Menuju Batu Dan Selekta

Sebenarnya, gampang banget mencapai Selekta dari Kota Malang. Dari Kota Malang, Terminal Landungsari (tau donk, gimana caranya dari Alun-Alun ke Landungsari? baca di sini) naik angkot berwarna pink/ungu atau bus sedang yang menuju Kediri. Kalau angkot biayanya Rp. 3.000, kalau bus Rp. 5.000. Sampai di Terminal Batu, turun . Dari Terminal, cari angkot yang berada di lintasan Selekta atau Cangar. Angkot yang melintas kedua tempat ini berwarna oranye tua/merah. Angkot ini akan berhenti tepat di depan Selekta dan anda harus jalan kaki sedikit. Kalau nggak mau ke Selekta, angkot ini juga akan mencapai Sumber Brantas, dimana anda harus berjalan kaki untuk mencapai Air Panas Cangar sekitar 1 kilometer.
Itu kisah kalau anda memilih untuk naik angkot. Kalau naik motor, pilihannya lebih luas lagi. Saya tetap memilih jalur Dinoyo sebagai titik awal untuk menuju Kota Batu. Mungkin ada jalur lain, tapi kayaknya saya paling familiar dengan jalur ini yach. Nah, sekeluarnya anda dari Terminal Landungsari, anda akan melintasi rute Kota Malang – Kota Batu. Di ruas ini, ada banyak sekali jalan masuk menuju Kota Batu. Nggak usah bingung, semua pintu masuk tersebut akan mengarahkan anda ke Kota Batu, baik yang besar maupun yang kecil. Ditambah dengan banyaknya plang BNS yang bertebaran di setiap pintu masuk tersebut harusnya membuat anda semakin yakin yach. Memang sich, beberapa pintu masuk kota ada yang berkelok dan berliku-liku, melewati pemukiman dan agak membingungkan. Kecuali anda berjiwa petualang, masih siang (sebab, malam di Batu biasanya berkabut, berbahaya!) dan sudah familiar dengan Kota ini, boleh banget dech cobain beberapa pintu masuk kota yang tersebar di beberapa titik ini. Kalau anda baru, sebaiknya pilihlah jalur utama saja. Lagipula, jalur utama ini paling dekat dengan Selekta. Jalur alternatif lebih dekat dengan beberapa tempat wisata seperti BNS, Jatim Park namun jauh dari Selekta.
Jalur utama dari Malang menuju Kota Batu hanyalah lurus. Anda cukup berjalan lurus terus saja melewati deretan perkebunan hingga kembali memasuki areal perkotaan. Ada satu percabangan besar pertama yang perlu anda ketahui dengan tulisan “Kediri”. Ini merupakan salah satu jalur utama yang akan mengantarkan anda ke Terminal Kota Batu dan lanjut ke jalur Pujon – Pare – Kediri. Kalau anda nggak memutuskan untuk masuk percabangan tersebut, luruslah terus hingga masuk ke kawasan pemerintahan kota dimana banyak terdapat bangunan kantor pemerintahan. Petunjuk jalan cukup banyak disini. Anda hanya perlu memperhatikan sebuah belokan ke arah kanan (tidak terlalu lebar) yang akan mengantarkan anda menuju Selekta. Sekali lagi, perhatikan rambu dan petunjuk jalan yach. Di jalan yang tidak terlalu lebar ini anda akan diuji kesabarannya. Jalan ini masih cukup panjang dan bahkan sampai membuat saya bertanya-tanya “masih jauhkah atau sudah terlewatkan Selekta?”. Kebalikan dari jalur utama, Di jalan menuju Cangar ini, praktis hampir tidak terdapat banyak petunjuk jalan. Kalau anda ragu, berhenti dan tanyakanlah kepada warga setempat. Ketika anda sudah melewati deretan hotel dan resort wisata, artinya anda sudah cukup dekat. Plang Selekta akan muncul di sebelah kiri jalan dan anda harus berbelok. Ikutlah jalan dan anda akan bertemu Selekta.

2 komentar:

  1. saya pernah ke malang n ke selektanya naik motor, enak juga menikmati angin yang sejuk

    ReplyDelete
  2. Iya, tangan temen saya bahkan sampai beku karena kedinginan...hihihihi...dingin banged ^^

    ReplyDelete