Kompleks Sigale Gale, Tomok, Samosir

Sampai juga di Kompleks wisata SIgale gale dan Makam Raja Sidabutar! Setelah anda melewati pasar seni tomok, anda akan menjumpai area depan kompleks yang juga diapadati oleh patung menari sigale gale dan segala macam peralatan dan makam batu yang tampaknya masih terawat hingga sekarang. segala peralatan batu tersebut dipertontonkan kepada umum dan disana ada satu pemandu yang akan dengan senang hati melayani pertanyaan pertanyaan anda dan menerangkan makna dari area patung patung tersebut.

beberapa area yang ada antara lain tiruan batu kursi ambarita versi kecil(boleh diduduki), tiang kebesaran totem Sidabutar, makam sidabutar dan kompleks batu berdoa yang tampak pada foto di atas. semua patung tersebut merupakan perwujudan dari orang dengan sikap tubuh berdoa.

selesai melihat kompleks awal ini, anda tetap harus masuk dan melanjutkan menuju areal inti makam sidabutar dan rumah simbolon plus patung sigale yang sebenarnya. untuk masuk ke area awal ini tidak dikenakan biaya apapun, namun terdapat kotak sumbangan untuk turut serta membangun dan mengkonservasikan ritus budaya ini. silahkan sumbang berapapun yang anda mampu.

0 komentar:

Post a Comment