Mie Aloy Di Dempo Luar Palembang

Salah satu mie yang cukup terkenal di Palembang adalah Mie Aloy yang terletak di Jalan Dempo Luar. Sebagai informasi, Mie ini tergolong makanan haram sehingga bagi rekan-rekan kita umat Muslim dan penganut Yahudi, harus berhati-hati terlebih dahulu.
Salah satu ciri khas rumah makan di Palembang adalah jam bukanya yang tergolong pagi yakni sekitar pukul 6 pagi. Namun, begitu menjelang siang, sekitar jam 11 atau 12, dagangan mereka umumnya akan menjelang habis. Saat itulah kios dibereskan dan rumah makan ditutup. Jadi, jangan heran ketika selepas makan siang, anda hampir tidak dapat menemukan banyak rumah makan buka di Palembang. Penyebabnya tentu saja karena mereka buka pagi sekali hingga menjelang siang atau buka menjelang petang hingga malam hari. Rumah makan yang dibuka siang hari terbatas pada jenis makanan tertentu saja.
Masuk ke rumah makan ini, anda akan diberikan satu jenis menu saja yakni Mie Aloy yang khas Palembang. Pilihan berikutnya jatuh pada sup yang akan anda konsumsi. Sup inilah yang akan membuat anda kebingungan karena isinya yang sangat beragam dan dapat diisi sesukanya sesuai dengan selera dan kekuatan perut anda. Pilihannya cukup beragam mulai dari yang biasa seperti bakso ikan, bakso goreng, otak-otak goreng, pangsit, hingga yang terdengar sangar seperti jeroan babi (usus, otak, limpa, liver, jantung, ati, ampela). Apabila anda tidak yakin, sebaiknya tidak usah memesan sup atau pesanlah sup polos. Satu pemberitahuan penting lainnya adalah porsi Palembang cukup besar untuk saya. Apabila anda tidak yakin mampu menghabiskannya, silahkan pesan setengah porsi saja. Jujur saja, porsi tersebut tergolong besar untuk ukuran saya sehingga dengan susah payah saya menghabiskan mie tersebut. Setelah saya kira pertempuran sudah selesai ternyata saya masih harus tercengang melihat sup yang belum disentuh di hadapan saya. Harga makanan di Mie Aloy ini cenderung murah dan terjangkau. Apabila pesawat anda tiba di Palembang selepas pukul 12 siang, jangan harap bisa menikmati mie yang satu ini. Tunggu sampai malam berlalu dan keesokan harinya anda baru dapat menikmati Mie Aloy.

2 komentar:

  1. Whoever owns this blog, I would like to say that he has a great idea of choosing a topic.

    ReplyDelete
  2. Good Lord... if only I could have a plate of that now... :-Q~~

    ReplyDelete