Sepinya Semarang Bandara - Terboyo

Semarang adalah kota yang sepi, buat saya. Perjalanan saya via taksi dari Bandara Achmad Yani, Semarang Barat hingga ke Terminal Terboyo, Genuk, harus saya lalui dengan melewati wilayah kota yang gelap dan sepi. Jarang sekali terdapat bangunan menyala di kanan kiri. Yang tampak di sekeliling saya hanyalah bangunan-bangunan gelap yang saya nggak terlalu yakin itu apa lantaran terlalu gelap. Ketika sudah bertemu keramaian pun, kendaraan-kendaraan berat berukuran panjang mendominasi perjalanan ini. Di kejauhan, tampak Pelabuhan Tanjung Mas bersinar terang. Oh, saya sudah berada di wilayah pelabuhan tampaknya. Pantas saja, banyak kendaraan-kendaraan berat.
Sekitar setengah jam, taksi berhenti di Terminal Terboyo. Seperti yang sudah-sudah, saya sudah tahu bagaimana cara mencari bus di terminal ini. Mirip-mirip sama terminal-terminal lainnya di Indonesia sich. Kalau mau cepet, jangan pernah masuk terminal. Carilah bus di pintu keluar terminal saja. Bus-bus ini biasanya sudah siap berangkat. Memang sich, ini jadi celah bisnis bagi para supir angkutan tersebut. Mereka menjadi malas untuk berlama-lama di dalam terminal namun langsung bergegas menuju pintu keluar terminal. Untungnya, lokasi perhentian bus di tempat ini tidak terlalu lebar. Akibatnya, bus-bus yang sudah mencapai tempat ini hanya bisa berhenti dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Bus yang berhenti terlalu lama dipercaya akan menganggu bus lain yang akan keluar juga. Berhubung Terminal Terboyo adalah terminal besar di Semarang, maka terminal ini melayani hampir semua rute di seluruh Jawa Tengah, hingga luar propinsi. Anda harus bersabar mencari bus rute anda, terlebih apabila rute bus anda termasuk bus yang agak jarang frekuensinya, contoh : Semarang - Jepara.

3 komentar:

  1. semarang kota yang adem ayem...layaknya kota kota lain d d jawa tengah.
    Salam kenal ea

    ReplyDelete
  2. hehehehe....buat saya, Semarang tuh Panas, apalagi Semarang Utara. Kalau yang adem mungkin maksudnya Gunung Pati ke bawah kali yach...hehehehe...

    Salam kenal juga :)

    ReplyDelete
  3. semarang kaline banjir.. banjir lagi nggak mas semarang utara?

    oh ya, padahal semarang-jepara itu kan hampir sama kayak jogja-solo ya? tapi kok bisa malah frekuensi busnya jarang? kalau bus yang ke arah surabaya mampir jepara nggak sih?

    ReplyDelete