Di Depan Patung Sura Dan Baya

Ikon apa yang paling terkenal dari Kota Surabaya? Kalau pertanyaan ini diajukan, pasti mayoritas akan menjawab patung Hiu dan Buaya yang bertarung, mengalahkan jawaban-jawaban lain seperti Jembatan Suramadu, Tunjungan, atau bahkan Rujak Cingur. Hihihi... Dalam bahasa setempat, ikan hiu disebut sebagai Sura yang melambangkan kebaikan dan buaya disebut Baya yang melambangkan kejahatan. Patung Sura dan Baya yang bertarung ini sebagai simbol perlawanan masyarakat Surabaya melawan ketidakadilan yang dibuat oleh penjajah Belanda pada masa itu. Karena sebab itulah nama Surabaya digunakan hingga saat ini oleh kota terbesar kedua di Pulau Jawa ini. Karena digunakan sebagai ikon atau lambang kota, berfoto di depan patung ini menjadi semacam kewajiban bagi para turis yang menyambangi Surabaya. Iyakah?
Patung Surabaya yang sangat terkenal tersebut berada kurang lebih 1 kilometer di selatan Gubeng, atau tepatnya di depan Kebun Binatang Jalan Raya Darmo. Nah, saya nggak berkunjung ke patung yang berada di kebun binatang ini lantaran tidak memiliki cukup waktu. Alih-alih kesana, saya berkunjung ke patung Surabaya yang agak baru yang terletak dekat dengan MonKaSel, di belakang Surabaya Plaza di tepi aliran sungai. Dari segi ukuran, patung yang kedua ini jelas lebih kecil daripada patung aslinya. Namun, patung kedua ini memiliki kelebihan berupa patung sang Sura yang bisa menyemburkan air ke arah sungai. Patung ini berada di Taman Skate dan BMX yang masih baru, bersih dan tertata dengan rapih. Jadi, sambil berkunjung ke patung Surabaya, kita bisa menyaksikan anak muda bermain-main skateboard dan atraksi sepeda BMX di tempat ini. Taman ini memang dilengkapi dengan sejumlah lintasan berupa landaian maupun tanjakan yang cocok sekali untuk para pencinta skateboard dan sepeda BMX untuk mempertunjukkan kebolehannya mereka. Sayang, saat itu siang hari. Hanya saya dan teman saya yang nekad memanggang diri di hari yang panas di taman itu. Maklum, taman ini masih tergolong baru jadi keberadaan pohon peneduh juga tidak terlalu banyak sehingga lumayan panas juga berlama-lama di taman tersebut. Kecuali anda datang pagi atau sore, sebaiknya tidak berlama-lama di tempat ini kalau nggak mau mandi keringat.

2 komentar:

  1. Oia, penting dong foto2 depan icon sebuah kota...secara saya kan narsis, jg bukti gituh sdh pernah kesana hohoho. Lagian jg persis kebun binatang tujuan utama ke sby hahahaa.....( http://advanture.wordpress.com)

    ReplyDelete
  2. bener banged! wajib banged berfoto di depan ikon kota. tapi sayang, ini bukan di kebun binatangnya..hehehe

    eh Jeung, dirimu jangan pake anonymous terus donk, pakai profile Wordpress aja, jadi bisa lebih menjual blogmu loch :D

    ReplyDelete