Mengapa Harus Ke Karimunjawa?

Tahun ini tampaknya merupakan waktu bagi saya untuk kembali mengunjungi daerah-daerah wisata yang sebelumnya pernah saya kunjungi. Kali ini, saya kembali mengunjungi Jawa Tengah untuk kali kedua dalam selang tiga bulan saja. Untungnya, saya tidak harus mengulang rute yang sama. Kalau pada perjalanan saya sebelumnya, saya mengunjungi Semarang, Kudus, Solo, Yogyakarta, Magelang dan Purwokerto, maka tujuan perjalanan saya kali ini adalah Jepara dan Karimunjawa. Destinasi lainnya akan saya anggap sebagai bonus. Hehehe.
Karimunjawa, adalah sekumpulan pulau (sekitar 27 buah pulau) yang tersebar di utara Kabupaten Jepara, di Laut Jawa. Karimunjawa masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Jepara. Kumpulan kepulauan ini sedang naik daun akhir-akhir ini loch. Penyebabnya adalah trend olahraga menyelam atau diving yang sedang naik daun. “Kalau nggak menyelam, kayaknya kurang oke yach”, begitu kata mereka. Semuanya berlomba-lomba menyambangi tempat-tempat indah untuk menyelam. Kiblat wisata semuanya mengarah ke wisata bahari. Menyelam jadi semacam trend untuk saat ini. Spot-spot penyelaman menarik di seluruh Indonesia (dan dunia) digandrungi oleh penikmat dan bakal-penikmat kegiatan ini. Salah satunya adalah Kepulauan Karimunjawa Di Jepara. Di Indonesia, sebenarnya ada banyak sekali spot-spot penyelaman menarik dari ujung barat ke ujung timur, sebut saja Sabang, Sikuai, Bangka, Derawan, Bali, Takabonerate, Lombok, Riung 17 Pulau, Labuan Bajo, Wakatobi, Togean, Bunaken, Halmahera, Seram, Raja Ampat, Biak dan banyak lagi. Namun Karimunjawa menang dari segi tempat. Posisinya yang cukup dekat dengan Jakarta membuat turis-turis reguler mudah menjejakkan kakinya di sini. Lagipula, ongkos perjalanan jauh lebih murah dibanding harus menuju Sulawesi, apalagi Papua yang berada di ujung timur. Oh yah, satu hal lagi, Karimunjawa termasuk dalam salah satu tempat penyelaman untuk kategori pemula. Ini juga alasan penguat mengapa Karimunjawa naik daun dengan cepat.
Nah, agar anda bisa ikut dalam percakapan-percakapan seputar diving yang sedang nge-trend di masyarakat saat ini dan nggak menjadi penonton saja, pastikan donk, anda sudah mencicipi jenis olahraga yang satu ini. Masalah nanti anda suka atau nggak, ya itu urusan belakangan. Yang penting, anda sudah pernah mencoba dan bisa memberikan komentar. Bukan hanya sekedar terkagum-kagum saja ketika melihat foto bawah laut yang eksotis dan berwarna-warni. Jadi, sudah siap mencicipi diving? Yuk, kemasi barang-barang anda, kita berangkat ke Karimunjawa!

10 komentar:

  1. aku belum pernah diving...nungguin foto divingnya Lomar yang eksotis aja ah...:)

    ReplyDelete
  2. ahahahaha....Sayangnya bu, saya nggak punya foto diving bawah laut. Saya nggak punya kamera bawah laut...huhuhuhuhu *sedih* foto fotonya di atas darat aja yach :D

    ReplyDelete
  3. Lah ini kok udah seminggu lebih masih pengantar aja?! Kapan mulainya?!!! Saya udah pengen nyebur nih. Hehehehe

    ReplyDelete
  4. wakakakakak.....maklum Oom...ada urusan di rumah yang ga bisa ditinggalkan....hehehe...jadinya nggak ngeblog2 dech. Siap ngeblog lagi koq ini :)

    ReplyDelete
  5. gwa baru sekali nyoba diving di benoa, bali. bukan pemula lagi tapi diving utk org yg gak bisa berenang...hahahaha

    ReplyDelete
  6. hmmm...kalau ini di Karimunjawa adalah pengalaman pertama saya. hehehehe....Untungnya, Karimunjawa tergolong diving pemula.

    trus, pulang-pulang dari Benoa gimana? sukses jadi perenang handal donk? hihihihi

    ReplyDelete
  7. kapan ke karimun jawa untuk ketiga kalinya? ikutan dong :D

    ReplyDelete
  8. Yongkieeeee......

    baru maen dari Karimunjawa juga yach? gue kemaren baru liat foto-foto outing kantor lo ke Tidung. hahaha...ternyata udah setahun yg lalu yach :D hmmm...ternyata ente penggemar wisata laut juga yach...ehehehe...gimana rasanya diving? :D

    ReplyDelete
  9. eerrr... blum ke karimun jawa.. makanya kalo ada kesana ngajak ngajak yeee :D
    ampe skrg blum pernah diving *blush* nunggu ada kesempatan deh :p

    ReplyDelete
  10. hehehe....yang lebih eksotis gimana? misalnya Togean Tojo Una-Una, atau Wakatobi, atau Derawan? hehehe....siap! nanti tak info-infokan :D hohohoho

    ReplyDelete