Apakah Es Degan Itu?

Ketika saya baru tiba di Surabaya, saya melihat suatu jenis makanan unik. Makanan ini tampak di beberapa bagian terminal. Ketika saya melaju menuju Probolinggo dan kembali ke Malang pun, makanan tersebut tampak sesekali muncul di sudut-sudut jalanan, mencari perhatian saya dan teman saya. Saya belum pernah dengar makanan ini di Jakarta, baru di wilayah Jawa Timur saya menemukannya. Nama makanan ini adalah Es Degan. Ada yang sudah tahu makanan apa ini?
Dalam perjalanan mengelilingi Kota Malang, saya melewati satu abang penjual Es Degan di dekat Carrefour Market di Mall Alun-Alun. Penasaran, akhirnya saya dan teman saya iseng-iseng mendekat dan bertanya, makanan apakah ini? Dari penjelasan bapak tersebut, Es Degan adalah Es Kelapa Muda…oalah! Ya seperti layaknya lapak penjual kelapa muda, lapak ini memiliki segerombolan besar kelapa muda yang belum dibuka di salah satu sisinya. Bapak ini juga menjual kelapa muda satu bulatan utuh selain es yang siap minum. Es Degan sendiri pas banget diminum siang-siang sebagai pelepas dahaga. Walaupun Malang tidak terlalu panas, tapi asik juga makan Es Degan siang-siang begini ditambah es. Harga Es Degan ini Rp. 2.000 per gelasnya. Lumayan, nambah pengetahuan sambil melepas dahaga. Hihihi…

0 komentar:

Post a Comment