesi Selatan, sekaligus sebagai ikon dari Kota Makassar. Sekilas, namanya mengingatkan akan suatu tempat di Magelang (Losari), Brebes (Losari) atau bahkan Indramayu (Losarang) dan Kediri (Puh Sarang…loch, udah kejauhan yach? Hihihi). Yah…intinya, nama pantai ini agak bernuansa Jawa walaupun terletak di daratan Sulawesi.
Pantai ini terletak tepat di tengah kota jadi mudah sekali untuk mencapai pantai ini. Apabila anda tinggal di sekitar pusat kota (wilayah Ujung Pandang), dengan berjalan kaki sedikit pun anda sudah bisa mencapai pantai ini. Bingung mencarinya? Nggak mungkin! Pantai Losari sangat mudah dicari dan dilihat. Kalau nggak ketemu juga, silahkan tanya penduduk sekitar. Kalau penduduk sekitar nggak tahu juga? Wah, perlu diragukan apakah penduduk yang anda tanya itu pernah keluar rumah atau tidak dalam kurun waktu beberapa puluh tahun terakhir.
Tulisan “Pantai Losari” dalam huruf kapital balok besar terpajang rapih di pinggir dek pantai. Tulisan ini menjadi semacam ikon berfoto di Makassar. Akibatnya jelas, kondisi pantai ini selalu ramai, baik pagi, siang, sore, maupun malam hari sekalipun! Berkat adanya pelataran lebar di depan tulisan “Pantai Losari” tersebut, masyarakat bisa berkumpul dan beraktitas di area tersebut. Seringkali, di pelataran tersebut dipasang sebuah panggung untuk pertunjukkan musik atau lainnya yang menyedot sejumlah besar massa. Misalnya, pada saat kedatangan saya, di depan tulisan tersebut ada satu set panggung besar bertenda yang akibatnya menghalangi pandangan saya secara keseluruhan ke arah pantai, termasuk tulisan “Pantai Losari”nya. Terima kasih untuk panggung tersebut!
Pemandangan di sekitar pantai cukup menarik. Banyak kapal motor besar atau kecil memenuhi perairan di sekitar Pantai Losari. Terlebih, Selat Makassar tidak terlalu berpolutan. Situasi perairan di sekitar masih bersih. Pemandangan pantai dipadu dengan deretan hotel warna warni di sepanjang pantai manis banget buat diabadikan loch. Iseng-iseng, saya melihat ke dalam air dan menjumpai banyak sekali ikan-ikan kecil berenang membentuk formasi tertentu. Ini salah satu bukti bahwa Selat Makassar belum terlalu berpolutan. Jangan bayangkan Pantai Losari adalah pantai berpasir, apalagi pantai berpasir putih! Pantai Losari adalah sebuah pantai yang dibeton, jadi sama sekali tidak ada aktifitas membangun istana pasir di wilayah ini yach. Namun demikian, anda bisa turun ke dekat permukaan air dengan menuruni tangga dan menaiki semacam pelabuhan kecil yang terbuat dari apungan plastik warna warni. Di apungan plastik buatan ini, banyak warga masyarakat melakukan bermacam kegiatan, salah banyak diantaranya memancing, bersantai (biarpun panas-panasan), naik perahu kayuh angsa dan bahkan beberapa diantaranya ada yang nyebur ke air. Wilayah Selat Makassar bagian ini memang cukup tenang karena Pantai Losari terhalang oleh pulau kecil di depan pantai yakni Pulau Kahyangan, Pulau Samalona, dan Pulau Lai-Lai. Berkat adanya pulau-pulau berpasir putih ini dan pulau lainnya, arus ombak tidak terlalu besar ketika mencapai Pantai Losari. Ombak sudah tersaring terlebih dahulu di pulau-pulau tersebut.
Karena lokasinya juga, maka nggak heran pantai ini ramai sekali dari pagi hingga malam menjelang. Di sore hari sampai malam, banyak penjual makanan di sekeliling pantai yang menjajakan makanan di tempat ini. Atraksi pantai memang sudah selesai selepas matahari terbenam. Namun tempat ini terang benderang selepas malam sehingga kerap dijadikan lokasi berkumpul warga Makassar yang ingin menikmati malam. Lingkungan sisi Pelataran terdapat banyak tugu baik tugu besar ataupun tugu kecil Perahu Phinisi. Walaupun tidak ada yang terlalu istimewa dari pantai ini (selain tulisan PANTAI LOSARI yang berukuran besar), namun saya sangat merekomendasikan anda untuk berfoto di latar tulisan “Pantai Losari” ini sebagai tanda resmi bahwa anda sudah berkunjung ke Makassar.

4 komentar:

  1. kalo gak ada aral, gw bulan maret juga trip ke sulsel mar..termasuk Losari n toraja...thanks info nya ya..helpful banget....
    ada info hotel murah n rental mobil Elf gak????

    ReplyDelete
  2. mudah2an gak ada aral dan jadi menikmati SulSel yah Nas!
    sayangnya, berhubung gue sendiri, jadinya ga pake elf. lo banyak orang yanh jadinya sampe pake elf? kalau hotel murah dan info2 lainnya, tunggu aja disini yach...segera bermunculan! hehehe...duh, senangnya yang mau ke Toraja :D

    ReplyDelete
  3. foto tulisan pantai losari-nya keren...

    ReplyDelete
  4. hihihi....jadi ikon di Sulawesi ya Cie? bagus nich kalau setiap tempat ada tulisan serupa :D bisa jadi objek wisata dengan foto2 di depannya :D

    ReplyDelete