Oleh Oleh Soponyono Malang

Selain sebagai kota peristirahatan, Malang juga punya koleksi lengkap penjualan oleh-oleh di seantero kota. Selain di Und Corner, toko oleh-oleh bertebaran hampir di penjuru kota, misalnya Jalan Sudirman. Dijamin, anda nggak akan kesulitan untuk menemukan toko oleh-oleh sama sekali. Nah, buat yang eksperimental, cobain dech sesekali menyambangi Toko Soponyono yang terletak di Malang Tenggara. Toko Soponyono terletak agak jauh di luar pusat kota sich, memang. Lokasinya masuk ke dalam wilayah perumahan dan terus terang, mencarinya butuh perjuangan dengan sedikit bertanya-tanya dan nyasar sedikit. Maklum, nggak ada papan petunjuk sama sekali.
Toko Soponyono yang terletak di Jalan Saparua ini adalah cabang asli dari seluruh Soponyono yang bertebaran di seantero Malang. Salah satu cabangnya yang baru dibuka terletak di Jalan Mondoroko A1/2 (Ruko Puri Kendedes) telepon (0341) 451459. Ketika anda berhasil mencapai tempat ini, jangan kaget, pintu utamanya ditutup. Yah...Soponyono ini sejatinya adalah sebuah rumah. Hanya spanduk kecil di bagian dalam rumah yang menegaskan rumah ini adalah cabang utama Soponyono. Anda perlu mengetuk gembok pagar terlebih dahulu baru ada orang yang akan membukakan pintu untuk anda. Seorang Engko yang ramah akan menyambut anda dan memberikan rekomendasi oleh-oleh apa yang laris dan tidak. Ia bahkan menyarankan untuk mengambil produk tertentu dan tidak untuk produk lainnya. Mungkin ia tidak mau mengecewakan kami dengan produk yang rasanya biasa-biasa saja kali yach? Yang jelas, saya memborong ubi ungu, kentang, singkong, kulit sapi dan kacang-kacangan. Nggak lupa saya memborong keripik buah-buahan khas Malang seperti apel, nangka, dan nanas. Harga per satuan paknya bervariasi mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000. Saya sampai kalap memborong beberapa bungkus keripik-keripik ini.
Soponyono ini juga bisa menyediakan kardus dan dikemas dengan baik untuk yang akan membawa oleh-oleh ini ke dalam pesawat. Sayang, Soponyono ini kurang lengkap walaupun merupakan cabang induk. Toko yang berada di ruko justru jauh lebih lengkap karena memang diperuntukkan khusus untuk berdagang. Sayang sekali lagi, Soponyono di rumah tidak menyediakan tester. Mungkin diakibatkan juga oleh jarangnya pengunjung yang datang sampai ke rumah kali yach? Oya, satu lagi, buat yang hobi menggunakan kartu debit atau kartu kredit, maaf saja, disini tidak ada mesin EDC. Jadi, bawa cash saja yach sebaiknya. Buat yang ke Malang, boleh dech cobain belanja oleh-oleh di Soponyono, rasanya nggak mengecewakan koq.

1 komentar: