Es Durian Ganti Nan Lamo, Es Durian Terenak Di Dunia!

Inilah Cerita tentang Es Durian paling enak seRanah Minang, bahkan se Indonesia! Atau bahkan dunia (hehehe...lebay yach?) Tapi jujur, menurut saya, es krim ini bener-bener enak dan worth banget. Seandainya nggak inget bahwa durian berbahaya untuk kesehatan, rela deh konsumsi makanan ini setiap harinya. Sayangnya, diantara saya dan durian ada kesehatan. Nggak bisa dech saya berselingkuh ke durian dan mengkhianati kesehatan. Saya tka sampai hati tentunya. Hehehe...
Anyway, kembali ke awal, Es Durian adalah salah satu jenis kuliner favorit yang sudah pasti wajib hukumnya kalau anda-anda-anda dan anda sekalian berkunjung ke Kota Padang. Kenapa? Es Durian ini autentik banget sama Kota Padang. Bisa jadi, citarasa makanan inilah salah satu yang melambungkan nama Kota Padang. Nggak afdol ke Padang kalau belum icip-icip es durian ini. Duh...jadi terbit air liur mengenang detik-detik suapan es tersebut menyentuh lidah saya. Cessssss.......Jadi, Ceritanya Incek Sinyo adalah seorang pembuat es krim (ada fotonya loch dan sudah berlangsung semenjak jaman penjajahan dahulu-fotonya aja masih hitam putih). Es krim buatannya tentu saja Es Krim Durian. Es krim durian ini sebenarnya adalah isi macam-macam seperti jeli, cendol, mutiara, cincau yang ditutup dengan parutan es serut dan barulah bumbu terdashyat mereka, durian cair hasil blenderan yang menutup seluruh permukaan es dan di atasnya diolesi susu kental manis coklat. Sudah terbayang belum kelezatannya? Itu es krim durian yang asli. Nah, variasinya beredar dalam berbagai bentuk seperti misalnya es durian polos saja (yummy!) dan es krim durian (bener-bener enak!). Nah, Es Durian Incek Sinyo ini beroperasi sejak lama di Jalan Pulau Karam, dekat Pondok (warga setempat menyebutnya demikian). Entah semenjak kapan, mungkin semenjak sepeninggalan Incek, es durian tersebut pindah ke tepat seberang lokasi lamanya. Di sanalah untuk berikutnya es durian tersebut beroperasi, dengan setia menjual es durian yang super enak dan beberapa jenis makanan seperti pempek dan sate padang. Nah, kemudian, di tempat yang lama tersebut tiba-tiba muncul toko serupa yang menjual es krim juga. Es Krim tersebut bernama Iko Gantinyo. Artinya, es krim baru ini mengklaim diri sebagai penerus restoran es krim Incek Sinyo yang dahulu. Nah, gak mau kalah donk, masak kakek mereka diakui orang lain, Es Durian yang pindah tersebut menambahkan nama baru pada merek mereka, Es Durian Ganti Nan Lamo. Tag line mereka pun “Ikonyo Es Durian ‘Incek Sinyo’ Nan Lamo” yang artinya kurang lebih “Ini loh, es durian Incek Sinyo yang lama”. Jadi, kalau anda main-main ke daerah pondok ini, anda akan bertemu dengan dua jenis es krim yang masing-masing mengklaim bahwa mereka adalah penerus kejayaan es krim Incek Sinyo yang memang super enak tersebut. Mana yang akan anda pilih, silahkan tentukan sendiri. Harganya sich nggak beda. Sama malah!
Nah, masuk ke dalam restoran ini, anda akan berjumpa dengan seorang enci super sibuk yang bolak balik melayani pelanggan. Meja dan kursi set di dalam restoran tersebut hanya ada sekitar 8 buah. Makanan utama yang disajikan memang hanyalah es krim, namun makanan yang agak berat juga ada koq, misalnya gado-gado, empek-empek dan sate padang. Durian menjadi menu utama disini. Alpukat juga (ditulis dalam nama ‘pokat’). Selain ada es durian dan es krim durian, anda juga bisa menikmati jus durian. Hm...gimana rasanya yach? Pasti sedep! Harga makanannya sendiri nggak terlalu mahal, es durian dan es durian tok (alias es durian aja, tanpa campuran lain-lain) hanya berharga Rp. 11.000 sementara es krim duriannya Rp. 12.000. cukup murah meriah buat nongkrong malam-malam. Oh yach, lokasi ini juga ramai didatangi anak muda dan keluarga yang ingin menghabiskan waktu malam hari. Suasana restorannya sendiri cukup fancy dan berwarna cenderung kemerahan. Suasana yang ingin dibangun gak jelas, antara vintage dengan adanya foto-foto lama berpadu dengan fancy dan modern terutama dengan hiasan-hiasan dari plastik yang memenuhi beberapa bagian dinding. Kalau anda memang berkunjung ke Padang, kunjungan kesini wajib banget! Jalan kaki dari pantai juga tak terlalu jauh, hitung-hitung olahraga. Pokoknya, tanya aja orang-orang, Pondok atau daerah Pulau Karam tuh dimana. Kayaknya pusatnya makanan mulai dari sate, martabak hingga nasi dan minuman termasuk es, memang berkumpul disini. Dijamin, anda coba, anda ga akan pernah lupa rasanya. Jamin mau lagi! Kalau anda ke Padang, nggak keberatan khan bawain saya satu bungkus es krimnya? Duh...terbit selera saya :)

4 komentar: