Kebayoran Lama Avenue

salah satu daerah yang perlu mendapat perhatian karena masih menyisakan kehijauan yang unik di tengah tengah kota adalah wilayah Kebayoran Lama. jalan yang membentang sepanjnag Rawa Belong hingga Pasar Kebayoran Lama ini memang unik karena selain memiliki karakteristik tersendirinya sebagai jalan, jalan ini membentang hingga sejumlah kelurahan, kecamatan, bahkan hingga kotamadya.

di beberapa ruas jalan Kebayoran Lama Raya ini, anda akan menjumpai sejumlah pohon besar yang sangat nyaman untuk dijadikan tempat berteduh. lokasi pertama yang cocok untuk dijadikan rekomendasi adalah potongan jalan Kebayoran Lama di depan Jalan Jiban. Pagi ini, ketika menambal ban motor kesayangan gue yang bocor di depan Jalan Jiban tersebut, gue baru menyadari, bahwa Lokasi tersebut sangatlah teduh di siang hari yang panas tersebut. Dengan diapit dua buah pohon besar, suasana di jalan tersebut sangat rindang bahkan cenderung teduh dan dingin karena memang berangin banyak. suasana serupa mengingatkan kita pada sepotong jalan di kota kota kebun terkenal seperti Bogor ataupun Bandung.

karakteristik jalan yang dimiliki Kebayoran Lama raya ini berbeda dengan jalan lainnya dikarenakan model jalan tersebut. apabila jalan di daerah lain terlampau 'hutan' karena hanya sedikit tersentuh pembangunan, atau kondisi yang ekstrem lainnya terlalu 'gersang' karena terlalu tersentuh pembangunan, situasi di jalan ini merupakan campuran atas keduanya. di satu sisi, kerindangan jalan tetap dipertahankan dengan berdiri tegaknya sejumlah pohon pohon besar di kiri dan kana jalan. di sisi lain, pembangunan yang terus berjalan membuat daerah ini tidak terlalu terlihat seperti wilayah 'hutan'. akibatnya? tentu saja, tampilannya akan seperti kota taman yang cantik.

beberapa poin lokasi yang memang mendapat nilai outsatnding dalam kerindangan pohon adalah mulai dari wilayah Cipulir depan Gang Jiban, Wilayah Grogol Selatan - Rawa Kemiri,Grogol Utara - Perempatan Permata Hijau, Grogol Utara - Karya Baru, dan Grogol Utara - Pal 7. kerindangan pohon di wilayah ini patut diberikan acungan jempol karena pohon pohon yang berukuran cukup besar (walaupun tidak sebesar pohon di wilayah Bogor) masih dipertahankan.

sayangnya, pada beberapa bagian ruas jalan ini, terdapat pemangkasan pohon yang mungkin memang bertujuan baik yakni menghindari terjadinya roboh ketika diterpa angin kencang. pada beberapa bagian lainnya, hanya terdapat pohon-pohon kecil sisa dari pohon besar yang ditebang.

walaupun secara umum tidak mempunyai kekhasan tersendiri untuk wilayah ini, beberapa bagian ini memiliki tujuan yang menarik apabila anda rela meluangkan waktu di tempat ini. wilayah Cipulir - Kebayoran Lama (hingga Gang Kubur Islam) dijadikan perpanjangan pasar Kebayoran Lama pada waktu malam hari (selepas pukul 8-9). pasar ini adalah alternatif untuk anda yang ingin berbelanja murah dan senang jalan-jalan malam hari. dibandingkan hypermnarket raksasa, pasar tradisional ini memiliki keunggulan dari segi harga dan kesegaran. Anda bisa saja menawar harga segila-gilanya disini karena untuk harga tidak ada patokan yang jelas. kekurangannya hanyalah untuk beberpa jenis makanan yang ajaib, anda tidak akan bisa mendapatkannya di tempat ini (misal : brokoli, wijen, peterseli, oregano, dll).

wilayah Perempatan Kebayoran Lama, di malam hari di hari Sabtu sering dijadikan tempat berkumpulnya para pemilik motor. umumnya mereka memadati pinggiran jalan baik sisi kiri maupun kana jalan. menjelang malam hari, umumnya mereka suka melakukan track di wilayah ini, tentu suatu perbuatan illegal, namun apabila anda ingin menikmati suasana malam dengan melihat pertunjukkan ini, silahkan datang ke wilayah ini.

wilayah Pos Pengumben - Grogol Utara merupakan sentra pembudidayaan tanaman hias beserta atributnya. walaupun tidak sebesar Rawa Belong, namun di tempat ini memiliki banyak sekali jenis tanaman berkualitas hasil budidaya dan atribut pelengkap tanaman seperti pupuk dan peralatan berkebun. sepanjang wilayah Pos Pengumben merupakan tempat pembudidayaan. Anda harus pintar pintar memilah di sepanjang jalan ini karena tidak semua tempat menawarkan harga yang bersaing.

Pusat Penjualan Kertas dan percetakan menyebar di tempat ini. namun secara umum, penyebaran tempat ini lebih terkonsentrasi di wilayah Grogol Selatan - Cidodol. di tempat ini, anda akan banyak menjumpai kertas aneka rupa, bahkan hingga jenis kertas yang mungkin anda tidak akan pernah temui ada di tempat ini. usaha pemotongan dan percetakan pun tumbuh subur di wilayah ini. apabila ingin mencari jenis jenis kertas yang unik dan lucu, terutama untuk mahasiswa desain dan calon pengantin yang mencari kertas undangan, silahkan berkunjung ke wilayah ini.

Pool BUs Safari Dharma Raya, yang sering digunakan untuk pulang mudik ke daerah Jawa dan sekitarnya berada di kawasan Kebon Nanas - Grogol Selatan. apabila anda ingin mengunjungui sanak saudara yang terletak di iwlayah Jawa dan sekitarnya dan ingin menggunakan jasa bus, silahkan datang ke pool bus ini untuk menikmati fasilitas tersebut.

Daerah Rawa Kemiri, Grogol Selatan memiliki jejeran bengkel baik mobil dan motor yang cukup baik dengan harga tidak terlampau mahal dan bahkan cenderung miring. Benny Motor merupakan salah satu bengkel yang cukup baik terkenal kualitas dan harganya. Sementara itu, apabila anda teruskan hingga Kebon Nanas dan Permata Hijau hingga Akasia, jejeran bengkel ini akan berubah menjadi showroom baik mobil dan motor. ada beberapa dealer besar disini sebut saja Honda, Suzuki, Mitsubishi, Daihatsu, dan Toyota.

Beberapa tempat makan yang outstanding dan wajib disambangi adalah :
- Bakso Pak Alimin, Depan Jalan Asirot, Grogol Selatan. baksonya enak dan padanan bumbunya tepat. selain itu ada kerupuk kulit dan kerupuk udang yang menggoda, tentunya dengan harga murah. kelebihan dari tempat ini adalah menjual satu jenis makanan saja yakni Bakso, tanpa menjual variasi makanan lainnya.
- Bakmi AnekaSari, sebelah Kimia Farma. restoran bakmi ini menjual bakmi dengan harga miring dan porsi yang banyak. pelayanannya pun tergolong cepat dan bakminya membuat ketagihan untuk dicoba dan dicoba lagi. (catet, beberapa cowoq, ada yang nggak abis ketika makan disini!). oh yah, kalau datang kesini, jangan terlalu pagi. umumnya, tempat ini belum buka untuk waktu sepagi itu.
- Bubur Ayam Bang Tatang, penghujung jalan Kebayoran Lama Raya dengan Rawa Belong. dengan harga miring, bubur ayam ini mampu menyedot perhatian banyak orang. datanglah sebelum malam benar-benar menjelang di tempat ini, kalau tidak dapat dipastikan, bubur ayam Bang Tatang ini sudah ludes, tandas dan licin diborong oleh orang-orang yang telah setia menunggu dari pukul 5 sore.
- Nasi Goreng depan SMP 48, Cipulir, Kebayoran Lama. paduan rasa Nasi Goreng abang satu ini memang beda, tidak seperti nasi goreng lainnya. racikan bumbunya pas dan yang mencoba umumnya berkata "enak". oh yach, note untuk tempat ini adalah si abang baru buka selepas jam 6 sore. jadi, jangan makan nasgor siang siang yach.
- Nasi Uduk Bahagia, depan Djabesmen Kebon Mangga, Cipulir. dengan hrag 2000 perak, anda sudah bisa membawa pulang Nasi uduk yang enak. murah banged kan? nah, ditambah dengan ayam goreng atau bakarnya, dijamin membuat anda merem melek merasakan kenikmatan nasi uduk tersebut.
- Martabak Pukis Donat cabang Ramayana. terletak di depan Optik IKA, bekas BII. Martabak yang disajikan adalah jenis Bangka. untuk ukuran besar, hanya dihargai 10000 saja untuk keju. dijamin beneran puas dan kenyang makan martabak di tempat ini. selain kejunya kerasa banged, variasi rasa lainnya juga menantang untuk dicoba.
- Bubur Medika Permata Hijau. kebalikan dengan Bubur Bang Tatang, bubur ini dijual pagi-pagi. apabila anda kesana selepas pukul 7 siang, dapat dipastikan bubur ini akan habis dan tergantikan oleh makanan lainnya. cocok untuk anda yang berolahraga pagi dan melintas di kawasan ini sambil mencoba bubur enak ini.
- Ketupat Sayur Pal 7, dekat redaksi Tabloid Kontan. wuih, kelezatan ketupat sayur disini sudah melegenda, bahkan sudah pernah masuk tivi! lokasi ini dijadikan tempat peristirahatan bagi para pekerja kantor yang makan siang hingga satu set utuh anggota keluarga. jarang ada tempat kosong.

mungkin itu sekelumit saja yang bisa diceritakan tentang Kebayoran Lama Raya dan atribut di sepanjang jalan ini. tertarik? datang saja ke Kebayoran Lama Raya...!

0 komentar:

Post a Comment