Susahnya Pulang Hari Minggu Pagi Dari Toraja

Saya ternyata mengalami kerepotan saat hendak membeli tiket pulang dari Toraja ke Makassar. Apa pasal? Saya berangkat dari Makassar pada jumat malam dan tiba di Toraja pada sabtu pagi. Saya berhasil melihat-lihat Toraja dalam waktu satu hari saja dan berniat pulang pada keesokan harinya, hari minggu. Ternyata, pulang dari Toraja pada hari minggu sangat sulit. Tidak sedikit bus antar kota yang tidak membuka jalur pada hari ini sehubungan dengan masalah hari. Ada apa yach di hari minggu?
Dugaan saya, hampir sebagian besar warga Tana Toraja beragama Nasrani, termasuk para pemilik perusahaan otobus ini. Dugaan saya, karena minggu pagi banyak dihabiskan untuk kegiatan gereja dan kebaktian, maka bus yang berangkat pada minggu pagi ditiadakan. Bus baru ada lagi pada hari minggu malam, artinya tiba di Makassar keesokan paginya. Jadi, jadwal selama satu minggu selalu sama, pergi pagi dan malam pengecualian untuk hari minggu yang hanya sekali saja di sore hari. Nah, cukup banyak operator bus yang melakukan ini dimana salah satunya adalah operator yang cukup besar, yakni Litha. Beberapa operator lain yang tutup jadwal pada minggu pagi pun banyak jumlahnya. Saya sampai kelabakan takut tidak bisa pulang pada minggu pagi. Cukup lama pula akhirnya saya mencari tiket pada sabtu malam. Untungnya, tidak semua operator menerapkan kebijakan ini. Bintang Prima adalah pesaing terdekat Litha yang tidak menutup jadwal minggu pagi. Sayangnya, berhubung jumlah operator yang membuka jalur minggu pagi sedikit, kursi pun diperebutkan. Saya tidak mendapatkan kursi sama sekali di bus Bintang Prima. Saat kedatangan saya, agen pun sudah kosong, sudah santai, hampir tidak melakukan penjualan lagi sebab tiket keesokan pagi sudah terjual habis. Lemas lah saya. Saya nggak yakin bisa melakukan ‘nginap’ satu malam lagi di dalam bus.
Untungnya, cari punya cari, ada operator bus lain yang non AC yang tetap membuka jadwal pada hari minggu pagi. Saya terselamatkan oleh Bus Pelangi, salah satu yang masih membuka jadwal minggu pagi. Seperti biasa, bus berangkat sekitar jam 8 pagi. Tiket bus pelangi adalah Rp. 60.000 dan berangkat dari depan agen PO Pelangi persis di tengah-tengah Pasar Rantepao. Waktu perjalanan diestimasi sekitar 10 jam karena ruas Makassar – Pare-Pare yang sedang diperbaiki. Demikianlah sekelumit cerita bagi anda yang dengan sangat terpaksa pulang pada hari minggu pagi. Untuk anda yang yang Non-Toraja harusnya tidak mengetahui adanya informasi ini. Beberapa nomor telepon yang saya hubungi telah menyatakan tutup jadwal ataupun tiket habis mengisyaratkan kursi keberangkatan minggu pagi memang terbatas. Apabila anda dengan sangat terpaksa pulang pada minggu pagi dari Toraja, membeli tiket jauh-jauh hari adalah sangat bijak adanya.

0 komentar:

Post a Comment