Informasi Lengkap di Malang Tourist Information Center

Salah satu dari sedikitnya kota yang memiliki pusat informasi turis. Untuk itu, saya harus banyak berterima kasih kepada Kota Malang. Saya bahkan harus berterima kasih lebih banyak lagi karena pusat informasi turisnya buka! Bukan sekedar sebuah gedung simbolik yang tidak terurus dan tutup. Alih-alih gedung, wujud pusat informasi turis ini hanya berupa sebuah bangunan sederhana seperti kios namun sekali lagi, tempat ini buka! *yippppiieee*
Malang tampaknya sangat sadar akan posisi mereka yang sangat strategis sebagai tempat wisata dan juga sebagai salah satu titik awal kunjungan turis yang akan ke Bromo. Pusat informasi turisnya saja tercatat ada dua buah di tempat yang tidak terlalu berjauhan. Dua-duanya buka dan informatif! Ya, ada dua pusat informasi turis yang berada di pusat kota. Satu kios berada di dekat Katedral Malang dan satunya lagi berada di Alun-Alun Malang, pusat kegiatan warga kota ini. Seperti umumnya pusat informasi turis, tempat ini dibekali dengan buku tamu, brosur-brosur, peta dan informasi yang bisa membantu anda mencapai Bromo. Ya, Malang sangat Bromo oriented. Tampaknya memang segala macam arus kunjungan turis akan sedapat mungkin dialihkan ke Bromo sebagai titik puncak kunjungan wisatawan selama di Malang atau Jawa Timur. Mereka menyediakan segala macam informasi yang berkaitan dengan hotel, persewaan mobil, tur yang bisa diatur dan jasa pemandu. Selain Bromo, tentu ada brosur yang berkaitan dengan Kota Malang sendiri, Batu dan Surabaya. Saya bahkan diberikan brosur fotokopi peta Kota Malang dan objek wisata yang ada di dalamnya. Hampir semuanya bisa dicapai dengan berjalan kaki.
Mbakyu yang berjaga di dalamnya ada dua orang dan mereka berdua berbahasa Malang dengan sangat kental. Pengetahuan mereka akan produk-produk wisata yang ada di pusat informasi ini mencapai 90%. Mereka tahu sebagian besar lokasi, paket tour, rute, kendaraan hingga tempat-tempat yang tidak ada di peta (saya menanyakan sejumlah tempat tujuan yang tidak ada di peta dan mereka bisa menjawabnya!). Saya sangat senang bisa datang ke pusat informasi turis ini. Kalau misalnya anda butuh bantuan tentang perjalanan wisata anda, silahkan datang ke Pusat Informasi Turis Kota Malang. Dijamin, servisnya akan membuat anda sangat terbantu. Kunjungi Malang Tourist Information Center (MTIC) di Jalan Jend. Basuki Rahmad 06 Malang 65119, telepon (0341)323966

3 komentar:

  1. Yaaak setuju...harusnya kota wisata emg hrs punya information center,spy turis mudah jalan2nya...saya Paling suka tu ngumpulin peta2 parawisata gitu...soalnya isinya melulu ttg wisata unggulan,jd kita kan gak rugi ticket pesawat...qqqq (Lagi-Lagi advanture.wordpress.com nih)

    ReplyDelete
  2. hehehe...makanya, saya langsung jatuh cinta sama Malang...kota ini bener2 siap sama urusan wisatanya :D
    hiduupppp

    ReplyDelete
  3. Halo, Indahnesia!

    Artikel yg sudah lama, namun tidak usang karena selalu bermanfaat bagi traveler lainnya. Berkat tulisan ini, saya makin pede explore Malang sekitarnya akhir Des 2013 lalu.

    Menurut saya, kota Malang sendiri nggak memiliki banyak spot wisata. Kotanya kecil namun terkesan apik.

    Makanya saya malah lebih banyak main ke arah kabupaten luarnya. Banyak wisata alam yg menarik tentunya.

    "Leave nothing but footprints. Take nothing but pictures. Kill nothing but time"

    http://makanangin-travel.blogspot.com/

    ReplyDelete