Sebelum Ke Sumatera Barat

5 Hari! Adalah waktu yang saya punya untuk melakukan maraton perjalanan selama kunjungan di Sumatera Barat. Tidak tepat 5 hari karena pesawat yang akan membawa saya dari Jakarta ke Padang baru tiba sore hari. Alhasil, saya tiba di Padang pada malam hari. Praktis, waktu yang tersisa bagi saya hanyalah 4 hari dan 4 malam saja. Mau melihat apa di Sumatera Barat selama 4 hari dan 4 malam?
Sumatera Barat memang bukanlah rute wisata yang tidak umum. Sudah banyak rute wisata yang berkeliling tempat ini dan bisa memberikan rekomendasi kepada saya. Sumatera Barat memang dikaruniai dengan kecantikan fenomena alam disertai dengan lokasi yang tidak terlalu berjauhan antar objek wisata. Bukan hal yang cukup sulit untuk berwisata ke Sumatera Barat. Dari sekian jumlah teman anda, paling tidak pastinya ada satu atau dua yang pernah berjalan-jalan ke tempat ini. Coba dech, korek-korek informasi akan tempat ini dari mereka. Biasanya, akan muncul satu atau dua hal yang sangat menarik dan tidak dapat anda temukan pada rekomendasi oleh teman anda yang berbeda. Misalnya, teman A makan di tempat A dan teman B makan di tempat B di dalam kota yang sama. Keduanya mengklaim kedua jenis makanan tersebut enak! Pusing memilihnya kan?
Waktu 5 hari yang saya peroleh untuk mengelilingi Sumatera Barat pun tidak terasa cukup pastinya. Ada banyak sekali objek wisata yang tidak akan dapat saya sentuh karena keterbatasan waktu. Berhubung luasnya wilayah ini, saya yakin, saya hanya dapat mengeksplorasi sebagian kecil objek wisata saja. Itupun pada umumnya termasuk objek wisata yang umum dan terkenal. Buat anda pelancong pertama Sumatera Barat, anda wajib mengunjungi lokasi-lokasi utama ini. Sekedar mengesahkan bahwa anda sudah pernah menjejakkan kaki di Tanah Sumatera Barat. Apabila anda datang lagi ke Sumatera Barat untuk kali kedua atau ketiga, anda bisa coba objek wisata yang tidak umum dan sedikit ‘tersembunyi’ guna menikmati keasrian alamnya yang pastinya lebih terjaga.
Berhubung budget kita terbatas, maka perjalanan ini bukanlah perjalanan bermewah-mewah yang anda idam-idamkan namun menguras kantung. Kegiatan wisata ini bisa dilakukan siapa saja asalkan mempunyai dana cukup dan waktu untuk memastikan segalanya berada tempatnya. Lupakan hotel berbintang-bintang atau bermelati-melati. Buat saya, sepanjang kasurnya nyaman dan cukup bersih, saya bisa tertidur dengan nyenyak biar besoknya seger kembali dan siap untuk berjalan-jalan. Penginapan benar-benar difungsikan sebagai tempat untuk tidur saja. Siap Berkeliling Ranah Minang sama saya? Yuk...Mari!

3 komentar: