Nggak Semua Tongkonan Adalah Objek Wisata

Aneka Tongkonan yang akan anda temui dan nikmati dengan mata anda sepanjang perjalanan membuat saya tidak berhenti-berhentinya mengambil foto disana sini. Rasanya, saya seperti berada di sebuah objek wisata yang sangat besar dan memang benar, saya berada di Tana Toraja, tanah budaya yang unik khas Sulawesi Selatan. Nggak heran kemanapun anda pergi, anda akan bertemu dengan Tongkonan unik baik rumah tinggal maupun lumbung beras. Dalam ruas Sangalla, saya menjumpai banyak sekali Tongkonan tepat di tepi jalan. Tentu, kesempatan ini tidak saya sia-siakan untuk berhenti, berfoto dan berpose.
Untuk sekedar anda tahu, Tongkonan adalah tipe bangunan yang masih digunakan oleh masyarakat Toraja pada umumnya baik untuk rumah tinggal maupun lumbung beras. Oleh karena itu, selain Tongkonan yang didirikan di objek wisata pada umumnya, anda akan menjumpai macam ragam aneka Tongkonan yang merupakan milik pribadi dan perseorangan seperti yang banyak saya abadikan di sepanjang ruas Sangalla. Untuk meyakinkan diri apakah Tongkonan yang anda lewati atau kunjungi boleh difoto atau tidak (selain Tongkonan tempat wisata), usahakan untuk bertanya terlebih dahulu kepada penjaga atau kalau mungkin sang penghuni rumah. Seperti halnya deretan Tongkonan lumbung padi yang terdapat di sekitar Sangalla. Saya sempat masuk ke dalam lokasi yang tampaknya sekilas seperti objek wisata ini. Pada waktu saya memarkir motor saya, seorang pemuda yang berjaga di depan salah satu Tongkonan sampai memandang heran kepada saya. Untungnya saya segera menghampirinya dan bertanya, “apakah deretan Tongkonan yang ada disini merupakan objek wisata yang boleh difoto-foto?”. Dengan sigap pemuda tersebut menjawab “oo...ini milik pribadi”. Oh, saya sudah melampaui batas tampaknya. Saya segera meminta maaf dan mohon diri dari tempat tersebut. Mudah-mudahan kejadian ini berguna agar anda selalu ingat bahwa tidak semua Tongkonan adalah tempat wisata seperti yang saya lakukan. Ijin memang diperlukan agar anda (dan saya) tidak melampaui ranah pribadi milik seseorang.

2 komentar:

  1. Tongkonan adalah rumah adat orang Toraja, bukan objek wisata, tapi tongkonan bisa jd objek wisata karena unik dan memiliki nilai seni yang tinggi.

    ReplyDelete
  2. yup. Betul. keunikan dan nilai seni yang tinggi yang membuat Tongkonan dan Alang layak menjadi objek wisata :D

    ReplyDelete