Terminal Bus Litha, Tempat Anda Berangkat Ke Toraja

Litha & Co. adalah nama sebuah perusahaan otobus yang beroperasi di wilayah Sulawesi Selatan hingga Barat dan Tengah. Untuk anda yang mau pergi ke Rantepao, Tana Toraja, pastinya sudah sangat familiar sekali dengan bus yang satu ini yach. Pada bus Toraja, dominasi penumpang pun masih diwarnai orang asing sementara itu orang lokal banyak memenuhi bus dengan jurusan lainnya. Di dalam beberapa buku panduan, salah satunya adalah Lonely Planet, disebutkan bahwa bus ini memiliki kelas eksekutif yang baik, bahkan lebih baik daripada kelas bisnis di pesawat terbang sekalipun dan ini bukan candaan. Untuk kelas VIP, bus ini memang memiliki sandaran kaki, ruang kaki yang lega dan kapasitas tempat duduk terbatas (satu bus maksimal 30-35 orang) serta AC yang super dingin. Beberapa bus lain yang juga memiliki kelas VIP adalah Bintang Prima yang kantor perwakilannya terletak tidak terlalu jauh dari Litha dan hanya berseberangan sisi, masih di wilayah Tello.
Bus ini melayani rute berbagai kota di Sulawesi Selatan seperti Pare-Pare, Rantepao, Makale, Masamba, Malili, Sorowako, Bone-Bone, Palopo, Sulawesi Tengah yakni Pendolo, Tentena, Poso dan Kolonedale serta Sulawesi Barat yaitu Mamuju dan Polewali. Bus ini cukup praktis untuk dijadikan sarana angkutan yang akan membawa anda ke banyak kota yang jauh-jauh di Sulawesi. Misalkan saja, jarak antara Makassar dan Rantepao sekitar 300 kilometer-an. Anda bisa bayangkan bagaimana jarak antara Makassar ke Sorowako atau Poso yang dapat mencapai 20 jam perjalanan? Pastinya sangat jauh. Sekedar gambaran, biaya perjalanan dari Makassar ke Rantepao dengan bus VIP seharga Rp. 80.000 dan berangkat pukul 10 malam. Ada pula bus reguler non VIP (non ac dan kapasitas lebih banyak) yang berangkat lebih awal sekitar pukul 8 dan dihargai Rp. 60.000. Kalau malam sich AC mungkin tidak menjadi soal, namun kalau siang sich sebaiknya anda memilih bus ber AC saja. Bukan apa-apa, panas, bo!
Walaupun memiliki sandaran kursi dan bangku yang bisa direbahkan, namun kenyataannya saya tidak bisa tidur sama sekali sepanjang perjalanan. Saya hanya tidur ayam sedikit sekali. Entah karena terlalu bersemangat ataupun memang ada yang salah dengan bangkunya. Bisa jadi juga, saya memang tidak terbiasa tidur di kursi seperti itu. Lokasi Bus Litha & Co ini terletak di Tello, arah luar kota Makassar tidak terlalu jauh dengan Terminal Daya. Kalau dari arah Maros, anda akan menjumpai Makassar Town Square terlebih dahulu baru tak lama kemudian terminal bus Litha ini muncul. Untuk anda yang bepergian pada musim kunjungan liburan (Juli-September) sebaiknya selalu melakukan booking terlebih dahulu agar mendapat kepastian tiket. Apabila anda kebetulan sudah berada di Makassar, adalah lebih bijak untuk terlebih dahulu mengambil tiket pada hari sebelumnya agar kepastian tempat duduk anda terjaga. Kalau kebetulan masih di luar Makassar, usahakanlah sampai di Tello pada pukul 9 malam sebelum bus berangkat pada pukul 10 malam. Mbak yang menerima telepon berkata bahwa waktu menunggu tiket bookingan paling lama adalah pukul 9 malam. Lebih dari itu, tiket akan dijual karena waktu keberangkatan tinggal satu jam lagi. Berminat menjelajahi Sulawesi dengan bus ini? Silahkan hubungi Litha & Co. di (0411) 442263

0 komentar:

Post a Comment