Mengisi Perut Di Rumah Makan Pak Kumis, Cimareme

Tersesat di Cimareme dalam pencarian Saguling ternyata membawa sedikit keberuntungan juga. Dalam perjalanan pencarian arah jalan, saya menemukan sebuah rumah makan di Cimareme yang masuk kategori enak. Rumah makan tersebut bagaikan oase di tengah-tengah warung-warung pinggir jalan yang jenis makanannya tidak begitu menggiurkan. (Rumah Makan Pak Kumis 3, Jalan Raya Cimareme No. 272. Telp 022-6860629, dekat pertigaan arah Batujajar-Cimahi). Rumah Makan ini menjual berbagai makana khas Indonesia mulai dari nasi goreng, ayam bakar/goreng, sate, soto, pecel lele, tahu, tempe, mie goreng hingga seafood seperti ikan, udang, dan cumi-cumi. Harganya menurut saya sich gak mahal, malah cenderung murah. Padahal rumah makan ini besar dan fasilitas oke punya. Tempat duduk yang disediakan berjumlah puluhan (kayaknya ada seratusan). Suasana dalamnya cukup nyaman dan ada tv. Selain saya, ada beberapa rombongan keluarga dan anak muda. Kelihatan banget kalau tempat ini tidak terlalu ramai. Ingat rumah makan jaman dahulu kan? Atau rumah makan yang ada di pinggiran kota atau di jalur jalan raya antar kota. Yah, seperti inilah rumah makan ini. Yang mengejutkan dan membahagiakan, tentu saja harga makanan yang ditawarkannya sangat tidak mahal, malah cenderung murah. Misalnya saja nasi goreng Rp. 7.000, sate berkisar RP. 10.000, soto sekitar Rp. 6.000 dan ayam bakar/goreng Rp. 7.500. Murah meriah. Harga segini baru saya temui kalau saya jalan-jalan ke sekitar sekolahan atau kampus di Jakarta. Murah. Saya memesan ayam bakar dan langsung saja saya tidak kecewa. Ayam bakarnya oke punya dan pelayanannya juga cepat. Ada the gratis pula. Makin seneng dech. Soal minuman, aneka jus ‘Cuma’ seharga Rp. 4.500 mulai dari marqisa, alpukat, mangga, melon, nanas, jeruk, sirsak, dan tomat. Minuman lainnya tidak terentang jauh dari harga ini. Yang termahal hanyalah Fanta Susu Rp. 6.500 dan Es Marqisa Soda Rp.5.000. Yang termurah adalah Kopi dan Es Teh Manis Rp. 2.000. Menyenangkan. Sayangnya, pelayannya terutama si eneng kurang tahu arah jalan. Jadi, pas saya coba tanya, si eneng mengatakan tidak tahu namun kurang inisiatif untuk mencoba membantu dengan menanyakan ke staff lain yang mungkin tahu. Tapi lainnya sich OK.

2 komentar:

  1. nasgor cuman 7 rbu, wah murah tuh.cocok buat buat backpacker..

    ReplyDelete
  2. hihihi....ini baru namanya tersesat membawa nikmat :D

    ReplyDelete