Dari Ambarawa Sampai Bukit Cinta

Kini saatnya melihat danau yang paling terkenal di Jawa Tengah, Rawa Pening! Berhubung Rawa Pening berukuran lumayan lebar, maka titik pengamatannya pun cukup banyak. Nah, Bukit Cinta adalah salah satu titik pengamatan danau ini yang cukup lazim dikunjungi wisatawan. Bukit Cinta terletak kurang lebih 10 KM jauhnya dari Kota Ambarawa ke arah Muncul. Bukit Cinta ini terletak di perlintasan Ambarawa – Muncul.
Dari Kota Ambarawa, tunggu angkot di depan Lapangan Besar Panglima Jenderal Sudirman. Lapangan ini tidak terletak terlalu jauh dari Palagan Ambarawa. Lapangan ini bisa dicapai dengan berjalan kaki saja. Dari Museum Kereta Api, lapangan ini lebih dekat lagi! Bisa dicapai dengan ngesit saja! Hehehe. Lagi-lagi, berhubung angkot yang dicari tidak memiliki tanda jurusan tertentu, anda harus mengucapkan kata kuncinya yakni “Bukit Cinta” kepada sang supir. Untungnya, bus kecil yang melewati rute ini tidak terlalu banyak macamnya. Saya mendapatkan satu ketika menunggu di depan lapangan. Memang sich, bus tersebut sedang ngetem mengumpulkan penumpang. Ya sudah lah yah, gak papa dech ngetem daripada ketinggalan.
Perjalanan tersebut memakan waktu sekitar setengah jam untuk jarak 10 KM. Penyebabnya apalagi kalau bukan angkot yang ngetem. Walaupun angkot tersebut sudah hampir penuh, tapi sang supir terus saja melakukan gerakan aksi ngetemnya. Hal ini diperparah bahwa jalur yang saya lewati ini bukan jalur utama antar kota. Jalur ini merupakan jalur alternatif yang memiliki lebar ruas jalan kecil. Mayoritas penumpang angkot pada siang itu adalah anak sekolahan dan ibu-ibu. Mayoritas pemandangan jalan yang saya lalui adalah rumah penduduk, kebun, dan barak! Ya, sejumlah barak militer tampak saya lalui dalam perjalanan dari Ambarawa menuju Bukit Cinta. Tau donk, kalau ada barak biasanya ada apa? Yap, kalau ada barak, biasanya ada plang bertuliskan agar kendaraan berjalan pelan-pelan selama di pemukiman militer. Ini yang membuat saya ngeh dengan keberadaan barak yang jumlahnya sangat signifikan ini. sebaiknya, anda tetap berkomunikasi dengan supir angkot yang membawa anda. Bukit Cinta ini tidak terlalu jelas terlihat dan tidak ada pertanda bahwa anda telah mendekati lokasi wisata selain gapura yang tepat berada di depan lokasi. Dari Ambarawa menuju Bukit Cinta, tarif yang dibutuhkan adalah Rp. 3.000 saja.

0 komentar:

Post a Comment