Taste The Real Japan In Aoki Restaurant

Ah....baru kali ini rasanya saya mencicipi makanan jepang yang sangat autentik! Rasanya sangat berbeda dengan restoran jepang kebanyakan. Sungguh,suatu kebahagiaan sejati bisa makan di restoran ini. Kalau di komik,mungkin saya akan tertawa terbahak-bahak sambil berdiri di atas gunung dengan kilauan sinar yang berpendar di belakang saya. Tak lupa, saya akan berpose layaknya superhero :)
Rasanya yang sangat unik dan berbeda,layak menobatkan Restoran Aoki, Japanese Cuisine di Hotel Gran Mahakam sebagai salah satu restoran Jepang terbaik di Jakarta. Yah, sekali lagi, uang tidak akan berbohong. Untuk menu a la carte maupun buffetnya, harganya memang dipatok lebih tinggi daripada restoran Jepang yang berada di bawahnya.Sekelas bintang lima, memang mengharuskan anda untuk mempersiapkan lokasi ini untuk acara yang sungguh spesial.
Terletak di lantai basement Hotel Gran Mahakam,masuklah dari pintu lobby timur laut dan langsung turun ke tangga bawah. Voila, restoran Aoki langsung akan anda jumpai. Selayaknya restoran jepang yang umum berada di Jakarta, ucapan selamat datang yang sekilas akan terdengar seperti "Rase Mase" akan anda dengar diserukan oleh hampir seluruh staf begitu anda masuk ke dalam ruangan. Di dalam restoran, anda bisa memilih ruangan sedikit privat yang biasanya digunakan untuk acara khusus atau bangku dan meja dengan kapasitas empat orang per meja. Untuk ruangan yang sedikit privat, berada di bagian dalam dan berkapasitas lebih banyak dari 4orang. Untuk penggunaan ruangan ini,anda bisa hubungi restoran Aoki.
Makanan di dalam Aoki secara umum terbagi dua, a la carte dan buffet. Tidak ada salahnya mencoba dua-duanya. Keduanya sangat layak dan patut dicoba. Makanan a la carte yang sudah pernah saya coba adalah nasi katsunya yang sungguh enak! Pertama,x hidangan akan dibuka dengan mix salad atau agedashi tofu yang sungguh menggoyang lidah. Citarasa yang ditimbulkan adalah sedikit asin dan asam plus gurih khas Jepang. Berikutnya, Nasi katsunya muncul. Dipadukan dengan beras yang wangi plus wijen hitam, katsu yang bersaus steak kental manisdan salad kol begitu (lagi-lagi) menggoyang lidah saya. Rasanya, seperti sudah tidak makan bertahun-tahun. Sungguh nikmat rasanya. Jangan lupa, sembari makan, hirup dan teguk miso shiru yang terhidang bersama dengan katsu. Miso shirunya cukup unik. Instead of tahu, aoki menambahkan potongan cakwe dan nori ke dalam shiru. Terakhir, untuk pencuci mulut, nikmati buah-buahan pilihan yang segar dan segelas mini wedang jahe yang menghangatkan.
Apabila anda memilih buffet, bersiaplah untuk terpukau oleh jejeran menu yang pastunya akan membuat air liur anda terbit. Yang saya rekomendasikan adalah aneka maki, udang-udangannya (lupa namanya), jamur di dalam alumunium foil, unagi yakimeshi, dan tempuranya. Salad yang disajikan ada dua jenis, salad gurih dan asam yang keduanya patut anda coba. Tempuranya sendiri terdiri atas umbi-umbian dan udang. Selain itu ada perahu-perahuan yang berisi nigiri dan sashimi. Walaupun kenyataanya nigiri dan sashimi lebih mahal untuk harga satuannya dibanding maki, namun saya jauh lebih menyukai maki karena citarasa yang dihasilkannya jauh lebih beragam. Sedangkan nigiri dan sashimi, walaupun unik dan menarik, namun rasa yang ditampilkannya cenderung lebih tawar dan hambar.
Ada beberapa menu lainnya juga yang layak dicoba seperti udon dan mini shabu shabu serta robatayaki. Sayangnya, robatayaki tidak termasuk dalam paket buffet sehinnga saya tidak mencobanya. Setelah usai menikmati berbagai makanan yang sangat memanjakan mata dan lidah (Ya, tentu saja, selain rasanya yang luar biasa, penyajiannya pun luar biasa pula. Rasanya makanan ini akan sayang dan terlalu sayang untuk dinikmati) jangan keburu untuk pulang. Sisihkan ruangan di perut anda untuk menikmati desert dan minuman enak. Semua pencuci mulut disini sangat layak untuk dicoba, sebut saja talam ubi, kue lapis, konyaku jelly rasa jambu, buah buahan segar, es kopyor dan es lotus, serta chocolate melted das es krim vanilla yang akan meleleh begitu sendok anda merobek kulit cake tersebut. Ah....Lord must have mercy on us! Jangan lupa, terakhir teguk green tea dalam poci tembikar yang menawan. Selanjutnya, anda hanya akan merasa sedikit bersalah sebab perut anda yang agak sedikit maju setelah menyantap semua makanan enak tadi :)

0 komentar:

Post a Comment