Nongging di Tongging


Selepas Saribu Dolok menuju Brastagi, anda harus berbelok ke arah kiri menuju suatu wilayah yang disebut Tongging. Tongging ini masih berada di bibir pantai Danau Toba, dengan atraksinya yang terkenal yakni Air Terjun Sipiso - Piso yang merupakan salah satu sumber air di danau toba.

Siang itu, pukul 2 siang, cuaca terik menyengat. Kami sampai di Tongging setelah melampaui perjalanan yang sangat jauh dan melelahkan karena kondisi jalan yang tidak rata dan berkelok kelok. Sesampainya di Tongging, kami segera merasakan mendapatkan suntikan tenaga baru. Air terjun Sipiso Piso yang sungguh cantik dan besar itu terhampar di kejauhan dengan bunti menderu yang sungguh menawan. Sebelum kami turun dengan perjalanan kurang lebih sejauh 1 km menuju dasar Sipiso-Piso dengan tangga buatan, kami sempatkan diri dahulu untuk berpose di sekitar Situs wisata ini.

Situs wisata tersebut cenderung sepi. Mungkin karena saat itu hari senin sehingga tidak banyak orang yang berkunjung ke lokasi wisata. hanya beberapa wisatawan asing yang nampak memenuhi areal wisata. Danau Toba terlihat dengan sangat jelas disini dan disebelahnya terdapat perbukitan dengan rimbunan pohon dan hutan yang di ujungnya terdapat bukit batu cadas dengan Air Terjun Sipiso Piso yang mengalir dengan indahnya dari ketinggian. Air Terjun itu membentuk semacam kabut ketika menuruni tebing sebelum mencapai dasar sungai. Di sepanjang areal wisata tersebut banyak ditumbuhi pohon pinus yang cukup rindang.

Perjalanan turun cukup memakan waktu sebenarnya, tergantung kecepatan orang-orang yang menuruni/mendaki anak tangga tersebut. Perkiraannya, sekitar setengah jam hingga satu jam diperlukan untuk orang menuruni/mendaki tangga tersebut. Anak tangga buatan manusia tersebut membentang dengan cukup rapih hingga pertengahan perjalanan. sisanya, sehubungan dengan wisatawan yang sudah cukup jarang menuruni air terjun tersebut, maka anak tangga sisanya cenderung pecah, hilang atau bahkan longsor di beberapa bagian. di sepanjang tangga menurun tersebut terdapat sejumlah tempat pendopo peristirahatan guna para pengunjung beristirahat sebelum meneruskan perjalanan.

Anugerah terbesar adalah ketika anda sampai di dasar Sipiso Piso. Anda akan merasakan suasana yang begitu berbeda dan menyenangkan guna melepaskan diri dari segala keruwetan sehari hari. Air yang dingin, deru air terjun, kabut uap hasil limpahan air, embun dimana-mana, batu batu besar yang membuat anda ingin berendam dan mengarungi arus hingga tepat ke bawah aliran air terjun. Sayangnya, jalur mneuju bawah aliran tersebut sungguh sedikit licin dan berbahaya apabila anda kurang hati hati. untuk anda yang tidak terlalu terlatih, tidak disarankan untuk menuju dasar aliran karena medan yang harus anda lewati adalah lumpur, batu batu licin berlumut, padang bunga, cipratan air super deras dan ornamen ornamen lain yang membuat perjalanan anda ekstra berat.

Sekarang, setelah puas bermain di dasar Sipiso Piso, silahkan pikirkan jalan naiknya. hahaha. perjalanan anda belum berakhir sampai dasar Sipiso Piso.

0 komentar:

Post a Comment