Antara Kudus Dan Semarang

Kudus – Semarang terpisahkan oleh jarak sejauh 51 KM. Dalam kondisi normal dan kendaraan pribadi, anda bisa menghubungkan kedua kota ini dalam kurun waktu satu jam. Nah, berhubung saya naik kendaraan umum, jarak kedua kota masih normal kalau ditempuh dalam waktu 1,5 hingga 2 jam. Saya berpelesir menuju Kudus dalam rangka menghadiri pernikahan salah seorang sahabat baik saya. Ijab Kabulnya dilangsungkan pada pagi hari sehingga saya mungkin tidak akan sempat mengejar acara tersebut. Saya akan mengejar acara resepsi yang dimulai pada pukul 11 saja dech. Untungnya, saya sudah tiba di Kudus dalam waktu 1,5 jam. Nah, saya naik bus besar ber AC dengan deretan tempat duduk 2 di kiri dan 3 di kanan. Bus ini memiliki televisi dan DVD player untuk memutar musik-musik dangdut pilihan sang kenek atau supir *ARRRGGGHH*. Dengan harga Rp. 20.000, saya bisa tiba di Kudus dengan selamat. Perjalanan ini akan menempuh ruas Pantai Utara Jawa yang kalau diteruskan akan tiba di Surabaya. Perjalanan ini akan memakan waktu 1,5 jam dan sebagian besar waktu perjalanan akan dihabiskan di Kabupaten Demak. Selepas Kabupaten Demak, bus akan segera masuk Terminal Kota Kudus. Bus juga akan berhenti satu kali di Terminal Kota Demak (Kalau anda nggak membutuhkan perhentian ini, coba dech cari bus cepat ber AC. Tanyakan, apakah bus akan berhenti-berhenti atau tidak. Siapa tahu, bisa mencapai Kudus lebih cepat dari yang diperkirakan?). Di Demak, jumlah yang turun akan sama banyaknya dengan jumlah yang naik. Bus ini juga akan melewati Pasar Demak yang berukuran sempit. Di Pasar Demak, biasanya banyak penumpang yang naik dan tak lupa, pengamen juga. Anda harus ekstra hati-hati dan waspada akan barang bawaan anda sewaktu berada di Terminal Demak dan pasar Demak. Tipe pengamen yang membagi-bagikan amplop berisi tulisan tangan yang mengiba-iba pun sudah ada disini. Tidak tanggung-tanggung, amplop tersebut langsung dibuka di depan kita untuk memastikan kita memberikan mereka uang atau tidak. Maaf yach, gaya meminta-minta seperti itu sudah sangat basi untuk saya!
Perjalanan Semarang – Kudus merupakan perjalanan yang cukup membosankan. Hal ini disebabkan oleh lurusnya medan jalan yang ditempuh dan monotonnya pemandangan yang bisa dilihat. Landmark yang cukup menarik di sepanjang jalan ini mungkin hanyalah Masjid Agung Demak yang cukup historikal dan terkenal. Lainnya mungkin Kota Tua Demak yang berada persis di depan alun-alun Demak. Selain dua hal tersebut, praktis tidak ada lagi objek menarik yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan. Mungkin anda akan terkesan pada rumah khas Jawa Tengah bagian utara dengan bentuk Joglo dan di atapnya terdapat banyak sekali ukiran kecil-kecil berderet. Tapi, anda akan menjumpai banyak rumah serupa di pinggiran ruas jalan Semarang – Kudus. Dapat dipastikan, rumah yang pertama terlihat unik ini akan membosankan juga akhirnya untuk anda.
Yang menyenangkan dari perjalanan ini adalah saya merasakan Orang Semarang dan sekitarnya sangat baik-baik. Pertama, saya sudah sempat ditraktir uang peron oleh ibu yang tidak saya kenal sama sekali. Mungkin ibu itu melihat saya kebingungan di terminal sehingga ia membimbing saya menuju terminal keberangkatan. Kali kedua, saya dibantu oleh ibu yang juga akan menuju ke Kudus, tapi bukan Kudus Kota melainkan Kabupaten Kudus. Setelah sempat mengobrol-obrol sejenak akan tujuan saya ke Kudus, sang ibu meminta peta yang saya pegang untuk dipelajari. Selang mempelajari sebentar, ibu itu memberitahu saya agar saya turun di Terminal Kota Kudus dan berganti angkot satu kali yang warna kuning dengan lis berwarna coklat di bagian bawahnya. Angkot tersebut akan menuju ke Colo, desa di kaki Gunung Muria, Kudus. Nah, tempat yang saya tuju, kecamatan Bae ini berada di perlintasan angkot tersebut. Berkali-kali ibu itu mengingatkan agar saya tidak lupa akan warna angkot dan tempat tujuan saya. Baik sekali yach? Jadi terharu. Hehehe. Ibu itu bercerita bahwa ia pernah ke Jakarta (setelah tahu asal saya dari Jakarta) dan kebingungan di Terminal Blok M. Dalam kebingungannya, ia ditolong orang dan diberikan petunjuk. Oleh karena itulah, ia tidak bisa melihat saya yang kebingungan di dalam bus. Ia langsung tergerak hatinya untuk menolong saya. Sembari jalan, ibu itu juga menunjukkan tempat-tempat menarik yang ada di sepanjang perjalanan seperti misalnya Masjid Raya Demak yang terkenal itu. Pada saat saya turun pun ibu itu memberikan salam dan saya memberikan salam balik kepadanya.

2 komentar:

  1. Sebetulnya ada satu hal menarik di Kudus yang kerap luput dari perhatian orang. Yakni, genteng rumah yang ada cungkupnya. Nggak tau deh apa arti cungkup dalam Bahasa Indonesia. Tapi yang kayak bulatan-bulatan berbaris rapi itu, lho (tuh, di foto di atas juga ada). Kalau saya perhatikan ada beberapa model cungkup. Sayangnya saya nggak tahu cungkup dan masing-masing variannya melambangkan apa (tahu sendiri kan orang Jawa, segala sesuatu pakai dan jadi perlambang). Eh saya jadi terharu lho, orang Semarang dibilang baik-baik :). Btw, saya juga pernah punya pengalaman menarik berkaitan dengan lagu dangdut. Suatu hari di tahun 2000-an, entah mengapa saya terpuruk di sebuah bis umum dari Semarang ke mana, gitu. Berkumandanglah sebuah lagu dangdut. Berhubung saya suka dangdut, jadi saya sama sekali tak berniat menulis AAARGGGHHH...Hehehe... Kebetulan lagu yang diputar adalah 'Anggur Merah'. Favorit saya banget, tuh! :). Itu lho, yang ada lirik "Sungguh teganya dirimu teganya teganya teganya teganya teganyaaa....". Dengar punya dengar, kok kayak ada yang aneh,ya? Setelah saya cermati, ternyata itu dangdut parodi. Kisahnya begini: si penyanyi alkisah mempunyai istri yang tengah hamil muda. Si istri ngidam mangga muda. Tapi mangga muda bukan sembarang mangga muda, melainkan mangga muda yang harus DICOLONG sang suami a.k.a si penyanyi itu dari rumah tetangganya. Si suami menolak sedaya upaya tak kuasa, akhrinya dia menyerah juga. Singkatnya, di tengah malam yang pekat dan sunyi ia mengendap-endap di rumah tetangga dan sukses membabat beberapa buah mangga. Dalam hati ia bersorak gembira. Sungguh nahas, tanpa ia sangka ia kepergok para peronda. Walhasil iapun digebukin (karena tetangganya nggak sadar bahwa si maling adalah warga sekitar). Akhirnya setelah babak-belur ketahuan juga bahwa ia adalah warga. Dan massa yang tadinya menggebuki dengan emosi tertawa terbahak-bahak setelah tahu bahwa ia nyolong demi memenuhi tuntutan sang jabang bayi. Kalimat 'anggur merah dst. diganti 'obat merah (yang dibalurkan ke sekujur tubuhnya yang bonyok karena dijotosi massa) tak mampu mengobati luka hati ini. Blablabla... (saya lupa, kira-kira aja, ya). Ini semua karena kau memaksaku nyolong mangga tetangga. Sungguh teganya dirimu teganya teganya teganya teganya teganyaaa...." Hahahaha.... Sungguh, rasa bete gara-gara naik bis sumpek tanpa AC benar-benar terhapus oleh lagu ini. Bahkan saya minta kenek mengulanginya 3-4 kali lagi, sampe diprotes penumpang yang lain yang pengen dengerin lagu berikut. Hihihi.....

    ReplyDelete
  2. Produk dijamin asli ori dan dapatkan harga promo
    Natalia Shop : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor.
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS: 0857-1721-2287 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://fw.to/cC28ZHC
    BlackBerry>Samsung>Nokia>Apple>Acer>Dell>Nikon>DLL

    SAMSUNG
    Asli Buatan Korea

    Ready Stock !
    Samsung L9100 Galaxy S2 - Black
    Rp. 1.000.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 8.9, 16GB - Pure Whit
    Rp. 1.600.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 7.7 Super AMOLED Plus
    Rp.1.500,000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Note N7000 - Black
    Rp. 1.700.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
    Rp. 1.000.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
    Rp.1.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus
    Rp. 1.000.000.

    Ready Stock !
    P7100 Galaxy Tab 10.132GB
    Rp. 1.850.000,-

    Ready Stock
    Samsung Galaxy Y i509 CDMA - Pure White
    Rp. 550.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 7" plus ALL WHITE
    Rp.1.000.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Pocket GT-S5300 - Black
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy W i8150 - Soft Black
    Rp.800.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Ace GT S5830 - Onyx Bl
    Rp.750.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Chat GT-C3222W Wifi – Dual GSM - Noble Black
    Rp.400.000,-

    BLACKBERRY
    Asli Buatan Canada

    Ready Stock !
    BlackBerry 9380 Orlando - Black
    Rp.900.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 8520 Gemini
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
    Rp.800.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Curve 9320
    Rp.700.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold 9900 Dakota
    Rp.1.500.000,

    Ready Stock !
    Blackberry Torch 9800
    Rp.1.200.000,

    Ready Stock !
    Blackberry bellagio 9790
    Rp.1.100.000

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 9220 Davis
    Rp.650.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Torch 2 9810 Jennings
    Rp. 1.350.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 9360 Apollo
    Rp.950.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Monza 9860
    Rp.1.400.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Keppler 9300 Curve 3G
    Rp.700.000,-

    ReplyDelete