Belanja di Sarinah Malang

Kesan jadul terasa begitu melihat dan memasuki bangunan ini. Walaupun warna-warni bangunan serta arsitekturnya terkesan futuristik, namun entah mengapa saya malah mendapat kesan retro dan vintage begitu melihat fisik bangunan ini dari kejauhan. Mirip dengan bangunan futuristik yang terlihat di film-film jaman dahulu tahun 1980-an. Apalagi masuk ke dalamnya, kesan jadul semakin terasa. Oh yah, di pucuknya tepat di perempatan jalan, ada bentuk seperti landasan helikopter walaupun saya yakin itu bukan. Kesan unik retro semakin terasa berkat adanya hiasan bentuk ini di atas pucuk bangunan tersebut.
Sarinah adalah departement store yang sudah lama berdiri bila dibandingkan dengan departement store yang baru ada pada awal tahun 1990 dan 2000-an. Toko Sarinah ada di beberapa kota di Indonesia, diantaranya Jakarta dan Makassar. Nah, Malang juga punya Sarinah. Lokasinya bersebelahan dengan Gereja Katedral Malang dan berseberangan dengan Toko Oen.
Apa aja yang dijual di Sarinah? Yah, seperti department store pada umumnya, Sarinah menjual berbagai hal namun khusus pada bidang pakaian pria, wanita dan anak serta aksesori dan parfum. Harga yang dibanderol juga tidak terlalu mahal, bersaing dengan department store pada umumnya. Nah, Gedung Sarinah ini tidak didominasi oleh Sarinah saja. Ada beberapa tenant yang menyewa tempat di gedung ini. Diantaranya ialah Hero yang menjual berbagai produk pangan dan rumah tangga di lantai dua gedung ini (asikkk!!! bisa belanja sarapan pagi disini...!). Selain itu, ada beberapa buah toko kecil yang menjual berbagai macam produk dan jasa seperti money changer hingga salon. Pada waktu saya berkunjung ke Gedung Sarinah ini, sebagian dari gedung tersebut sedang direnovasi. Terlihat dengan jelas ada beberapa scafolding dan kayu tonggak yang menopang bagian-bangian yang sedang direnovasi.
Buat anda turis, saya rasa anda ingin lebih jauh eksplorasi tempat wisata kebudayaan, alam maupun sejarah yang ada di suatu kota atau tempat. Sarinah jelas memang tidak masuk hitungan. Namun saya tetap merekomendasikan anda menyambangi tempat ini selepas matahari terbenam. Kenapa? Ya jelas aja, tempat-tempat wisata umumnya pasti tutup karena sudah malam. Sarinah buka sampai malam. Selain itu, anda bisa membeli produk-produk untuk keperluan perjalanan anda dengan murah dan lengkap. Satu hal lagi yang menarik buat saya adalah adanya peta Kota Malang terpampang dengan jelas di bagian lantai satu gedung ini (berada di sebelah tangga yang akan membawa anda ke lantai dua, Hero supermarket). Lumayan, sambil liat peta, anda bisa cek lokasi-lokasi menarik yang ingin disambangi di kota ini.

4 komentar:

  1. Tobat deh lomar,salut atas semua detail.rajin bgt ya berwisata ke mall, tugu2, n bangunan2...kalo akyu sih lbh suka berwisata andalan kota tersebut.Kecuali punya waktu yg panjang...baru deh sempat ke tugu2 ,mall ato bangunan2...hehehe... (Http://advanture.wordpress.com dongs...)

    ReplyDelete
  2. hehehe...ini letaknya deket koq Bu...ga jauh...makanya eke bisa lompat sana sini...hihihi....

    kalau berjauhan juga ga niat sih...tapi kebetulan lagi di Malang, ya objek wisata utamanya emang tugu dan bangunan sih yah...hehehe

    ReplyDelete
  3. Malang sebelah mana?
    Aku koq malah gak tau ya

    ReplyDelete
  4. sayang sarinah dulu adalah gedung rakyat yang penuh riwayat perjuangan masyrakat malang melawan penjajahan .

    ReplyDelete