Ngadem Di Hutan Wisata Punti Kayu

Tidak terlalu jauh ketika anda baru saja memasuki Kota Palembang, dalam perjalanan menjauhi Bandara SMB II, anda akan melewati satu objek wisata hutan alam yang cukup menarik untuk dijadikan lokasi bersantai-santai. Apabila anda berada dari bandara, maka lokasi ini terletak di sebelah kanan anda. Apabila anda berada dari pusat kota, maka lokasi tersebut berada di sebelah kiri anda. Nama lokasi wisata ini adalah Taman Hutan Wisata Punti Kayu. Memang, cukup menarik mengingat Palembang, kota yang terletak di dataran rendah memiliki hutan wisata sebagai lokasi warganya untuk mengistirahatkan mata dan penat selama di kota. Dengan harga tiket masuk Rp. 4.000 per orang, anda sudah bisa masuk dan menikmati Hutan Wisata Alam Punti Kayu ini. Perlu dicatat, untuk beberapa jenis atraksi seperti kolam renang, kebun binatang dan toilet, anda diwajibkan membayar lagi, tergantung fasilitas yang ingin anda gunakan. Apabila anda hanya ingin bersantai saja dan tidak memasuki atraksi apapun, anda tidak perlu membayar biaya tambahan apapun.

Kalau Taman Hutan Wisata Punti Kayu ini digambarkan mungkin mirip seperti kebun-kebun raya pada umumnya. Kerindangan alam dan keteduhan serta hijaunya alam adalah sesuatu yang dijual oleh hutan wisata ini. Dengan vegetasi utama berupa Pohon Pinus, hutan wisata ini cukup teduh dinaungi oleh pohon tersebut walaupun masih bertemperatur hangat seperti daerah perkotaan pada umumnya. Selain Hutan Pinus, daerah ini juga sebagian besar berupa rawa atau danau. Sehingga, jika anda amati, banyak sejumlah jembatan yang digunakan untuk menghubungkan lokasi di hutan ini dengan lokasi lainnya. Untuk hewan, anda dapat berjumpa dengan anjing dan kera-kera yang tampaknya cukup jinak dan dapat bercanda-canda dengan manusia.

Apabila anda ingin melihat hewan-hewan lainnya, anda bisa masuk ke Taman Satwa Punti Kayu yang terletak di dalam kompleks dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 1.000. sayangnya, pada saat kunjungan kami, tampaknya taman satwa tersebut sedang ditutup. Mungkin berkaitan dengan kedatangan kami yang buakn pada hari libur maka beberapa fasilitas di taman tersebut tutup seperti kolam renang hingga lokasi penjualan makanan. Walaupun di beberapa sudut taman wisata tersebut tampak kurang dibenahi dan terawat, namun kunjungan ke lokasi masih cukup menarik bagi warga sekitar yang tentunya terkadang cukup jenuh dengan kesibukan sehari-hari di kota.


2 komentar: