Haruskah Melewatkan Malam Di Ambarawa?

Saya sudah merasa tenang dan aman di Ambarawa. Ambarawa sudah terhitung kota besar. Artinya, angkutan tersedia cukup banyak, hampir 24 jam. Seandainya saya terjebak malam sekalipun, saya masih memiliki banyak kemungkinan untuk menuju ke kota berikutnya. Namun satu yang perlu dicermati, Ambarawa tidaklah sebesar Solo, Yogyakarta atau Semarang, atau bahkan Purwokerto atau Tegal. Letaknya yang berada di perlintasan Semarang – Yogyakarta membuat Ambarawa ramai sebagai kota perlintasan saja. Walau tersedia cukup banyak angkutan, saya rasa akan jauh lebih terjamin kalau anda bisa mencapai kota yang lebih besar sebelum malam habis. Opsi ini tidak berlaku kalau anda memang memaksakan diri untuk tinggal melewati malam di Ambarawa.
Nah, Ambarawa dan Semarang terhubung sangat baik dengan banyak bus, mulai bus besar, bus sedang, hingga bus kecil dan angkot. Untuk kenyamanan, sebaiknya anda memilih bus sedang atau besar untuk membawa anda ke Semarang. Bukan apa-apa, Semarang masih cukup jauh dari Ambarawa., sekitar 32 KM lagi. Ditambah dengan macetnya ruas Banyumanik (arah luar Kota Semarang) saat pagi dan sore hari, sebaiknya anda memperhatikan faktor kenyamanan saat akan kembali ke Kota Semarang. Jarak 32 KM dapat ditempuh dalam kurun waktu 1,5 hingga 2 jam, tergantung kepadatan Jalan Perintis Kemerdekaan di Banyumanik, Kota Semarang. Oleh karena saya tidak berencana untuk menghabiskan malam di Ambarawa, maka saya mencari bus besar yang akan membawa saya ke Kota Semarang. Bus besar terbagi menjadi bus non AC dan bus AC. Perlu anda ketahui, bus non AC akan menjadi primadona bagi banyak kaum komuter yang tinggal di luar Kota Semarang atau sebaliknya. Bersiaplah untuk berjejal-jejal saat jam pergi dan pulang kantor. Bus yang akan membawa anda kembali ke Kota Semarang adalah bus yang berjalan ke arah kanan Monumen Palagan Ambarawa dan melewati Pasar Projo. Arah sebaliknya, akan membawa anda ke Yogyakarta. Untuk mencapai Kota Semarang, anda butuh Rp. 10.000. Duduklah yang tenang di dalam bus dan jangan banyak bergerak lantaran bus penuh. Bersabarlah, maka anda akan sampai di Kota Semarang.

1 komentar:

  1. wow semakin menarik membaca kisaran ambarawa dan sekitarnya,

    ReplyDelete